Akhir Pekan di Taman Lapangan Banteng

by - 12/19/2020 11:43:00 AM

taman lapangan banteng di jakarta

Sejak Bulan Juni 2020, beberapa taman di Ibu kota yang sempat ditutup karena Pandemi Covid-19 secara resmi dibuka kembali. Tetapi dengan syarat dan aturan, para pengunjung mematuhi protokol kesehatan (memakai masker dan jaga jarak). Salah satu taman yang telah dibuka adalah Taman Lapangan Banteng di Jakarta Pusat. 
 
Setiap Pengunjung yang akan masuk ke Taman Lapangan Banteng harus mengisi formulir identitas terlebih dahulu. Jam buka taman pun dibatasi, kalau tidak salah ingat mulai dibuka pada jam 13.30 WIB dan tutup pada pukul 18.30 WIB.
 
Bagi Penulis, Taman Lapangan Banteng merupakan salah satu tempat favorit untuk didatangi ketika sedang gabut di akhir pekan, selain Taman Situ Lembang yang saat ini masih tutup untuk umum. Pengunjung dapat melakukan aktivitas olahraga lari di jogging track yang tersedia, lalu terdapat juga lapangan basket yang berada di sebelah lapangan sepakbola. 
 
Pepohonan rindang dan asri berada di pinggir jalan-jalan setapak. Tempat duduk disediakan di berbagai sudut di taman ini, sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai, membaca buku, atau sekedar mendengarkan musik. 
 
Kadang terlihat beberapa pengunjung yang sedang latihan menari di area taman, Ada juga yang memasang tripod dan kamera untuk memotret view taman di kala senja, Ada yang datang bersama keluarga, dan ada juga yang datang sendirian seperti penulis :D.
monumen pembebasan irian barat

Di bagian sentral, berdiri gagah sebuah monumen yang diberi nama "Monumen Pembebasan Irian Barat". Di bagian atas monumen terdapat patung seorang yang sedang merentangkan tangan dan kaki dengan rantai yang terlepas. 

relief konferensi meja bundar di lapangan banteng

Monumen ini dibangun pada tahun 1963, sebagai bentuk peringatan bergabungnya Irian Barat kepangkuan tanah air Indonesia setelah melalui proses yang panjang. Terdapat relief atau ilustrasi yang menggambarkan Konferensi Meja Bundar yang dilaksanakan tahun 1949. 

salah satu isi konferensi meja bundar


isi trikora

Salah satu butir hasil konferensi tersebut adalah penyelesaian masalah Irian Barat ditangguhkan setahun setelah di penyerahan kedaulatan. Akan tetapi tidak kunjung selesai hingga bertahun-tahun. Prosesnya dijelaskan dalam catatan-catatan yang ada di sebelah dinding-dinding monumen. Terdapat juga relief Kapal RI Macan tutul yang tenggelam dalam pertempuran di Laut Aru tahun 1962. 

relief kapal macan tutul

Di sekitaran area monumen, terdapat theater area yang menyuguhkan pertunjukan air mancur menari sebanyak tiga kali pada pukul 18.30, 19.30, dan 20.30 WIB pada akhir pekan. Lagu-lagu nasional dan daerah diputar, mengiringi lontaran air dengan lampu sorot yang bermacam-macam warna. Meliuk-liuk dan membuat formasi yang membuat pengunjung terkesan saat menyaksikannya.

air mancur menari di taman lapangan banteng

 
sunset di lapangan banteng

Namun saat ini, selama masa pandemi pertunjukan air mancur menari di taman lapangan banteng ditiadakan. Tempat duduk di area teater juga diberikan tali pembatas dilarang masuk. Jika cuaca sedang cerah, sobat bisa menyaksikan pemandangan matahari saat akan terbenam.

 

You May Also Like

0 komentar