Cara Melakukan Tes GeNose di Stasiun Pasar Senen

by - 2/11/2021 05:33:00 PM

Penumpang Kereta Api antar kota/ jarak jauh wajib menunjukkan surat hasil tes negatif RT-PCR/Rapid Antigen/GeNose sebagai syarat berperjalanan. Untuk biaya tes GeNose sendiri lebih murah dibandingkan dengan biaya tes lainnya, yaitu hanya Rp 20.000 saja. Tes Genose sendiri merupakan alat tes dengan sampel hembusan nafas, dibuat oleh tim Universitas Gajah Mada.
 
Penulis pun tertarik mencobanya dan setelah browsing rupanya tes GeNose baru bisa dilakukan di dua tempat saja, yaitu Stasiun Pasar Senen di Jakarta dan Stasiun Yogyakarta. Bagi sobat yang ingin berpergian dengan KA Jarak Jauh, disarankan melakukan tes Genose satu hari sebelum keberangkatan guna menghindari antrian tes yang panjang saat hari keberangkatan. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah masa berlaku hasil tes adalah 1x24 jam sebelum keberangkatan karena musim libur panjang.
stasiun pasar senen jakarta

Tampilan depan Stasiun Pasar Senen sudah banyak berubah setelah selesai direvitalisasi pada pertengahan tahun 2020. Plaza Pedestariannya nampak lebih rapi, Monumen Tekad Merdeka berdiri di bagian sentral. Tidak sulit untuk menemukan titik lokasi tes GeNose, tinggal berjalan masuk ke area stasiun dan akan terlihat suasana ramai calon penumpang yang ingin melakukan tes. 

cara tes genose di stasiun pasar senen

Syarat untuk melakukan tes Genose adalah menunjukkan kode booking atau tiket yang telah dibeli dan kartu identitas. Lalu disarankan 30 menit sebelum tes jangan merokok, makan, dan minum (kecuali air putih). Setelah selesai melakukan pembayaran sebesar Rp 20.000, penulis diberikan sebuah kantong udara yang telah ditempelkan nama dan kode booking sebagai wadah sampel. 

"Ikuti petunjuk saya ya. Pertama katup kantongnya dibuka dulu. setelah itu lakukan tiga kali Tarik nafas, hembuskan pakai mulut. Nah dihembusan ketiga masukkan ke dalam kantong sampai penuh. Kalau sudah selesai tutup lagi katupnya." Ujar petugas sambil memperagakan tata caranya. Terdapat juga beberapa layar yang berisikan video tutorial menggunakannya. 

tes genose di stasiun pasar senen

Kantong yang sudah penuh diletakkan ke dalam box yang telah disediakan. Langkah selanjutnya adalah menunggu hasil tes, kurang lebih 15 menit sudah keluar hasilnya tergantung banyaknya antrian. Nantinya nama kita akan dipanggil satu persatu.

Alhamdulillah hasil tes Penulis negatif. Selembar kertas hasil pemeriksaan tes GeNose berisikan nama, kode booking, tanggal pemeriksaan, lokasi pemeriksaan, dan hasil pemeriksaan. Di Stasiun Pasar Senen juga menyediakan tes Rapid Antigen, harganya Rp 105.000. Selamat mencoba :).

You May Also Like

0 komentar