Masjid Cut Meutia, Masjid Dengan Bentuk Unik di Jakarta

by - 5/04/2021 11:28:00 PM

masjid cut meutia jakarta

Mayoritas penduduk di Jakarta beragama muslim, tidak sulit menemukan masjid karena di tiap kelurahan pasti ada. Beberapa masjid di Ibu Kota Indonesia ini mempunyai cerita yang menarik, mulai dari sejarah pembangunan, bentuk arsitektur, hingga kegiatan keagamaan yang diadakan. Pada blog post kali ini penulis akan membahas Masjid Cut Meutia yang terletak di Menteng Jakarta.

Bulan Ramadhan sudah memasuki sepuluh hari terakhir, sebentar lagi akan menemui hari bungsunya. Ibadah puasa di Bulan Ramadhan kembali kita jalankan di tengah situasi pandemi.  Namun ada yang berbeda dibandingkan dengan tahun lalu, kali ini semua masjid sudah diperbolehkan untuk melaksanakan salat Tarawih berjamaah, tentunya dengan syarat protokol kesehatan yang harus diperhatikan oleh para jamaah.

Faliq, salah seorang teman dekat Penulis mengajak untuk berkunjung ke beberapa masjid di Jakarta. "Sambil ngabuburit nungguin buka, kita wisata religi sampai salat tarawih" katanya. Ajakan yang menarik,  teman yang satu ini selalu punya ide mengisi hari libur akhir pekan. Kami pun membahas masjid-masjid apa saja yang akan didatangi. "Gimana kalo Masjid Ramlie Musofa yang di Sunter?" usul Faliq. "Wah gue udah pernah ke sana liq, udah gue tulis di blog juga. Masjid yang lain aja" jawab Penulis. 

bisa dibaca pada blog post : Menatap Kemegahan Masjid Ramlie Musofa di Sunter.

Penulis pun memberi usul ke Masjid Cut Meutia, salah satu masjid dengan arsitektur unik di kawasan Menteng Jakarta. Namun sayangnya saat hari H Faliq tidak bisa ikut, Jadilah Penulis berangkat sendirian dengan sepeda motor. Alternatif cara lain menuju masjid ini adalah dengan menggunakan KRL, turun di Stasiun Gondangdia. Jarak dari stasiun paling hanya 50 meter saja, dekat banget ngesot dikit nyampe.  

stasiun gondangdia yang dekat dengan masjid cut meutia
Masjid Cut Meutia terletak di dekat Stasiun Gondangdia

Sesuai namanya, masjid ini terletak di Jalan Cut Meutia. Diambil dari nama seorang pahlawan perempuan yang berasal dari Aceh. Dari tampilan luarnya saja sudah menarik dan unik, berbeda seperti bentuk masjid pada umumnya. Tidak ada kubah ataupun menara, nuansa bangunan kental dengan arsitektur kuno peninggalan zaman Belanda. Masjid ini merupakan salah satu cagar budaya di Jakarta, sehingga bentuk aslinya dipertahankan dan tidak bisa diubah.  

masjid cut meutia menteng
Tulisan NVDE BOWPLO di dinding masjid Cut Meutia

Bangunan yang saat ini difungsikan menjadi masjid ini mempunyai sejarah panjang, serta banyak berubah peruntukannya. Di salah satu sisi luar dinding masjid terdapat tulisan "NVDE BOWPLO", nama kantor arsitek Belanda pada masa lampau. Sebelum berubah fungsinya menjadi masjid pada tahun 1987, bangunan ini juga sempat dijadikan kantor pos, kantor jawatan kereta api, hingga gedung MPRS. 

 

masjid cut meutia unik

Penulis masuk ke dalam masjid melalui pintu utama, keunikan lainnya yang penulis jumpai adalah letak mimbar yang tak lazim. Jika umumnya mimbar masjid terletak di tengah dan dibuat lurus dengan arah kiblat, berbeda dengan mimbar yang ada di Masjid Cut Meutia yang tidak searah dengan kiblat. Hal ini dikarenakan menyesuaikan dengan bentuk bangunan yang memang awalnya dibuat bukan untuk dijadikan masjid. 

atap masjid cut meutia

Masjid ini terdiri dari dua lantai, bercat putih, dan mempunyai atap yang menjulang tinggi. Jendela dan pintu masjid berbentuk klasik, kental dengan nuansa khas Belanda tempo dulu. Ketika siang hari, cahaya matahari masuk melalui jendela kaca di langit-langit dinding paling atas.

masjid cut meutia malam hari

Menjelang waktu berbuka puasa, jamaah semakin ramai memenuhi masjid. Daya tampung masjid dikurangi semasa pandemi, saf salat diberikan tanda untuk pembatas jarak antar jamaah. Penulis melihat semua jamaah yang hadir memakai masker dan tertib, termasuk menjaga jarak saat salat. Ketika malam hari cahaya lampu hias membuat indah bagian tengah masjid. 

bulan ramadhan di masjid cut meutia

Sobat pernah mendengar Ramadan Jazz Festvial? Halaman Masjid Cut Meutia merupakan lokasi diselenggarakannya Ramadhan Jazz Festival yang rutin di gelar sebelum pandemi melanda. Terakhir kali diadakan secara langsung pada tahun 2019 yang lalu, namun tahun ini diadakan melalui virtual lewat channel youtube. 

Penulis melihat sebuah poster I'tikaf pada 10 malam terakhir yang ada di dekat pintu masuk, setelah bertanya kepada seorang pengurus masjid I'ktikaf baru dimulai dari pukul 01.30 WIB. Jamaah tidak boleh ada yang menginap di masjid, serta harus memakai masker. Setelah menjalankan Salat Tarawih, Penulis pulang dan berencana membahas tentang masjid lain di Jakarta.







You May Also Like

0 komentar