Spot Foto Sunset di Banjir Kanal Timur Jakarta Timur

by - 1/10/2022 06:49:00 PM

Setiap masa ada pemimpinnya, setiap pemimpin ada masanya. Demikian nasihat lama yang entah siapa  pertama kali memperkenalkan kalimat itu. Jakarta sudah mengalami pergantian gubernur berkali-kali, namun persoalan banjir tak pernah usai hingga muncul anekdot "Setiap Gubernur, ada banjirnya". Untuk mengatasi banjir tersebut dibuatlah kanal-kanal pengendali debit air yang tersebar di wilayah ibu kota. 

Kanal Banjir Timur (KBT) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Banjir Kanal timur (BKT) adalah kanal yang mengalir dari Cipinang Jakarta timur hingga bermuara di Pantai Marunda Jakarta Utara. BKT tidak hanya sebuah kanal biasa yang fungsinya sebagai pengendali banjir, salah satu sisi kanal terdapat jalur khusus untuk pesepeda dan pejalan kaki. Jalur ini terpisah ya dari jalan raya, jadi mobil dan motor seharusnya tidak boleh lewat. Meskipun tetap saja ada yang bandel dan menerobos ke dalam jalur ini. 

Penulis datang ke BKT pukul lima sore pada akhir pekan, niatnya mau manasin mesin kamera yang sudah lama menganggur di dalam tas. Oh ya, ini BKT yang di sekitar Cipinang dan Duren Sawit ya. Karena kalau bilang BKT saja menimbulkan tanda tanya karena aliran kanalnya panjang banget sampai Marunda. 

Kenapa berangkat sore hari? selain alasan klasik mager olahraga pagi, penulis memang mengincar foto sunset di BKT. Bagi yang menyukai fotografi berjenis human interest atau street photography (nye-triit) di BKT bakal banyak dijumpai objek yang menarik. Misalnya keramaian warga yang duduk bersantai di tepi kanal, bahkan  ada yang menggelar tikar di rerumputan sambil menikmati kopi hangat yang dijual oleh pedagang bersepeda. Nge-chill banget tuh, sambil menunggu senja. 

jembatan bkt cipinang jakarta timur
Jembatan BKT Cipinang

Penulis sempat beberapa kali berputar mencari sudut terbaik untuk memfoto sunset. Dari sekian banyak jembatan di sepanjang BKT penulis mengambil foto di dekat Jembatan BKT Cipinang, bisa dilihat di google maps. Namun sayangnya pencahayaan di pinggir kanal ini kurang memadai, ekspektasinya ada cahaya lampu jalan yang memantul ke aliran air namun realitanya hanya gelap gulita.

Foto Sunset di BKT Cipinang Jakarta Timur 

foto sunset di banjir kanal timur jakarta
Pohon-pohon di pinggir kanal

sunset di banjir kanal timur cipinang jakarta timur
Foto dari celah jembatan

foto sunset di bkt jakarta timur
Gedung-gedung tinggi terlihat dari BKT

Meski belum pernah ke BKT saat pagi hari, penulis bisa menebak kawasan ini akan lebih ramai terutama saat akhir pekan. Pepohonan yang rindang amat mendukung untuk jogging dan bersepeda, udara pagi juga masih segar minim dari polusi.


You May Also Like

0 komentar