Naik Motor ke Pik 2, Memang Bisa?

by - 7/03/2022 12:34:00 PM

jembatan pik

Sudah lazim jika ada sebuah tempat wisata baru yang viral akan ramai didatangi. Contohnya kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 yang berada di pesisir Ibu Kota. Banyak bersliweran foto-foto pantjoran dan pantai pasir putih PIK 2 di beranda sosial media, sangat menarik sekali untuk didatangi. Namun saya pribadi termasuk orang yang rela menunggu jedanya antusias warga yang datang ke sana. Saya ingin menikmati suasana yang lebih sepi dengan sepeda motor.

Untuk menuju ke PIK 2, saya naik sepeda motor supaya lebih fleksibel untuk menghindari kemacetan. Katanya sih dulu kawasan ini dilarang atau tidak bisa dimasuki sepeda motor, makanya saya penasaran mencoba. Rupanya sudah bisa.

Datang ke sana sekitar jam satu siang, langit Jakarta sedang diselimuti awan mendung jadinya tidak terlalu panas. Tengah perjalanan, saya menepikan motor ke pinggir jalan ketika melihat bangunan besar dan megah yang bertuliskan yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Terletak di Jalan Boulevard PIK, persisnya di dekat bundaran. 

Motor yang saya kemudikan berjalan pelan, karena saya sesekali mencuri pandang ke arah bangunan yang ada di kedua sisi jalan, melihat kawasan yang baru pertama saya datangi padahal sudah nyaris enam tahun di Jakarta. 

perbatasan jakarta banten jembatan pik

Ketika sudah sampai di kawasan pancoran PIK saya tidak langsung memarkirkan motor, melainkan terus lurus ke arah pantai pasir putih pik 2, menaiki jembatan PIK 2 yang berdiri di atas perairan laut dangkal. Angin lautnya berasa sekali ketika melewati jembatan ini.

Ketika saya datang, pantai Pasir Putih saat itu sedang ditutup karena ada penataan kawasan pantai. Update terbaru saat ini sudah dibuka kembali. Terlihat masih banyak ruko/ bangunan yang sedang dalam proses pembangunan. Saya juga melihat papan iklan dan banner penjualan unit rumah yang nilainya fantastis, bukan untuk ukuran penghasilan umr Jakarta.

Berikut ini beberapa tempat yang sempat saya datangi ketika berkunjung ke kawasan PIK 2 dengan sepeda motor.

1. Pantjoran PIK

kawasan pancoran pik 2

pancoran pik 2

Tempat ini sempat populer ketika pertama kali di buka. Bahkan menyebabkan kemacetan yang mengular di akhir pekan. Sebagai pusat kuliner, kawasan Pancoran PIK dipenuhi berbagai ruko yang menjual berbagai makanan dan minuman. Nuansa chinatown sangat kental dari bentuk dan warna bangunan. Kawasan ini mulai ramai ketika sore dan malam hari, banyak spot foto yang menarik.

2. Cove at Batavia

cove at batavia di pik 2

Lokasinya tidak begitu jauh dari Pantjoran PIK. Cove at batavia ini tempat wisata kuliner yang berada di pinggir pantai dengan view jembatan PIK. Dari tempat ini bisa menyewa sepeda listrik untuk mengelilingi pinggir pantai. Harga sewanya ada yang 75 ribu untuk yang berdua, lalu 125 ribu untuk bertiga per satu jam.

3. Pantai Maju Bersama

pantai maju pik 2

Tempat terakhir yang saya datangi adalah Pantai Maju. View sunset dari pantai ini katanya bagus, dari sini juga bisa melihat pesawat yang hendak mendarat ke Bandara Soekarno Hatta. Saya melihat halte busway Transkajarta tidak jauh dari Pantai Maju Bersama. Jadi pengunjung juga bisa menggunakan transjakarta menuju PIK dengan menggunakan rute Balaikota-PIK. Di lain kesempatan saya akan mencoba menggunakan transjakarta jika ke sini lagi.

*fyi PIK 2 ini dulunya bernama Pulau C, berdiri di atas lahan hasil reklamasi Teluk Jakarta. Saya tidak akan membahas lebih banyak tentang reklamasi ini, terlalu sensitif. Karena kadung sudah berjalan, saya harapkan banyak tempat di kawasan ini yang difungsikan untuk publik, terbuka untuk semua masyarakat dan tidak dipasangi portal, kecuali jika berada lingkungan perumahan yang harganya sekian m itu. 

Sebelum ke PIK 2 ini saya berkeliling sebentar ke kawasan kamal muara yang berdekatan, jujur saja pemandangan yang sangat kontras terlihat. Dua sisi yang jauh berbeda. 



You May Also Like

12 komentar

  1. Wah, touring naik motor memang lebih nikmat dan mengesankan. Kayaknya ini kawasan elit ya, jadi sempat sepeda motor ga boleh masuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang masuk pik 2 sudah bisa pakai motor mas.

      Hapus
  2. Touring make motor enak sih emang, cuma kalau ke PIK menurut ku enak naik busway bareng pasangan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasangannya harus siap karena busnya selalu penuh pas weekend :D berdiri wkwk

      Hapus
  3. Wiiii ... Keren, ya. Sering lihat PIK terutama kawasan Chinatownnya di Tiktok. Semoga suatu hari nanti bisa ke sana.

    BalasHapus
  4. Wih keren banget, kapan2 main dah kesana kayaknya asyik jga tu klo bareng2 ma temen

    BalasHapus
  5. Makasih kak untuk informasi nya, sebelumnya saya memang belum pernah kesana. Tapi, semoga kalau ada dana lebih, mudah mudahan bisa main kesana 😀

    BalasHapus