Bukit Fathan Hambalang, Tempat Menikmati Citylight Bogor dari Ketinggian

by - 9/07/2022 01:41:00 PM

citylight bogor dari bukit fathan hambalang

Taman Bukit Fathan di Hambalang Bogor, sebuah tempat untuk hangout dengan view ciylight dari ketinggian. Waktu tempuhnya hanya satu jam saja dari Jakarta. Akses jalan ke sana terbilang mudah dan kondisi jalanan bagus. 

Ketika mendatangi Bukit Fathan Hambalang pertama kali, saya teringat sebuah film yang meraih enam penghargaan oscar yaitu La La Land. Film tahun 2016 itu mempunyai banyak latar tempat yang mengagumkan, salah satunya adalah Griffith Park. Tempat yang menjadi latar Emma Stone dan Ryan Gosling menari dan menjadi poster yang ikonik dari Film La La Land.

City of stars

are you shining just for me?

city of stars

there's so much that i can't see

who knows?

is this the start of something wonderful and new

or one more dream that i cannot make true

Penggalan lirik lagu City of Stars  yang menjadi latar musik film La La land. Momen yang lengkap dengan pemandangan kota yang bermandikan cahaya lampu di San Fernando Valley. Ulasan singkat mengenai La La Land sekedar memberi tahu bahwa saya menyukai film ini, dari segi cerita, pesan, dan latar tempatnya. 

Pemandangan citylight dengan panorama alam seperti di film la la land banyak dijumpai di Indonesia. Kebanyakan bernama bukit bintang, entah itu di Bandung, Yogyakarta, Batu, dll. Ada juga bukit Jayapura City yang terletak di Timur Indonesia. 

Lantas di Jakarta sendiri apakah ada? jelas tidak ada, karena Jakarta merupakan kawasan dataran rendah. Kita hanya bisa menikmati taburan cahaya kota melalui gedung-gedung tinggi saja. Namun tidak jauh dari Jakarta, daerah Bogor banyak dijumpai cafe atau warung dengan view citylight. Salah satunya adalah Taman Bukit Fathan di Hambalang, yang akan saya ulas di postingan ini.

Harga Tiket Masuk Taman Fathan Hambalang

menu di bukit fathan hambalang

Harga tiket masuknya sebesar lima ribu per orang, lalu ada biaya tambahan untuk parkir sepeda motor dengan nominal yang sama. Jadi minimal kita harus menyiapkan uang 10 ribu untuk berkunjung ke sini. 

Selain menikmati pemandangan Bogor dari ketinggian, di tempat ini menyediakan makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Menu yang dijual antara lain nasi ayam bakar, kentang goreng, roti bakar, dimsum, jasuke, hingga beragam minuman saset. Namun yang perlu diperhatikan adalam last ordernya hanya sampai jam 20.00 WIB saja, karena taman ini tutup pada pukul 21.00 WIB. 

Jam Buka 

Senin s.d. Jumat = 11.00 s.d. 20.00 WIB

Sabtu dan Minggu = 09.00 s.d. 21.00 WIB.

Pemandangan Taman Fathan Hambalang

bukit fathan hambalang

Jadi di kawasan Hambalang itu tidak melulu seputar candi abad ke 21 yang terkenal itu. Kota Bogor yang bermandikan cahaya lampu terlihat mengaggumkan dari ketinggian. Gunung Salak terlihat dari kejauhan, yang di kelilingi perbukitan yang menghijau. 

view bukit fathan hambalang malam hari

Suasana makin lengkap jika cuaca mendukung, kita bisa melihat langit yang perlahan berwarna keemasan di sebelah timur. Jika sobat menyukai fotografi,  pasti bakal setuju dengan pendapat saya, momen blue hour dari tempat ini memukau.

Ada banyak tempat duduk yang disediakan di Taman Fathan. Namun peraturan di sini siapa cepat dia dapat, biasanya tempat duduk yang strategis biasanya akan cepat diisi oleh pengunjung lain. Saya sarankan datang satu jam sebelum sunset.  Sayangnya di tempat ini tidak ada live music. Tapi tak mengapa, biasanya kalau sudah ada live music biaya masuknya lebih mahal :D.

Rute menuju Taman Fathan Hambalang yaitu melewati Jalan Raya Bogor, lalu setelah flyover Pasar Cibinong belok kiri. Lokasinya satu arah dengan BNPT, Univeristas Pertahanan, dan Sekolah Tinggi Kepemerintahan dan kebijakan publik. Untuk lebih jelasnya silahkan cek google maps, sinyal selama perjalanan aman kok.

Kalau kalian menggunakan sepeda motor, jangan lupa pakai jaket karena udaranya dingin :D.

You May Also Like

24 komentar

  1. Untuk tempat yang keren, harga makanan dan minumannya masih relatif terjangkau. Worth it banget menurut saya. Makasih infonya. Kapan² mau cobain ah healing ke sana.

    BalasHapus
  2. HTM cuma 5000 utk wisata citylight? wow, murah meriah, cocok untuk refreshing sehabis kerja untuk yang bekerja sekitar bogor dan jakarta. Mungkin tak kalah menarik dari wisata-wisata citylight di sekitar semarang-ungaran-salatiga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas di indonesia ada banyak tempat untuk melihat view citylight seperti bukit fathan hambalang ini.

      Hapus
  3. Waktu bulan kemarin aku mau ke sini belum kesampean nih. Baru sampe yg tempat renangnya aja. Mau ke atas lagi udah keburu hujan. Jadinya langsung otw pulang. Hehehe..

    Tempatnya bagus ya.. berarti better ke sana kayanya enaknya sore menjelang malam kali ya.. biar dpt view yg bagus.. hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya malah baru tau kalau didekat sana ada tempat renangnya. waktu terbaik ke bukit fathan hambalang menurut saya sih menjelang sunset sampe malam mas. tapi yg perlu dicatet tutup jam 9 malam pas weekend

      Hapus
  4. Thanks infonya, saya jadi tahu lokasi tempat ini. Viewnya keren banget dan harga makanannya juga bersahabat, bisa jadi pilihan tempat wisata pas liburan nanti.

    BalasHapus
  5. ulalala...pemandangannya bagus banget. Baru tahu di Bogor ternyata ada tempat yang viewnya keren gini. Nampaknya harus mencoba datang deh. Bekasi-Bogor mah masih dekatlah iya. Bisa jadi teman pacaran sama paksu neh. hehehehe
    makasih banyak rekomendasinya

    BalasHapus
  6. Waww bagus banget. Bisa nih jadi salah satu destinasi wisata kalo mampir ke bogor. Btw kalo hujan apakah aman ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini, kalau hujan jadi masalah mas karena tempatnya terbuka :D tempat duduk yang ada atapnya cuman dikit.

      Hapus
  7. ah bener juga viewnya kayak di film la la land.

    HTM nya murah juga ya. view citylight di malam hari dengan backgorund gunung. sangat menawan

    BalasHapus
  8. Jalan-jalan ke dataran tinggi memang menyenangkan ya, apalagi kalau disuguhi pemandangan yang keren kayak gitu. Kumpul bersama keluarga atau teman jadi lebih syahdu.... Btw, harga menu2 nya juga masih terbilang murah itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, harga makanan di bukit fathan terbilang murah.

      Hapus
  9. Keren lokasinya mas bro, cocok utk tempat healing & spot fotografi landscape.. pasti keren bgt..

    Trims udah berbagi informasinya ya

    BalasHapus
  10. Murah meriah dengan pemandangan dan lokasi yang nyaman. Selalu suka menikmati suasana dari atas seperti ini.

    BalasHapus
  11. Wow! Keren banget ya pemandangannya! Biasanya saya cuma bermacet2an aja sampe puncak pass

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini di daerah sentul mba, gak semacet puncak yang bisa berjam-jam wkwk

      Hapus
  12. Seperti view gunung puji dan tokyo yah.. keren.. pemandangan citylight juga bisa kita saksikan di lembang dan purwokerto kan yah kalo gak salah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, tiap daerah dataran tinggi hampir punya wisata citylight. khusus post ini saya membahas yang di dekat bogor dan jakarta. bisa jadi short escape :)

      Hapus
  13. Terima kasih atas informasinya. Pemandangannya indah sekali. Mudah-mudahan, suatu hari nanti bisa sampai di sana.

    BalasHapus
  14. Wow viewnya bagus banget kak, aku baru tahu nih, btw jalan kesananya nanjak banget engga ya ? Pengen kesana, thanks infonya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk jalan ke sini gak perlu jalan kaki kak, kendaraan bisa masuk hingga di lokasi. untuk kontur jalanannya memang meliuk-liuk dan nanjak, khas daerah perbukitan.

      Hapus
  15. MashaAllah~
    Viewnya indah sekali Taman Fathan Hambalang Bogor.
    Dan rasanya jadi betah banget memandangi pemandangan alam seindah ini.

    BalasHapus
  16. Ternyata pemandangan Taman Fathan Hambalang Bogor indah banget, ya. Saya suka ada pembahasan tempat wisata begini. Sungguh membuka wawasan.

    BalasHapus
  17. Masyallah viewnya indah banget, gorgeous abis. Coba di sidoarjo ada tempat kayak gini bisa tiap wekeend kesana hehe

    BalasHapus