Pempek Nelly 10 Ulu, Rekomendasi Tempat Makan Pempek di Kemayoran

by - 3/05/2023 08:23:00 PM

pempek-nelly-10-ulu-di-jalan-garuda-kemayoran

Jarang sekali saya mengulas tentang kuliner, alasan utama karena saya bukan seorang food enthusiast yang sering membuat review makanan. Namun saya rasa perlu membahas ini, karena topik ini mungkin akan bermanfaat buat kalian "wong Palembang" yang kebingungan mencari tempat makan pempek di Jakarta. Saya akan mengenalkan / merekomendasikan tempat makan pempek yang paling sering saya kunjungi yaitu Kedai Pempek Nelly 10 Ulu di Jalan Garuda Kemayoran.

Prolog...

2016, Ketika pertama kali menetap di Jakarta, sebagai pendatang baru saya harus menyesuaikan banyak hal, beradaptasi. Pada bulan pertama tinggal di sini, ketika akhir pekan atau libur kerja saya sering berpergian di sekitaran Jakarta, mempelajari hal-hal penting dan mendasar ketika tinggal di sini. 

Hal pertama adalah mempelajari transportasi umum. Saya ingat sekali sering nyasar menggunakan transportasi publik di Kota ini. Salah naik jurusan angkot, celingukan mencari rute Transjakarta, lalu salah transit ketika naik KRL di Stasiun Manggarai. Belum punya kendaraan waktu itu justru menyenangkan dan seseru itu, meskipun sering nyasar sana-sini dan (repot).

Adaptasi lain yaitu mencari spot taman dan area olahraga. Lokasi favorit saya adalah Stadion Atletik Rawamangun yang dulu masih dibuka untuk umum. Running track-nya nyaman dengan bantalan khusus atletik. Sayangnya semenjak covid-19 hingga sekarang stadion atletik hanya diperuntukan untuk latihan para atlit saja. 

Hal berikutnya adalah tentang makanan. Sebagai warga Palembang coret yang terbiasa makan pempek (kadang sarapan pun dengan pempek :D), saya perlu mencari tempat makan pempek yang enak dan harganya masih terjangkau di Jakarta. Lokasi pedagang pempek terdekat dari kos yaitu di sekitaran Jalan Pisangan. Rasanya lumayan namun menu-nya kurang lengkap dan tempat duduknya terbatas (karena kaki lima).

Tempat makan pempek yang paling komplit sih Sari Sanjaya di Kelapa Gading. Tidak perlu diragukan lagi. sudah enak, menu yang lengkap, dan tempatnya luas untuk makan di tempat.  Lalu selain Sari Sanjaya, tempat makan pempek di Jakarta yang rekomendasi di mana saja ya? Setelah searching sana-sini, ternyata di kawasan Kemayoran terdapat banyak kedai pempek di sana, tepatnya di Jalan Garuda.

Ulasan / review Pempek Nelly 10 Ulu

pempek nelly 10 ulu di jalan garuda

kerupuk palembang di kemayoran

Pempek Nelly 10 Ulu terletak di Jl. Garuda No. 59, Kemayoran, Jakarta Pusat. Lokasinya berdekatan dengan Kedai Pempek Garuda dan Pempek Sayangan. Beragam varian pempek tersedia di kedai Nelly 10 Ulu, seperti pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek kulit, pempek keriting, pempek adaan, dan lenggang. Menu khas Palembang lain juga tersedia seperti model, tekwan, pindang, dan kerupuk kemplang.

daftar-menu-pempek-nelly-10-ulu

Untuk harganya bervariasi, seperti yang ada pada gambar menu di atas (harga dapat berubah sewaktu-waktu). Saya biasanya memesan pindang ikan patin dan paket pempek ketika datang ke sini. Kadang juga memesan model ataupun tekwan, sesuai selera atau lagi pingin yang mana. Kalau menu favorit sih semuanya :D kecuali rujak mie, saya tidak terlalu suka. 

Pindang Palembang Nelly 10 Ulu

pindang-patin-kemayoran

Pindang adalah makanan khas Melayu Palembang dan kota-kota sekitarnya seperti Jambi dan Bengkulu. Makanan berkuah ini biasanya dibuat dengan bumbu dapur seperti serai, lengkuas, kunyit, cabai, dan kandis. Lalu untuk lauk utamanya beragam macam ikan, ayam, dan daging. Biasanya pindang juga ditambahkan dengan buah nanas sebagai pelengkap. Lalu beberapa daerah juga menambahkan bumbu tempoyak (olahan durian) sebagai penyedap rasa.

Ada beberapa jenis ikan yang biasanya dibuat dengan pindang.  Ikan Patin paling banyak dipakai karena mudah ditemukan di pasar dan harganya lebih murah dibanding ikan Baung. Mungkin 10 tahunan yang lalu Ikan Baung masih mudah ditemukan di sungai-sungai Sumatera Selatan, untuk saat ini sudah mulai sulit. Ikan ini juga sulit untuk diternak, membutuhkan waktu hingga 9 bulanan untuk siap panen. Hal itulah yang membuat harga Pindang Baung lumayan mahal.

Untuk kalian yang tertarik datang ke kedai pempek Nelly 10 Ulu jangan lewatkan mencoba menu pindang khas palembang ini, untuk menu penutup cobain es kacang merahnya :)

Penutup...

Postingan ini tidak dibuat karena saya bekerjasama atau berkolaborasi dengan kedai ini. Pun jika ada sebuah postingan di blog ini untuk tujuan komersil / promosi saya akan mencantumkan kode adv atau advertorial. Alasan saya mengulas kedai ini sebagai bentuk terima kasih dan nostalgia saya jika nanti sudah tidak lagi di Jakarta. Karena Pempek Nelly 10 Ulu sering saya kunjungi ketika saya kangen dengan masakan khas kampung halaman. Sesederhana itu alasannya.

 

You May Also Like

0 komentar