Palembang dan Kenangan Masa Kecil

by - 5/17/2020 09:39:00 PM

ampera
Palembang, Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan. Penulis pertama kali berkunjung ke kota ini belasan tahun yang lalu, Saat ikut rombongan keluarga dalam perayaan pernikahan kakak sepupu di Daerah Plaju atau kawasan Seberang Ulu Palembang. 

Palembang secara garis besar terbagi menjadi dua wilayah, yaitu wilayah Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Dipisahkan oleh Sungai Musi dan dihubungkan dengan Jembatan termasyhur di Indonesia, yaitu Jembatan Ampera. Melihat jembatan megah ini pertama kali 2009 yang lalu menjadi kenangan tersendiri bagi penulis.

Jembatan ini merupakan salah satu landmark kota palembang, Gambar jembatan dimasukkan ke dalam logo Provinsi Sumatera Selatan dan juga logo klub bola kebanggaan Sumatera Selatan yaitu Sriwijaya FC.  

Keunikan dari jembatan ini terdapat dua buah menara berwarna merah lengkap dengan tulisan "AMPERA" di menaranya. Di bawah jembatan menghampar Sungai Musi yang merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera.

Jembatan Ampera diresmikan pada tahun 1965, serta awal mulanya dinamakan Jembatan Bung Karno. Namun seiring berjalannya waktu namanya diganti dengan Jembatan Ampera. Panjang jembatan 1.177 meter dan lebar 22 meter.  Jembatan Ampera dulunya mempunyai teknologi canggih berupa bagian tengah jembatan bisa diangkat agar kapal-kapal besar bisa melintas, namun sejak tahun 1970 an sudah tidak dapat diangkat lagi. 

Kendaraan tidak bisa berhenti di atas jembatan. Tersedia jalur trotoar di kedua sisi jembatan yang bisa dilalui khusus pejalan kaki. Sobat bisa melihat aktivitas di sungai musi biasanya akan ramai di pagi atau sore hari, kapal-kapal tongkang, perahu warga, serta klotok sering terlihat lalu lalang. Dari atas Jembatan Ampera dapat terlihat kawasan Benteng Kuto Besak, Kampung Kapitan, dan kawasan pasar 16 ilir. Kawasan yang penulis sebutkan tadi bisa dicoba dikunjungi bila sobat datang ke Palembang. 

Lalu lintas di atas jembatan sudah sangat padat setiap harinya. Wajar saja jika pemerintah berinisiatif membangun jembatan baru agar mengurangi beban yang dipikul oleh Ampera selama puluhan tahun lamanya. Saat ini sudah ada jembatan Musi IV yang mulai beroperasi awal tahun 2019 yang lalu.

Tempat Wisata di Palembang 

Di bagian akhir tulisan penulis akan menyebutkan 7 tempat wisata yang bisa dijadikan referensi jika berkunjung ke Palembang.
1. Jembatan Ampera (ini harus di posisi paling atas)
2. Kawasan Benteng Kuto Besak (terdapat Tugu Iwak Belido)
3. Pulau Kemaro
4. Museum Balaputradewa (gambar rumah limas di uang pecahan Rp 10.000 lama)
5. Al-qur'an Al-Akbar di Gandus (berlokasi agak jauh dari pusat kota)
6. Taman Wisata Punti Kayu
7. Berburu pempek khas palembang

Tempat wisata alam di dekat Kota Palembang tidak banyak, lebih menonjol wisata kulineran. Bagi sobat yang menyukai wisata kuliner bisa mencoba makanan khas Palembang seperti Pindang, Tekwan, Model, Laksan, Es kacang merah, kemplang, Mie Celor, dan masih banyak lagi. Jika mau wisata alam cobalah berkunjung ke wilayah kabupaten di Sumsel seperti Lahat dan Pagaralam.

You May Also Like

0 komentar