Sudut Terbaik Melihat Jakarta International Stadium dari Danau Cincin

by - 7/02/2021 11:00:00 PM

foto danau cincin dan stadion

Masihkah sobat ingat dengan perlombaan antara Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Bapak Sandiaga Uno di Acara Festival Danau Sunter pada tahun 2018 yang lalu? Pertandingan yang tidak seimbang karena Bu Susi melakukan Paddling sementara Bang Sandi berenang. Ya maklum namanya juga memeriahkan sebuah festival sebagai hiburan warga Ibu Kota, Sorotan Penulis tertuju ke lokasi lomba tersebut yaitu Danau Sunter Selatan yang lebih bersih dan terawat.

Tidak hanya Danau Sunter Selatan saja, kini satu persatu danau/waduk di Ibu Kota juga turut diperhatikan. Termasuk salah satunya yaitu Danau Sunter Utara atau biasa disebut dengan nama Danau Cincin yang berlokasi di Kelurahan Papanggo, Jakarta Utara. Salah satu tempat terbaik melihat proses pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), Danau ini menjadi tempat rekreasi warga dalam menghabiskan akhir pekan.

jakarta international stadium juni 2021

Di bagian barat Danau Cincin terdapat pepohonan yang membuat suasana danau lebih hijau dan sejuk. Waktu terbaik berkunjung ke Danau ini yaitu saat sore hari, menjelang matahari terbenam. Semburat jingga yang memantul di air danau sangat menarik perhatian bagi penyuka fotografi. Matahari perlahan kembali ke peraduan, kaki ini belum mau melangkah kembali ke tempat parkir. Masih menunggu momen yang lainnya yaitu cahaya lampu menyala di ujung sana, stadion yang proses pembangunannya sudah mencapai 58,22% per tanggal 7 Juni 2021. 

memancing di danau cincin

Tidak hanya momen sunset saja yang menarik perhatian di Danau Cincin. Bagi yang ingin belajar fotografi, objek Human interest seperti anak-anak yang sedang bermain di taman dan Warga yang sedang memancing juga bisa dijadikan sasaran objek foto. Penulis yakin beberapa tahun lagi akan banyak perubahan di kawasan Danau Cincin. Tempat ini sangat potensial jika dikembangkan menjadi tempat wisata baru di Ibu Kota,  apalagi jika JIS sudah rampung pembangunannya. Mungkin akan lebih baik jika sekeliling danau dipasang lintasan atletik untuk olahraga lari, lalu taman-taman di sekeliling danau dipercantik lagi.

Tak lengkap jika sudah membahas JIS tetapi tidak menyinggung topik sepakbola. Besar harapan dengan adanya JIS membuat gairah sepakbola Indonesia semakin menggelora. Stadion sudah bagus tinggal prestasi sepakbolanya yang harus selaras. Miris melihat peringkat Timnas yang saat ini terpuruk di peringkat 175 dunia, baru-baru ini untuk lolos ke babak kualifikasi Piala Asia saja harus melalui babak play off.  Padahal sepakbola merupakan olahrga terpopuler kedua di negeri ini setelah bulutangkis. 

Tidak hanya Timnas saja yang terpuruk, kompetisi di level klub juga sudah jauh tertinggal dengan negara Malaysia, Thailand, bahkan Philipina. Merosotnya peringkat kompetisi berimbas dengan jatah berlaga di AFC Champions Leuage yang sudah tidak ada lagi. Kini klub Indonesia hanya berlaga di kompetesi AFC CUP saja :(

Pandemi Covid-19 memperburuk keadaan, kompetisi Liga Satu dan Liga Dua masih ditunda akibat kasus harian Covid-19 yang semakin meninggi. Sudah rindu duduk di tribun Stadion, menonton secara langsung kedua kesebelasan yang sedang bertanding. Semoga cepat berlalu badai Corona :).

You May Also Like

2 komentar

  1. kalau stadionnya dah jadi pasti keren banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2an 2022 sudah beroperasi.. timnas bisa main di sana

      Hapus