Konsistensi Menulis di Blog

by - 9/05/2021 07:45:00 PM

surat pin google adsense

Ini bukan postingan perpisahan ya, atau postingan tutup akun blog kayak yang biasa orang lakuin di youtube (pamit dari youtube). Kali ini gue bakal gunain gaya bahasa "gue-lo" dan kebanyakan non baku. Sudah 1,5 tahun ini gue mulai aktif ngeblog, hampir 100 artikel sudah terbit di web ini. 

Awal mula gue membuat blog ini atas saran dari keluarga dan temen-temen terdekat yang mendorong gue untuk membuat karya, gak cuman posting atau pamer foto di sosmed doang. Harus punya buah hasil perjalanan yang udah gue lakuin selama ini. Honestly gue posting foto bukan buat pamer sih :D, itulah kenapa gue jarang upload foto yang ada muka gue nya.

Banyak temen-temen dan keluarga yang nyaranin bikin buku, youtube, dan blog.  Dari tiga saran itu, ada yang belum gue lakuin, ada yang dalam proses dan ada yang sudah jadi. Salah satu yang udah jadi ya blog ini,  Maret 2020 blog ini lahir dan resmi masuk dalam persaingan page one di mesin pencari google . Apa sih maksudnya? gini, kita bahas satu tema misal solo traveling ke wae rebo. Nah pas orang2 ngetik di google dengan keyword itu muncul banyak web yang membahas tema itu, nah intinya gimana caranya web kita bersaing dan muncul di posisi paling atas. Kecenderungan pengguna google bakal milih web yang paling atas kan? itu istilah kerennya SEO (search engine optimazitaion) panjang deh penjelasannya, gue juga belum ngerti2 banget.

Modal kepenulisan gue dapet dari beberapa seminar dan baca buku. Tekat menulis di blog semakin bulat setelah gue ikut pelatihan jurnalistik dari kantor pada bulan februari 2020. Gue mau curhat, Akhirnya kepanggil diklat yang "tatap muka" di kelas juga, bukan sekedar e-learning. Fyi gue saat itu udah 4 tahunan kerja dan "baru" kepanggil diklat lagi saat itu (setelah dua diklat wajib sebagai pegawai). Ya itulah yang gue sebelin dan kadang ngerasa iri kepada rekan yang udah kepanggil diklat berkali-kali. skip, ntar kepanjangan bahas kehidupan gue di kantor.

"Lo kenapa gak ngeyoutube?" tanya seorang temen. Gue orangnya gak pede bro kalau ngomong di kamera. Selalu itu jawaban yang gue berikan kalau ditanya perihal youtube atau vlog. "Ya kan lo bisa bikin vlog tanpa ada Lo nya. Misal nih Lo ngevlog tentang Monas, ya lo videoin aja Monasnya terus jelasin pake suara aja atau kasih penjelasan lewat teks gitu". Ya gimana ya bro, gue pernah bikin tugas bikin video gitu terus prosesnya lama banget bro. Video lima menitan bisa dari pagi ampe sore, kalau nulis udah bisa tuh buat 2000 an kata (meski kadang tergantung mood juga).

Alasan2 itu bisa dipatahkan sih, wajar Lo butuh waktu lama edit video karena lo belum mahir dan masih kikuk pake aplikasi adobe premier. Piso kalo diasah lama2 jadi tajem kan, itu peribahasa yang sering kita denger. Honestly, masukan dari seorang temen itu gue simpen dan bakal jadi pertimbangan juga. Terkait ide bikin video, gue sebenernya udah punya konsep. Gakpapa gue share di sini, silahkan juga kalau kalian mau bikin yang serupa karena ini bukan ide orisinil gue juga. Gue suka banget nontonin video walking around kota-kota di dunia, seperti london, milan, paris, dan istanbul. Gue pingin bikin video kek gitu, jalan kaki sambil videoin sudut-sudut tempat estetik dan bersejarah di Jakarta dan sekitarnya. Ya meskipun kualitas videonya bukan 4k kayak yang sering gue tonton, gue belum memprioritaskan beli kamera baru.

back to topic, gilaak panjang banget prolog gue hahaha. Gue bakal membahas tentang Konsistensi Menulis Blog. Sok-sokan banget sih lo baru juga seumur jagung ngeblog udah bahas "konsistensi", ya gue akuin ini kata yang paling berat dilakuin di kalangan blogger. Konsistensi menurut gue adalah kita masih bisa menjaga hasrat dan kebahagian ketika ngelakuin sesuatu. Menjaga konsistensi ini yang sulit dalam hal apapun di kehidupan, bukan cuman di blog doang.

Gurunda gue saat awal ngeblog si Faliq, temen yang sering berperjalanan sama gue. Yang gue sayangkan adalah blog backpackwanderer.com sudah lama tidak memunculkan postingan terbaru. Gue belum sempat nanya kenapa faliq vakum selama ini di blog, karena retoris juga sih jawabannya. Udah bisa dipastikan karena prioritas waktu luangya fokus ke belajar saham. Dulu gue yang nyekokin faliq masuk ke pasar modal, eh sekarang dia jauh lebih paham terutama di bidang teknikal. Udah bisa kali ya Lo bikin seminar saham gitu liq? hahaha.

Sebelum membuat blog, gue menentukan tema apa yang bakal dibahas di blog ini, istilahnya niche. Gue mulanya ingin membuat blog yang isinya gado-gado, campuran ada bahas perjalanan, puisi, sinopsis buku. Tetapi setelah gue pikir2 ketika membahas tema campuran seperti itu gue susah untuk konsisten, simply gue bakal sulit membagi porsi kapan gue bahas perjalanan, puisi, dan sinopsi. Gue juga baca2 tips blogger yang salah satunya lebih baik fokus ke satu niche saja.

Gue akhirnya memilih ngeseriusin bikin blog perjalanan aja, banyak ide juga dari apa yang udah gue kunjungi selama ini. Apa sih benefit yang lo dapat selama ngeblog? heemmm, heeemm ngetik ngapus lagi ngetik ngapus ngetik ngapus  ngetik. Ini berkaitan juga dengan alasan kenapa gue konsisten dalam ngeblog. Pertama, ngelatih dan mengasah Lo dalam menulis. gue baca ulang postingan2 awal di blog ini dan jujur gue ngerasa ada banyak yang perlu diperbaiki. Seiring dengan rutinnya lo nulis bakal menemukan gaya kepenulisan lo. 

Gue pribadi ngerasa tulisan gue sekarang lebih baik dibanding dengan tulisan gue di awal ngeblog. Dulu banyak kalimat yang ambigu, tidak jelas, banyak melenceng dari KBBI, dan cara gue nyusun ceritanya gak menarik banget. Gue gak mempermasalahkan SPOK nya ya, karena ini tergantung selera masing2. Sama gue gak ambil pusing terkait gen "tif" (maksudnya tipe paragraf deduktif, induktif, persuasif, dll), karena ini bukan karya ilmiah.

Benefit lainnya adalah blog kalian bisa dimonetisasi. Paham apaan lagi tuh? chuaakzz. Maksudnya adalah bagaimana blog bisa menghasilkan uang. caranya? ada banyak caranya tapi prosesnya menurut gue sulit. Gue bakal ngebahas salah satu caranya yaitu menghubungkan blog ke google adsense, platform iklan dari google. simplynya gini, blog lo dipasang iklan semisal lazida, pagipagi, bukagerai, dll. Cara dapet duitnya dari mana, ntar kalo ada yang ngeklik iklan tersebut dari blog kita maka kita dapet duit gitu.

Gue tadi bilang sulit karena udah ngerasain ditolak berkali2 oleh google, ada 15 kali wkwkwk. Jadi gak serta merta lo bikin blog terus nulis sebiji artikel lalu lo ajuin ke google adsense, ini bisa dipastikan ditolak. Ada banyak persyaratan yang harus lo penuhin, jujur gue males ngejelasinnya karena bakal panjang. bukannya pelit ilmu ya, artikel ini gue fokusin bahas tentang konsistensi menulis di blog aja. Jika kalian tertarik bisa cari di google, udah banyak blog yang ngebahas google adsense karena tema ini "gurih" banget buat digoreng.

Udah dapet berapa lo di adsense? wah gue gak bakal nyebut nominal karena jumlahnya gak seberapa. alah lo kufur banget sih, bersyukur. Lah  serius, nominalnya belum nyampe dari screenshoot penghasilan adsense Omed, baru cukup buat perpanjang domain dua tahun. lah siapa lagi tuh omed? Menurut gue beliau orang yang inspiratif, pengalamannya udah banyak keliling Indonesia, bahkan pernah ke pulau yang terdengar asing di telinga.

Terakhir cara menjaga konsistensi menulis di blog ala gue adalah jadikan blog sebagai sarana tempat lo bermain sama kayak lo lagi main mobile legend. Ketika lo main mobile legend kan perang hero tuh, lo keluarin skill satu sampe ulti. Nah pas ngeblog lo tuangkan cara berpikir atu kata-kata yang ada di otak lo, skill satu menarik perhatian pembaca dengan bahasa yang mudah dimengerti, skill dua menarik perhatian dengan alur cerita, dan skill ulti menarik perhatian pembaca karena informasi yang ada di blog bermanfaat.

Alhamdulillah gue masih bisa konsisten sampai sekarang. simplynya gini, dengan geblog timbul rasa senang. Saat jari gue menyentuh keyboard refleks tersenyum ketika menceritakan hal-hal lucu dan seru, nih gue lagi senyum nih pas ngetik paragraf ini :D.



 


You May Also Like

12 komentar

  1. Terus menulis :)

    BalasHapus
  2. semangat berkarya

    BalasHapus
  3. Konsistennya yang susah banget :') Harusnya sih abis traveling langsung nulis, biar ngga ketunda-tunda. Tapi apalah daya, nulis ngikutin mood = males ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin dijadwalin aja zia, misal dua kali sebulan gitu supaya ada reminder.

      Hapus
  4. terima kasih bisa memberikan inspirasi

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maluu gapake anonim hshaha tapi ko tetep ada jejak nyaa ya :")

      Hapus
    2. hehe, harusnya delete permanen kak.. gapapa kok, jadinya bisa interaksi kalo pake akun blog atau mail :) makasih ya sdh berkunjung

      Hapus