Situ Lembang, Taman dengan Danau yang Indah di Menteng

by - 10/24/2021 04:51:00 PM

taman situ lembang menteng jakarta pusat
Taman Situ Lembang

Mobil-mobil terlihat mengantri, kemacetan panjang di Jalan Raya Puncak Bogor terlihat dari beberapa postingan foto. Lengkap dengan caption yang menyebutkan "Pantauan lalin arah Puncak pada sabtu pagi". Bagi warga Ibu Kota keberadaan akun instagram @jktinfo sangat bermanfaat untuk memberikan informasi aktual tentang Jakarta setiap harinya. Dari akun ini Penulis sadar semakin kuatnya Citizen Journalism dalam perkembangan teknologi. 

Pantauan lalin arah Puncak rasa-rasanya selalu ada setiap Sabtu atau Minggu, di mana pada akhir pekan kecenderungan warga Ibu Kota yang membutuhkan asupan hiburan setelah Senin s.d. Jumat berkutat dengan pekerjaan. Kawasan Puncak menjadi destinasi populer, alasannya suhu yang sejuk alami (bukan AC) dan pemandangan kebun teh yang menghampar luas. Sah-sah saja bagi yang ingin ke Kawasan Puncak, toh tempat wisata sudah diperbolehkan buka. Warung-warung di sepanjang jalan turut merasakan imbas baiknya, dagangan kembali laku.

Bagi yang tidak mau merasakan macet tapi ingin piknik, berkunjung ke taman-taman yang ada di Ibu Kota mungkin bisa dijadikan opsi mengisi libur akhir pekan. Memang hawanya tidak sesejuk di Puncak, tetapi nuansa "hijau"nya sama. Penulis perhatikan kegiatan piknik di taman kian populer selama masa pandemi. Beberapa "teman" Penulis di instagram pernah terlihat membuat insta story sedang berada di taman, menggelar tikar dan membawa keranjang berisi makanan.  

Ada banyak sekali taman-taman di Ibu Kota, tetapi menurut yang penulis baca di berbagai media elektronik keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta masih di bawah target yang diamanatkan dalam aturan penataan ruang. Tetapi Penulis memberikan apresiasi kepada Pemda dan pihak yang membuat taman semakin indah dan nyaman. 

taman hutan kota gelora bung karno

Taman yang saat ini ramai di sosial media yaitu Taman Hutan Kota di Gelora Bung Karno Senayan Jakarta. Pemandangan pepohonan hijau yang kontras dengan gedung-gedung perkantoran menjadi view yang menarik untuk difoto. Area rerumputan yang cukup luas bisa dijadikan tempat untuk menggelar tikar, Pengunjung bisa membawa perbekalan cemilan untuk menemani diskusi atau obrolan ringan bersama teman satu circle-nya.  Meski bernama awalan "Hutan" namun pepohonan di sekitar taman belum tumbuh besar. Jadi disarankan datang sebelum jam sepuluh pagi atau setelah jam tiga sore, saat matahari tidak terlalu terik. 

taman situlembang jakarta
 

Taman favorit Penulis adalah Taman Situ Lembang yang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Keberadaan danau buatan di tengah taman menjadi pembeda dengan taman-taman lain di Ibu Kota. Penamaan Situ Lembang dikarenakan taman ini berada di Jalan Lembang, lokasinya berada di dekat Taman Suropati. Apakah ada hubungannya dengan daerah Lembang di Jawa Barat? entahlah, tetapi jika diperhatikan nama-nama jalan di Menteng memang banyak yang menggunakan nama daerah. Sebut saja Jalan Purwarkata, Jalan Subang, Jalan Banyuwangi, dll. Berasa keliling Indonesia deh kalau motoran keliling Menteng.

Selama masa pandemi taman ini ditutup untuk pengunjung, sempat dibuka lagi pada bulan April yang lalu. Tak berlangsung lama, merebaknya varian Delta Covid-19 membuat taman ini kembali ditutup berbulan-bulan lamanya. Pada tanggal 23 Oktober 2021, taman ini kembali dibuka bersamaan dengan taman-taman lain di Ibu Kota. 

Untuk masuk ke area taman tidak dipungut biaya sama sekali, siapkan saja uang untuk membeli minuman atau makanan yang dijual di pinggir jalan. Dulu ada penjual ketoprak dan bubur ayam, tetapi saat Penulis datang kemarin sudah tidak ada lagi. Mungkin saja pindah lapak karena tutupnya taman selama ini. Seiring dengan dibukanya taman dan banyaknya pengunjung yang datang, rasa-rasanya pedagang akan  ramai berjualan di sini lagi.

Jam buka taman yaitu setiap hari, pada pukul tujuh pagi sampai lima sore. Untuk transportasi umum taman ini tidak dilewati oleh mikrolet, Taman Suropati yang berada di pinggir jalan besar saja tidak dilalui TransJakarta. Penulis sarankan bawa motor saja, supaya mudah diparkirkan di pinggir jalan karena memang tidak ada area parkir khusus di dekat taman.

Taman kecil ini suasananya asri dan sangat bersih, terlihat petugas kebersihan yang rutin membersihkan area taman. Keberadaan Bebek dan Angsa yang bebas berkeliaran di area taman merupakan pemandangan yang jarang ditemukan Ibu Kota. Pohon-pohon di sekitar taman membuat udara menjadi sejuk, salah satu jenis pohonnya adalah Tabebuya dengan bunga berwarna kuning.

trek jogging di taman situ lembang
trek jogging di taman

Taman Situ Lembang memang tidak luas, terlebih sebagian besar merupakan area danau. Terdapat trek lari yang mengelilingi danau, terdapat juga area bermain anak, dan kursi permanen yang dipasang di banyak tempat. Penulis tidak menemukan tanda larangan menginjak rumput, jadi sepertinya area rerumputan bisa dijadikan tempat untuk menggelar tikar. 

angsa angsa di taman situ lembang
Angsa-angsa di Taman Situ Lembang

Air danau yang berwarna hijau terlihat bersih dari sampah, adanya bunga teratai yang sedang mekar membuat danau terlihat semakin indah.  Datanglah pada pagi hari untuk melihat Angsa-angsa putih yang sedang berenang di danau, pada sekitar jam 10-11 kawanan Angsa tersebut naik ke darat dan berteduh di bawah pohon. 

bookhive jakarta di taman
Bookhive Jakarta di Taman Suropati

Terdapat Perpustakaan mini yang berada di seberang taman Situ Lembang. Namanya adalah "Bookhive Jakarta". Perpustakaan ini diresmikan bertepatan dengan hari buku sedunia yaitu tanggal 23 April 2021. Ada beragam buku yang disediakan di dalam rak buku mini, seperti novel, buku anak, puisi, dan buku non fiksi. "Ambil seperlunya sumbang semampunya" artinya Pengunjung dapat bebas meminjam buku secara gratis ataupun bisa mendukung program ini dengan menyumbang buku secara sukarela.

Perpustakaan mini Bookhive Jakarta kini telah hadir di berbagai taman-taman lain di Ibu Kota. Seperti di Taman Suropati ini salah satunya (Penulis lupa memfoto bookhive yang ada di Taman Situ Lembang). Ide ini sangat menginspirasi dan sangat berdampak besar terhadap gema semangat literasi. Semoga terus berkembang dan dapat hadir di kota lain di Indonesia.

You May Also Like

2 komentar