Untukmu yang Baru Pertama Kali Menggunakan Kereta Bandara Soekarno Hatta

by - 4/20/2022 10:40:00 AM

kereta bandara soekarno hatta

Beberapa tahun terakhir,  saya hampir selalu menggunakan Damri jika hendak ke Bandara. Namun Itu dulu, semenjak tarif Damri naik hampir dua kali lipat membuat saya mencari alternatif yang lebih murah (teori perilaku konsumen). Kereta Railink bandara kini menjadi pilihan, jarak tempat tinggal ke  Stasiun Manggarai juga cukup dekat. Hanya saja untuk tarif termurah kereta bandara yaitu kelas premium hanya ada lima kali dalam sehari. 

Waktu tempuh jelas

ka bandara kelas premium
Tampilan tempat duduk KA Bandara Soetta

Kelebihan menggunakan kereta bandara adalah ketepatan waktu jadwal keberangkatan dan kedatangan. Berbeda kalau menggunakan mobil atau bus, kalau jalanan lancar bisa lebih cepat, kalau jalanan macet? terlebih saat sedang peak seasons lebaran yang sebentar lagi akan datang. Akhirnya mudik lebaran juga setelah dua tahun, saya khawatir Bang Toyib tersinggung kalau rekor tiga kali lebarannya disamain hihi.

Harga tiket kereta Bandara lebih murah

Berapa harga tiket kereta bandara? ada dua tarif yaitu Rp 30 ribu untuk kereta kelas premium, lalu Rp 70 ribu untuk kereta kelas eksekutif. Untuk fasilitasnya gimana? saya rasa hampir sama, perbedaan yang kontras adalah letak kursi penumpang. Kalau premium menghadap ke samping (seperti letak kursi krl), kalau yang eksekutif menghadap ke depan. 

vending machine stasiun ka bandara manggarai
Vending machine KA Bandara

Cara pesan tiketnya bisa secara online pada website railink.co.id atau bisa on the spot pada vending machine stasiun kereta bandara.

Jadwal kereta Bandara Soekarno Hatta

jadwal kereta bandara soetta 2022
jadwal KA Bandara Soetta, sumber web railink.co.id

Untuk kereta bandara kelas premium hanya terdapat lima kali keberangkatan saja dari Stasiun Manggarai, yaitu pada pukul 06:37, 10:37, 14:37, 17:07, dan 19:37. Oleh karena itu kita harus menyesuaikan dengan jadwal keberangakatan pesawat. Untuk kereta bandara eksekutif pilihan keberangkatannya lebih banyak. Selain Stasiun Manggarai, kereta bandara juga akan berhenti di stasiun BNI City, Duri, Batu Ceper, dan tujuan akhir di Stasiun Bandara Soetta.

Letak Stasiun Manggarai

ruang tunggu stasiun ka bandara manggarai
ruang tunggu stasiun KA Bandara Manggarai

"Kamu mau naik kereta bandara ya dek?" tanya abang ojek

"iya pak, kenapa tuh?" 

"oh kalau gitu nanti saya turunin di pintu masuk satunya lagi"

Saya sempat heran, bukannya pintu masuk stasiun Manggarai cuman satu yang sama saat naik krl, rupanya ada pintu masuk khusus untuk kereta bandara Manggarai. Sebenarnya bisa sih lewat pintu masuk utama, tap in dulu seperti saat kita hendak mau naik krl, nanti jalan ke arah area peron kereta bandara. 

Letak Stasiun KA Bandara Soetta

stasiun ka bandara soetta
Interior Stasiun KA Bandara Soetta

Posisi Stasiun KA Bandara Soetta itu lumayan jauh dari Terminal 1,2,3 (jaraknya sekitar satu kilometer). Oleh karena itu disediakan transportasi lanjutan, bisa menggunakan kereta layang bandara (kalayang) atau bisa menggunakan shuttle bus, ada bus yang gratis dan ada yang berbayar. 

shuttle bus bandara soetta
Shuttle bus yang gratis

Saya sendiri memilih menggunakan shuttle bus yang gratis. Biasanya busnya ngetem di pintu keluar, nanti tinggal tanya saja ke petugas. 

Semoga informasi ini bermanfaat ya, selamat lebaran bersama keluarga, hati-hati di jalan :)

You May Also Like

2 komentar