Begini Cara Naik LRT Palembang Untuk yang Baru Pertama Mencoba

by - 5/09/2022 01:54:00 PM


cara naik lrt palembang

Light Rail Transit (LRT) bisa menjadi salah satu opsi transportasi publik di Kota Palembang. Jalur LRT Palembang membentang dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II hingga ke Jakabaring Sport City. LRT Palembang bisa menjadi pilihan terbaik jika kalian hendak ke kawasan kota dari bandara, khususnya untuk kalian yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Bumi Sriwijaya. Selain biaya yang murah hanya 10 ribu, kalian bisa terhindar dari kemacetan di beberapa titik di kota Palembang. 

lokasi stasiun lrt palembang dekat dengan pintu keberangkatan

Letak stasiun LRT di Bandara SMB II berdekatan dengan pintu keberangkatan. Kalian tinggal naik lift saja lalu berjalan ke arah stasiun. Jika bingung tinggal tanya saja ke petugas bandara :D saya rasa lokasinya mudah untuk ditemukan kok, karena papan penunjuk arahnya jelas.

jembatan ampera dekat dengan stasiun lrt palembang
Stasiun LRT Ampera berdekatan dengan jembatan ikonik Palembang, Ampera

Mau ke Ampera?, Museum Balaputra Dewa (rumah limas)?, atau ke Kawasan wisata hutan Punti Kayu? bisa banget pakai LRT karena lokasi stasiunnya berdekatan dengan ketiga tempat wisata terkenal di Palembang. LRT Palembang mulai beroperasi tahun 2018 yang lalu, bisa dibilang LRT pertama di Indonesia karena LRT Jakarta saat itu belum selesai pembangunannya.

Lalu bagaimana cara naik LRT Palembang untukmu yang belum pernah mencobanya? berikut panduan singkatnya :) semoga bermanfaat.

1. Cara Membeli Tiket LRT

loket stasiun lrt di bandara palembang

Hal pertama yang harus diketahui adalah cara membeli tiket LRT. Bagi yang sudah mempunyai uang elektronik atau e-money caranya sangat mudah. Tidak seperti KRL Jabodetabek yang langsung tap in, untuk naik LRT,  Kita harus melakukan aktivasi terlebih dahulu di loket stasiun LRT terdekat. 

2. Biaya naik LRT Palembang

Untuk harga tiket LRT khusus dari dan ke Stasiun Bandara SMB II harga tiketnya sebesar Rp 10.000 saja. Sedangkan untuk tarif stasiun lainnya adalah sebesar Rp 5.000. Murah bukan? iya murah banget, karena harganya telah disubsidi oleh pemerintah dengan uang rakyat. 

Fyi, buat kalian yang bertanya mengenai Damri dari bandara ke kawasan kota Palembang saat ini tidak tersedia. Damri Palembang hanya menyediakan rute Kantor Damri di KM 9 ke Kota Prabumulih dan Tanjung Enim saja. 

3. Stasiun LRT Palembang dan Tempat Wisata yang Berdekatan

rumah limas berdekatan dengan stasiun lrt rsud palembang
Rumah Limas di Museum Balaputra Dewa, berdekatan dengan Stasiun LRT RSUD

Informasi ini sangat penting untuk diketahui, jumlah stasiun LRT Palembang saat ini ada 13 stasiun yang berdekatan dengan beberapa tempat strategis seperti pusat perbelanjaan dan wisata di Palembang,  yaitu :

-Stasiun Bandara SMB II

-Stasiun Asrama Haji

-Stasiun Punti Kayu (dekat dengan kawasan wisata hutan Punti Kayu dan Gramedia World Palembang)

-Stasiun RSUD (dekat dengan Museum Balaputra Dewa/ lokasi foto rumah limas uang 10 ribu lama)

-Stasiun Demang

-Stasiun Bumi Sriwijaya (dekat dengan stadion Bumi Sriwijaya dan kawasan Mall)

-Stasiun Dishub (dekat dengan kantor Gubernur Sumsel)

-Stasiun Cinde (dekat dengan kawasan sudirman)

-Stasiun Ampera (dekat dengan jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, dan Sungai Musi)

-Stasiun Polresta

-Stasiun Jakabaring (dekat dengan kawasan Gelora Sriwijaya Jakabaring)

-Stasiun DJKA

Tiap stasiun dilengkapi dengan ruang tunggu dan tangga eskalator, selain itu terdapat petugas di tiap stasiun yang siap membantu penumpang jika ada kesulitan dalam memesan tiket. Bagaimana, tertarik mencoba LRT Palembang?

Untuk kalian yang ingin mencari referensi tempat-tempat wisata di Palembang yang bisa dikunjungi dalam satu hari, bisa dibaca di artikel berikut : Liburan satu hari di Palembang, ke mana saja ya. 

Semoga bermanfaat, salam.




You May Also Like

4 komentar

  1. Jadwalnya belum dibahas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya, untuk jadwal bisa dilihat di akun ig : lrtsumsel . jadwal keberangkatan pertama dari bandara jam 6.54 WIB, terakhir 19.37 WIB.

      untuk jadwal dari stasiun DJKA ke Bandara, pertama jam 6.00 dan terakhir jam 18.43 ya.

      Hapus
  2. mupeng banget tiap kali liat kota-kota yang ada MRT or LRT nya. berharap di Surabaya ada kereta yang bisa menjangkau seluruh tempat dengan mudah. sejauh ini cuma ada kereta komuter aja hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga segera bisa cobain lrt palembang ya :) , selain hemat juga dekat dgn kawasan wisata stasiunnya, bisa coba pempek jg :D

      Hapus