Liburan Satu Hari di Kota Palembang, ke Mana Saja Ya?

by - 10/25/2020 11:13:00 AM


jembatan ampera malam hari

Bagi sobat pembaca yang sudah mengikuti blog ini sejak lama pasti sudah mengenal Faliq, teman penulis yang sering menjadi partner dalam perjalanan.  Pada Maret 2019 yang lalu Faliq sempat mengajak penulis pergi ke Palembang, namun saat itu penulis tidak bisa ikut karena harus menyelesaikan pekerjaan.

Pada akhirnya Faliq berangkat sendirian dan hanya mempunyai waktu satu hari saja untuk berkunjung ke Kota Pempek ini. Satu hari? ya betul, Faliq terbang dari Jakarta dengan jadwal keberangkatan maskapai Sriwijaya Air yang paling awal menuju palembang, lalu kembali ke Jakarta pada malam harinya dengan maskapai yang sama. Wah sayang banget ya cuman satu hari, berat diongkos saja. Saat itu pergi karena tiket promo juga sih, kalau harga normal mikir-mikir juga :D

Faliq sempat meminta rekomendasi kepada penulis terkait tempat-tempat apa saja yang wajib dikunjungi di Palembang dengan waktu yang singkat. Penulis mengenal Faliq sebagai seorang yang religius dan suka sekali mengunjungi masjid di saat perjalanannya keliling beberapa provinsi di Indonesia, penulis pun menyarankan pergi ke Masjid Agung Palembang. 

Selain itu penulis menyarankan untuk singgah ke beberapa tempat lain yang bisa dijadikan alternatif pilihan wisata. Oh ya Faliq juga mempunyai blog, sobat bisa mengunjungi backpack wanderer.

Beberapa tempat ini penulis rekomendasikan ke Faliq saat itu, mungkin bisa dijadikan referensi jika sobat liburan ke Palembang dalam waktu yang singkat. Berikut ulasannya.

1. Masjid Agung Palembang

Masjid Agung lokasinya berada di tengah Kota Palembang dan tidak jauh dari jembatan ikonik Ampera. Masjid ini dibangun pada tahun 1738 oleh Sultan Mahmud Badarudin I , merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Sumatera Selatan. 

Cara menuju Masjid Agung Palembang  

lrt di palembang

Dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sobat bisa menggunakan LRT tujuan stasiun Ampera. Cara menuju ke stasiun LRT yang ada di bandara sangat mudah. Sobat tinggal mengikuti papan penunjuk arah saat keluar dari pintu kedatangan. Jika bingung tinggal tanya saja dengan petugas bandara. 
 
Setelah tiba di stasiun sobat tinggal membeli tiket dengan e-money, harganya hanya Rp10.000 saja. Jika tidak ada e-money bisa bayar secara manual. Nanti bilang ke petugas tujuannya ke Stasiun Ampera. Di dalam kereta terdapat peta rute LRT, nanti jika kereta berhenti akan diberitahukan nama-nama stasiunnya.

Setelah tiba di Stasiun Ampera, sobat bisa berjalan kaki menuju Masjid Agung. Jaraknya hanya sekitar 200 meter saja, namun hati-hati saat menyeberang jalan karena lalu lintas di sekitar kawasan ini sangat ramai. Alternatif lain menggunakan ojek online jika tidak ingin berjalan kaki.
 

Keunikan Masjid Agung Palembang 

pintu masuk masjid agung palembang
Di depan gerbang utama Masjid Agung terdapat bundaran air mancur. Bentuk bangunan masjid ini disebut mempunyai perpaduan tiga arsitektur kebudayaan yaitu Indonesia, Tiongkok, dan Eropa. Ciri khas eropa terletak pada bagian pintu masuk utamanya, lalu ciri khas Tiongkok terlihat dari atap masjid yang menyerupai bentuk kelenteng, kemudian ciri khas Indonesia nampak pada bagian undakan berbentuk limas pada atap masjid. Selain itu pada ujung menara masjid berbentuk kerucut seperti tumpeng.
masjid agung palembang

foto masjid agung palembang
Masjid Agung Palembang mempunyai halaman yang cukup luas, terdapat sebuah kolam yang cukup besar di halaman masjid. Selain itu banyak pedagang makanan khas palembang yang dapat dijumpai di sekitar halaman masjid. Sobat bisa mencoba makan pempek dan es kacang merah, rasanya "Lemak Nian". 
 

2. Monpera

monpera di palembang
Seperti yang penulis katakan di awal, masjid Agung Palembang berada di tengah Kota Palembang dan dekat dengan lokasi wisata lainnya. Sobat bisa berkunjung ke MONPERA (monumen penderitaan rakyat) yaitu bangunan berbentuk menyerupai bunga melati yang bermahkota lima. Di tempat ini sobat bisa melihat koleksi-koleksi foto yang memperlihatkan perjuangan masyarakat Sumatera selatan dalam masa penjajahan. 

3. Benteng Kuto Besak

benteng kuto besak

Tempat lain yang berada di dekat Masjid Agung adalah Benteng Kuto Besak (warga palembang sering menyingkatnya dengan BKB). Dari tempat ini sobat bisa melihat Pemandangan Jembatan Ampera dan Sungai Musi. Tempat ini adalah tempat paling ramai dikunjungi saat akhir pekan di Kota Palembang. Cobalah untuk berkunjung pada malam hari untuk melihat lanskap ampera dengan hiasan cahaya.
 

4. Naik Kapal ke Pulau Kemaro

perahu di sungai musi
 
Di kawasan Benteng Kuto Besak terdapat dermaga kapal menuju Pulau Kemaro. Biasanya tarifnya berkisar antara Rp 200.000 s.d. Rp 300.000 per kapal dengan muatan bisa mengangkut enam orang. Perjalanan menuju ke Pulau Kemaro dengan kapal ketek sekitar setengah jam. 
 
pulau kemaro

Bagian terseru saat menuju pulau kemaro menyusuri sungai Musi. Kapal Ketek akan melewati beberapa tempat seperti rumah-rumah panggung di pinggir sungai, kapal atau perahu yang sedang bersandar, Pelabuhan Boom Baru, dan PT Pusri. Setibanya di Pulau Kemaro, pengunjung dapat melihat Pagoda 9 lantai yang terdapat di tengah pulau dan menghadap ke sungai.

5. Museum Balaputra Dewa Palembang

Nuansa Palembang pada uang Rp 10.000 yang lama sangat terasa. Terdapat gambar pahlawan nasional Sultan Mahmud Badaruddin II pada uang tersebut, selain itu terdapat gambar rumah khas Palembang yaitu Rumah Limas. Lokasi rumah tersebut terdapat di Museum Balaputra Dewa di Palembang.  

6. Gelora Sriwijaya Jakabaring

gelora sriwijaya jakabaring
Kota Palembang sering ditunjuk sebagai tuan rumah perhelatan olahraga internasional. Pada tahun 2018 yang lalu bersama dengan Jakarta menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games. Lalu pada tahun 2013 menjadi tuan rumah Islamic Solidarity Games serta pada tahun 2011 juga menjadi tuan rumah Sea Games. Ditunjuknya Kota Palembang karena mempunyai komplek olahraga yang besar bernama Jakabaring Sport City.

Pada tahun 2021 nantinya Kota Palembang juga dipilih sebagai salah satu kota tuan rumah Piala Dunia sepakbola U-20. Saat ini stadion utama Gelora Sriwijaya sedang dibenahi untuk menyiapkan perhelatan besar tersebut. 

Untuk menuju komplek olahraga ini sobat bisa menaiki LRT dengan tujuan Stasiun LRT Jakabaring. Di dekat komplek olahraga ini terdapat Masjid Cheng Ho, penulis sarankan kalau waktu memungkinkan cobalah untuk berkunjung ke masjid yang berartsitektur unik itu.

7. Kulineran di Palembang

kuliner palembang
 
Rasa-rasanya kurang lengkap kalau ke Palembang tidak mencoba makanan khasnya seperti pempek, pindang, es kacang merah, kemplang, dan masih banyak lagi.

You May Also Like

0 komentar