Perjalanan ke Banda Neira Dengan Pesawat Sam Air

by - 4/16/2022 01:06:00 PM

sam air pk-smh ambon ke banda neira

Merencanakan itinerary perjalanan itu penting, terutama untuk cuti warrior yang tidak bisa bebas menentukan lama perjalanan. Karena saya bukan full time traveler dan masih terikat jam/hari kerja, perjalanan ke Banda Neira kemarin kendalanya adalah bagaimana cara menuju ke sana. Apakah menggunakan kapal ferry/sabuk nusantara dengan harga tiket lebih murah dibanding pesawat? ataukah dengan pesawat yang rentang waktu perjalanannya lebih singkat dibanding kapal. Permasalahan utamanya adalah minimnya informasi keberangkatan dengan kedua opsi tersebut. 

Lama perjalanan dengan kapal yang memakan waktu 10 jam membuat saya berpikir kembali untuk memakai moda transportasi kapal laut. Pertimbangannya saya harus mengeluarkan cuti dua hari hanya untuk perjalanan kapal pulang pergi. Setelah dipikir-pikir kembali, akhirnya saya memilih naik pesawat dari Ambon ke Banda Neira. Maskapai yang saat ini beroperasi menuju Banda Neira adalah Sam Air, salah satu maskapai yang melayani rute perintis di tanah air selain Susi Air. 

Lalu bagaimana cara memesan tiket pesawatnya? cobalah cek di traveloka, tiket.com, pegi-pegi, dan aplikasi lain tidak ada di sana. Saya coba untuk cek official website Sam Air juga nihil. Lalu terpikirkan mencari akun resmi sosial medianya, setiap company di era digital public relation saat ini pasti mempunyai akun sosial media baik itu instagram, facebook, dan twitter. 

instagram sam air

Setelah menemukan akun instagram Sam Air, titik terang pertiketan ke Banda Neira pun mulai kelihatan. Ada nomor telepon dan jadwal pada Highlight story rute Maluku. Saya pun mencoba menghubungi nomor yang tertera melalui whatsapp dan syukurlah direspon cepat. 

Jadwal keberangakatan dan Harga Tiket

jadwal pesawat sam air ambon banda neira

Jadwal keberangkatan Pesawat Sam Air dari Ambon ke Banda Neira pada hari Senin dan Jumat saja. Jam keberangkatan dari Ambon pada jam 07.00 WIT sedangkan keberangkatan dari Banda Neira pada pukul 13.30 WIT. Namun yang perlu dicatat adalah pesawat mempunyai waktu mantenance, biasanya selama satu minggu istirahat untuk perbaikan dan cek berkala. Jadi saya sarankan jangan pesan on the spot, pastikan dulu melalui staf sam air jauh-jauh hari. 

Harga pesawat Sam Air dari Ambon dan Banda Neira adalah Rp 350.900, sementara untuk harga Banda Neira ke Ambon adalah Rp 320.900. Adapun kontak whatsapp untuk memesan tiketnya adalah :

Nomor WA staf Sam Air cabang Ambon : 0852-4316-0770

Nomor WA staf Sam Air cabang Banda Neira : 0812-4876-8080 (bang Ono)

Mengapa hanya tiga hari di Banda Neira

 "Kenapa cuman tiga hari di Banda, sayang banget loh gak bisa hoping island" pertanyaan itu banyak terlontar dari kenalan yang baru saya jumpai di sana. Sebenarnya niat awalnya mau lebih lama, berangkat hari senin tanggal 28 Maret dan pulang pada hari Jumat tanggal 1 April 2022. Namun sayangnya untuk tanggal tersebut tiketnya sudah terjual habis, lebih tepatnya sudah dibooking oleh rombongan salah satu instansi pemerintah. "gak bisa nyempil satu orang gitu pak" tanya saya melalui wa. "wah gak bisa adik, kalau mau berangkat tanggal 26 masih ada tuh".

jadwal pesawat sam air ke banda neira

 Akhirnya saya memutuskan berangkat hari Sabtu tanggal 26 Maret, kembali pada hari senin tanggal 28 Maret. Kenapa hari sabtu bukan pada hari jumat sesuai jadwal rutinnya? itulah mengapa pentingnya konfirmasi lagi jadwal keberangakatan sebelum memesan tiket, karena kadangkala hari keberangkatan dimajukan atau dimundurkan satu hari sesuai jadwal rutin. Meskipun in case jarang terjadi. 

Tipe Pesawat Sam Air ke Banda Neira

kursi penumpang pesawat sam air

Jenis pesawat yang digunakan oleh masakapai Sam Air untuk rute Ambon-Banda Neira adalah DHC-6-300 Twin Otter dengan registrasi PK-SMH.  Jumlah kapasitas penumpangnya sebanyak 17 orang. Awalnya saya membayangkan dari kursi penumpang bisa melihat aktivitas pilot di kokpit (seperti Cessna Caravan Susi Air). Rupanya ada dinding pembatas dan dikasih hordeng, namun suara pilot dan copilot yang berinteraksi bisa terdengar karena pesawatnya kecil. 

view teluk ambon dari pesawat sam air
Teluk Ambon
 
gunung api banda dilihat dari pesawat sam air
Gunung Banda Api
Daya jelajah pesawat tidak setinggi pesawat boeing 737 atau Airbus A320. Perairan Maluku bisa terlihat dari atas dengan jelas karena cuaca saat itu sedang cerah. Suara mesin pesawat terdengar nyaring, jadi saya sarankan membawa headset peredam suara untuk mengurangi pekak di telinga. 

bandara banda neira
Bulan terbaik untuk berkunjung ke Banda Neira yaitu pada April-Mei atau Oktober-November. Cuaca dan ombak relatif tenang dan bagus untuk kapal melintas. Biasanya opsi dengan moda pesawat sering digunakan jika kapal tidak bisa berangkat karena faktor cuaca buruk. Semoga blog post ini bermanfaat :)
 


You May Also Like

10 komentar

  1. Thank youuu very helpfull

    BalasHapus
  2. terima kasih infonyaa

    BalasHapus
  3. Thanks for the useful and hard to obtain info

    BalasHapus
  4. Terima kasih, Bang. Ini sangat membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga perjalanan ke banda neiranya lancar ya kak :)

      Hapus
  5. makasih infonya..sedang mengumpulkan amunisi buat bekel ke banda neira thn ini ...baca blognya hati jd tambah meronta pingin cepet2 kesana..., blig-nya keren kakaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2, semoga perjalanan ke banda neiranya lancar ya

      Hapus