Punti Kayu, Hutan Pinus di Tengah Kota Palembang

by - 5/22/2022 06:53:00 PM


hutan pinus di pintu kayu palembang

Hutan pinus di pegunungan sih sudah menjadi pemandangan yang biasa, seperti di kawasan Dago, Mangunan, dan Ciwidey. lalu bagaimana kalau pemandangan ini dapat ditemukan di tengah-tengah kota? pemandangan yang menarik ini bisa ditemukan di palembang. Taman wisata alam punti kayu layaknya seperti oase di Kota Palembang, kota yang makin menggeliat pembangunannya dengan gedung-gedung tinggi dan jalan layang membentang sana sini.

Cara Menuju Punti Kayu

pintu masuk punti kayu palembang

Akses menuju Punti Kayu pun tergolong mudah, bahkan untuk orang yang baru pertama kali ke Palembang pun tidak akan kesulitan menemukannya. Tinggal naik LRT dari bandara palembang lalu turun di stasiun punti kayu. Jarak dari stasiun ke pintu masuknya sekitar 500 meter, kalau malas jalan kaki tinggal naik ojek online atau angkot.

Saya baru pertama kali mengunjungi punti kayu bulan mei 2022, saat hendak kembali ke jakarta. jadwal pesawat pada malam hari membuat saya mempunyai cukup waktu untuk berkeliling palembang sebentar. Karena beberapa tempat sudah pernah didatangi, jadilah saya mencari rekomendasi tempat yang belum saya datangi, mengerucutlah punti kayu. suasannya yang sejuk dan rindang menggoda saya untuk singgah sebentar sebelum berangkat ke bandara.

pengunjung tidak terlalu ramai hari itu, padahal saya datang saat akhir pekan. saya pun penasaran bertanya kepada petugas, apakah seperti ini setiap minggunya? jawabannya mengejutkan, bahkan bisa lebih sepi. Pandemi covid-19 memperburuk keadaan, dua tahun ditutup untuk pengunjung, ada beberapa petugas yang dirumahkan.

jam buka dan tiket masuk punti kayu 


pohon pinus yang rimbun di punti kayu

punti kayu dibuka untuk umum setiap hari mulai jam 09.00 sampai jam 16.00 WIB. Lalu untuk biaya tiket masuk masuk punti kayu harganya adalah :

senin s.d. jumat

dewasa Rp 25.000 per orang

 anak-anak Rp 20.000 per orang

sabtu dan minggu

dewasa Rp 30.000 per orang

anak-anak Rp 25.000

Replika Ikon Kota Dunia di Punti Kayu

Apa daya tarik punti kayu? tentu yang menjadi sorotan pertama adalah hutan pinus yang rimbun. Selain itu terdapat replika icon/landmark beberapa kota di belahan dunia, seperti menara eiffel, menara pisa, big ben, patung liberty, stupa candi, dll. berikut foto-foto replika ikon kota dunia di Punti Kayu.

replika kincir angin di punti kayu

replika menara eiffel di punti kayu

replika menara pisa di punti kayu

replika stupa candi di punti kayu
 

Jembatan Gantung dan Wahana bermain

jembatan gantung di punti kayu

Spot foto menarik lainnya yang ada di punti kayu adalah jembatan gantung yang berada di dekat kolam renang. Danau yang berada di bawahnya juga dimanfaatkan sebagai area bermain perahu bebek. 

taman bermain anak di punti kayu palembang

Lalu ada juga wahana bermain anak-anak yang dilengkapi dengan patung-patung kartun seperti donald duck, mickey mouse, karakter telletubbies, karakter film frozen, dll. 

Untuk wahana flying fox dan halang rintangnya belum beroperasi

Kayoe pinus, coffeshop di kawasan punti kayu

kayoe pinus coffe shop di punti kayu

saya mengamati para pengunjung hari itu, beberapa diantaranya para anggota komunitas yang sedang berbincang santai di sebuah coffe shop yang bernama kayoe pinus. suasana pohon pinus yang rindang memang mendukung sekali lokasi coffe shop ini.  daftar menunya bisa ditebak kebanyakan kopi, namun buat kalian yang anti kopi bisa memesan minuman lain seperti green tea latte.

Pesonanya mulai memudar

landmark punti kayu palembang

tidak bisa dipungkiri, punti kayu nampak sudah mulai pudar pamornya, tercermin dari sepinya pengunjung. padahal jika dibandingkan dengan kota besar lain, tidak ada yang mempunyai hutan wisata yang seluas ini, dengan nilai tambah pohon-pohon pinus di dalamnya. 

Saya melihat sebuah spanduk bekas kegiatan bertema "sinergi bersama komunitas, pelaku ekraf dan seniman untuk mengoptimalkan potensi kawasan TWA Punti Kayu". kegiatan ini berlangsung pada 16 Mei 2022 yang lalu, diprakarsai oleh Kekraf dan bappeda litbang kota palembang. mudah-mudahan menghasilkan hal yang positif untuk perbaikan TWA Punti kayu ke depannya.

You May Also Like

0 komentar