Pertama Kali ke Perpustakaan Jakarta di Taman Ismail Marzuki

by - 11/10/2022 07:29:00 AM

perpustakaan jakarta di cikini

Perpustakaan di era modern diharapkan dapat mengundang antusias untuk menumbuhkan semangat literasi. Kesan perpustakaan yang usang dan membosankan harusnya sudah terkikis saat ini. Peran pemerintah pusat dan daerah diperlukan untuk mereformasi layanan perpustakaan di seluruh Indonesia, agar semua masyarakat dapat menjangkau akses layanan perpustakaan menjadi lebih mudah.

Tepat 8 Juli 2022 yang lalu, perpustakaan di area Taman Ismail Marzuki Jakarta resmi dibuka untuk umum. Mungkin bagi yang baru pertama kali berkunjung akan kebingungan bagaimana cara melakukan reservasi, mengingat adanya sistem kuota untuk pengunjung dikarenakan kapasitas perpustakaannya tidak sebesar Perpustakaan Nasional.

Pada tanggal 30 Oktober yang lalu saya baru sempat berkunjung ke Perpustakaan TIM ini, setelah beberapa kali selalu kehabisan tiket masuk. Saya akan mengulas tips dan hal-hal yang harus diketahui sebelum kalian berkunjung ke Perpustakaan Jakarta pertama kali, semoga bisa menjadi referensi. 

Jadwal Buka Perpustakaan Jakarta

perpustakaan di taman ismail marzuki

Berdasarkan unggahan akun Instagram resmi Perpustakaan Jakarta, jadwal buka setiap hari Senin s.d. Minggu pukul 09.00 s.d. 17.00 WIB. Adapun batas terakhir melakukan check-in kunjungan pada pukul 16.00 WIB. Khusus hari Jumat, proses check in Perpustakaan Jakarta akan ditutup sementara pada pukul 11.30 WIB sampai pukul 13.00 WIB.

Kuota Kunjungan Perpustakaan Jakarta di Cikini

peresmian perpustakaan jakarta

Kuota pengunjung dibatasi hanya 300 orang saja per hari. Jadi setelah kuota terpenuhi di sistem reservasi, kita tidak bisa masuk ke dalam perpustakaan. Sistem reservasi dibuka sejak h-7 sebelum rencana kunjungan. Misal jika hendak berkunjung pada Sabtu tanggal 19 November 2022, saya sudah bisa melakukan reservasi pada tanggal 12 November 2022.

Fenomena yang sering terjadi adalah biasanya pada akhir pekan kuota kunjungan cepat terpenuhi, berbeda jika saat hari kerja yang lebih lowong. Kenapa kuota dibatasi oleh pihak perpustakaan? Alasan utamanya adalah supaya sistem in-out pengunjung berjalan kondusif.  Mengingat gedung perpustakaan yang ada di Cikini ini tidak sebesar Perpustakaan Nasional jadi supaya tidak overload pengunjung makanya dibatasi per hari.

Cara Daftar Kunjungan ke Perpustakaan Jakarta

cara daftar kunjungan di perpus jakarta

 

Sebelum melakukan reservasi kunjungan, jika kalian baru pertama maka wajib melakukan registrasi terlebih dahulu pada halaman https://perpustakaan.jakarta.go.id/register. Adapun form yang perlu diisi bisa dilihat pada gambar di atas.

kuota perpus jakarta

Setelah selesai registrasi, langkah selanjutnya adalah melakukan reservasi kunjungan pada https://kios-perpustakaan.jakarta.go.id/ . Pada kolom Perpusatakan pilih Perpustakaan Jakarta -Perpustakaan Cikini. Pada bagian atas terdapat informasi mengenai kuota reservasi, jika kuotanya sudah 0 maka kita tidak bisa berkunjung pada tanggal tersebut.

Cara Menuju Perpusatakaan TIM

koleksi perpustakaan jakarta

Saya sarankan kalian untuk menggunakan transportasi umum saja jika hendak berkunjung ke Perpustakaan Jakarta yang ada di area Taman Ismail Marzuki. Karena jika parkir di dalam area TIM akan dikenakan biaya parkir Rp 2.000 per jam. Jika kalian datang dari jam 9.00 hingga pukul 17.00 WIB atau selama 8 jam biaya parkirnya sebesar Rp 16.000 :) 

Jika menggunakan Trans Jakarta bisa naik TJ Koridor 5M/6H, langsung turun di depan Taman Ismail Marzuki. Jika menggunakan KRL, kalian turun di Stasiun Cikini lalu melanjutkan perjalanan sejauh 900 meter menuju TIM (bisa juga pakai gojek dari staisun).

Do and Don't di Perpustakaan Jakarta

kunjungan perpustakaan jakarta

Jika sudah melakukan reservasi, pengunjung dapat melakukan check in dengan melakukan scan barcode yang diterima saat reservasi. Tas, Makanan, dan Minuman tidak diperbolehkan untuk dibawa ke dalam perpustakaan. Bahkan cover laptop saya juga harus dilepas dan dititipkan juga. Menurut pendapat saya pribadi ini agak berlebihan sih :)

Lalu bagaimana jika haus? ya harus balik lagi ke loker :D Jika kalian pernah ke Perpustakaan Nasional, di setiap lantai layanan terdapat meja khusus tempat minum. Saya rasa akan lebih baik jika Perpustakaan Jakarta juga menerapkan ini. Tetapi perlu juga kesadaran masing-masing pengunjung untuk tetap menjaga koleksi perpustakaan.

Pembuatan konten pribadi diperkenankan, namun dilarang untuk membuat konten yang bersifat komersil seperti shooting film, shooting iklan, dan endorsement.

Night at the Library

night at the library perpustakaan jakarta

Salah satu inovasi layanan perpustakaan Jakarta adalah dengan menyelenggarakan Night at the Library pada waktu-waktu tertentu. Saat ini sudah diselenggarakan sebanyak tiga kali yaitu pada 2 September 2022, 23 September 2022, dan 28 Oktober 2022. Jam buka perpustakaan saat kegiatan ini berlangsung yaitu sampai pukul 20.30 WIB.

live music perpustakaan jakarta

Terdapat hiburan live music dan talk show menarik yang dapat disaksikan secara gratis. Cara reservasinya sama seperti kunjungan biasa, tetapi pada jenis kunjungan akan ditambahkan night at the library selain kunjungan reguler. "Siapa cepat dia dapat" biasanya kuotanya akan cepat habis hanya dalam hitungan jam saja setelah reservasi dibuka.

Untuk informasi lebih lengkap dapat mengikuti akun instagram resmi milik Perpustakaan Jakarta. Semoga bermanfaat :)


You May Also Like

0 komentar