Stadion Soemantri Brodjonegoro, Jelajah Stadion di Jakarta

by - 2/12/2023 10:42:00 PM

stadion-soemantri-brodjonegoro-kuningan-jakarta

Stadion Soemantri Brodjonegoro di Kuningan Jakarta Selatan pernah beberapa kali menggelar laga Liga Super Indonesia 2009 (ISL). Tercatat Persitara pernah menjadikan stadion ini sebagai markas mereka kala menjamu tim tamu. Nama-nama pemain seperti Tantan, Prince Kabir Bello, dan Amarzukih pernah membela panji Laskar Si Pitung.

Bagaimanakah kondisi Stadion Soemantri Brodjonegoro saat ini? Saya tertarik mengulasnya karena stadion ini berdiri di tengah kawasan pusat bisnis di Jakarta. Bangunan pencakar langit mengelilingi stadion berkapasitas lima ribu penonton ini, termasuk Gama Tower yang pernah memegang predikat bangunan tertinggi di Ibu Kota (sebelum Thamrin Nine Tower selesai dibangun). 

Siapa Soemantri Brodjonegoro yang dijadikan nama stadion?

pintu-masuk-stadion-soemantri-brodjonegoro

Soemantri Brodjonegoro merupakan seorang cendikiawan yang pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di era presiden Soeharto tahun 1973. Soemantri pun sempat menjabat sebagai rektor Universitas Indonesia dan termasuk dalam susunan panitia persiapan pendirian Institut Teknologi di Kota Bandung. Nama Soemantri digunakan sebagai nama stadion di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Pernah dipakai untuk Kompetisi Sepakbola Tertinggi di Indonesia

foto-stadion-soemantri-brodjonegoro-jakarta-selatan

Indonesia Super Leauge 2009/2010 mungkin bagi sebagian orang membekas, karena saat itu liga kita berjalan baik-baik saja, bahkan masih menjadi liga terbaik di ASEAN. Jadwal yang tertata rapi, pemain-pemain negara tetangga banyak beredar di banyak klub, sang juara Arema Indonesia yang dihuni duo singapura Noh Alamsyah dan Ridhuan, serta adanya verifikasi kelayakan stadion untuk menggelar laga.

Persitara pun terpaksa mencari alternatif stadion setelah Stadion Kamal Muara dan Stadion Tugu dianggap tidak memadai. Stadion Soemantri menjadi pilihan utama mengingat biayanya yang lebih murah dibandingkan dengan GBK yang menjadi markas Persija saat itu. Sayang, Persitara kandas di dasar klasemen dan harus terdegradasi. Tahun 2009/2010 merupakan kali terakhir Laskar Si Pitung berlaga di kompetisi tertinggi.

Kini menjadi lapangan latihan dan fun football 

tribun-stadion-soemantri

Kapasitasnya yang minim (lima ribu) membuat stadion ini tidak pernah lagi dipakai untuk gelaran kompetisi tertinggi. Praktis tim Ibu Kota hanya tersisa Persija Jakarta yang lebih banyak bermarkas di stadion Patriot, GBK, dan Wibawa Mukti. Sebenarnya ada Bhayangkara yang ber-homebase di Ibu Kota pada tahun 2018, namun tim pakpol punya stadion sendiri yaitu PTIK di Jakarta Selatan.

Kini Stadion Soemantri digunakan sebagai tempat latihan tim profesional dan SSB. Stadion ini juga terbuka untuk umum dengan sistem sewa lapangan.

Tempat Lari Favorit di Tengah Kota

tempat-jogging-stadion-soemantri

Lokasinya yang strategis membuat stadion Soemantri menjadi salah satu tempat favorit untuk jogging atau lari di Jakarta.  Sayang, lintasan atletiknya masih beralaskan tanah merah yang dipadatkan.  Saya tidak menemukan penyewaan loker di sekitar stadion, jadi barang bawaan harus dijaga sendiri. Biar aman disimpan di dalam kendaraan saja.

Berdekatan dengan Gama Tower dan Plaza Festival

gama-tower-dilihat-dari-stadion-soemantri

Stadion Soemantri berada di pusat bisnis kawasan Kuningan. View yang kontras terlihat dari stadion, di mana bangunan-bangunan menjulang berdiri di sekililing stadion. Termasuk Gama Tower yang dulu pernah menjadi bangunan tertinggi di Indonesia. Saat ini predikat tersebut beralih ke Thamrin Nine Tower yang mempunyai tinggi hingga 382,9 m.

Selain stadion sepakbola, masih di kompleks yang sama terdapat sarana olahraga lain seperti lapangan basket, voli, tenis, hingga kolam renang. Lapangan basketnya terletak di dalam Plaza Festival dan menjadi markas klub basket Pelita Jaya.

Transportasi Umum ke Stadion Soemantri

stadion-soemantri-di-kuningan-jakarta-selatan

Stadion Soemantri Brodjonegoro berlokasi di Jalan HR. Rasuna Said Kav C-22, RT.2/RW.5, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. Bagaimana cara ke Stadion Soemantri? Transportasi umum menuju stadion bisa menggunakan bus Trans Jakarta, KRL, dan LRT (on process). Untuk TransJakarta dapat turun di Halte GOR Sumantri. 

Jika menggunakan KRL, stasiun terdekat adalah Stasiun Sudirman yang berjarak sekitar 4 km dari stadion Soemantri. Saat ini sedang dalam masa pembangunan jalur LRT yang nantinya akan melintasi kawasan stadion Soemantri dan Plaza Festival. Pembangunan diperkirakan rampung dalam waktu dekat, hal ini akan mempermudah akses menuju stadion Soemantri. 

Jika menggunakan kendaraan pribadi, lokasi parkir Stadion Soemantri yaitu di dalam basement Plaza Festival. Lokasinya yang berdekatan dengan banyak pusat hiburan membuat kantong parkir melimpah. 

Bagaimana tertarik untuk berolahraga di Stadion Soemantri? Akhir-akhir ini saya sedang giat-giatnya mengulas stadion dan taman di Jakarta, jika kalian punya rekomendasi tempat yang ingin diulas silahkan berkirim email atau berbagi di kolom komentar. Semoga sehat selalu semuanya :)


You May Also Like

0 komentar