Taman Literasi Blok M, Ruang Ketiga Warga Jakarta

by - 1/23/2023 01:56:00 PM

#CeritadariTaman kali ini saya akan membahas taman bertema literasi di Jakarta. Namanya adalah Taman Literasi Marta Tiahahu yang lokasinya berada di dekat pusat perbelanjaan Blok M. Setiap taman mempunyai cerita dan ciri khas tersendiri, selain konsep literasi yang ditonjolkan, taman ini juga terintegrasi dengan Transportasi umum loh.

Sebenarnya taman ini sudah lama eksis, namun baru populer setelah program pemprov yang memugar banyak taman di Ibu Kota. Pemprov menginisiasi taman menjadi ruang ketiga warga Jakarta, yaitu tempat berkumpul dan berinteraksi warga setelah ruang pertama (rumah) dan ruang kedua (sekolah dan tempat bekerja). Wajah baru taman Literasi Blok M membuat tempat ini ramai dikunjungi warga, menyusul taman lain yang lebih dulu diresmikan yaitu Tebet Eco Park.

1. Nama taman diambil dari Pahlawan Nasional Perempuan

pintu-masuk-taman-literasi-blok-m

Nama taman diambil dari pahlawan nasional perempuan yang berasal dari Maluku yaitu Martha Chirstina Tiahahu. Terdapat anjungan melingkar yang berada di tengah kolam, lalu ada jalan setapak menuju anjungan tersebut yang membentuk sebuah garis lurus. Garis tersebut mengarah ke tanah kelahiran sang pahlawan di Nusalaut, Maluku Tengah. 

Lalu mengapa nama taman ini bertema literasi? Dalam situs jakartamrt, saya mengutip pernyataan Pak gubernur waktu itu "Taman ini dibangun untuk menjadi tempat bertemunya para penggiat literasi, para penulis, para penerbit, dan ekosistem penerbitan dengan masyarakat umum yang memiliki minat pada karya literasi. Dengan taman ini, kami berharap ada kegiatan rutin menyangkut literatur yang masyarakat dapat akses dengan mudah".

2. Cara menuju taman

stasiun-terdekat-taman-literasi-blok-m

Berada di kawasan Blok M membuat taman ini sangat mudah diakses dengan transportasi umum. Lokasinya berjarak kurang lebih 350 meter dari halte Integrasi Centrale Stichting Wederopbouw (CSW). CSW merupakan tempat di mana halte bus TransJakarta dan Mass Rapid Transit (MRT) berada di lokasi yang sama. Hanya dipisahkan lantai atas dan bawah saja. Sebelum ke taman, kalian bisa melihat kemegahan CSW terlebih dahulu, skybridge-nya keren banget. 

foto-transjakarta-dan-mrt

m-bloc-space

Jika tidak ingin berjalan ratusan meter, jika kalian menggunakan MRT bisa turun di stasiun Blok M BCA. Saat keluar stasiun kalian akan langsung bertemu dengan pintu masuk taman di sisi timur. Lokasi taman sangat strategis, berada di kawasan perbelanjaan Blok M Square dan Blok M Plaza. Selain itu lokasinya juga berdekatan dengan M Blok Space, tempat nongkrong kawula muda. 

3. fasilitas taman

Fasilitas taman literasi terbilang lengkap. Saya menyukai konsep landscraper yang diusung, bangunan di sekitar taman menyatu dengan area hijau pohon dan rerumputan. Taman Literasi Blok M mempunyai luas sekitar 9.710 m2. Terdiri dari bangunan dua lantai yang melingkar dan mengelilingi kolam. 

  • Perpustakaan mini dan Bookhive

bookhive-taman-literasi-blok-m

Perpustakaan yang ada di taman literasi Blok M memang tidak sebesar perpustakaan daerah, koleksi bukunya juga tidak begitu banyak. Namun fasilitas penunjuangnya adalah terdapat area co working space dan bean bag. Taman ini juga sudah berkolaborasi dengan bookhive, perpustakaan mini yang dapat ditemukan di beberapa taman Jakarta.

  • Coffee shop
coffee-shop-taman-literasi-blok-m

Bentuknya yang melingkar dan mempunyai sudut pandang mengarah ke area kolam menjadi daya tarik bagi pengusaha kedai kopi untuk menyewa gerai di area taman. Mosslife coffee dan Djournal Coffee bisa menjadi tempat nongkrong kalian sambil mengerjakan tugas kuliah ataupun pekerjaan.

  • Amphiteater

tempat-duduk-taman-literasi-blok-m

Berada di pinggir kolam terdapat tempat duduk berbahan semen yang dibuat bertingkat dan melingkari area kolam. Tempat duduk itu juga bisa berfungsi sebagai amphitheater jika sedang ada event musik atau pertunjukan di anjungan kolam.

  • Jak Habitat

jak-habitat-di-taman-literasi-blok-m

Ada sebuah bangunan yang dibuat terpisah di taman ini. Pada dinding bangunan tersebut tertulis Jak habitat. Setelah mencari informasi, bangunan ini difungsikan sebagai pusat pemasaran aset dan properti Jak Habitat yang salah satunya hunian DP Nol Rupiah. Saat saya ke sana sih keliatan sepi, mungkin dikarenakan libur imlek. Justru bagian atap bangunan ramai oleh pengunjung karena disediakan tempat duduk, cocok untuk tempat bersantai dan nongkrong.

  • Mushola dan toilet
mushola-taman-literasi-blok-m

Taman ini juga menyediakan fasilitas Mushola dan toilet. Jadi tidak perlu repot-repot mencari tempat salat. Kalian bisa nongkorng lama-lama di taman ini tanpa khawatir ketinggalan kewajiban.

  • Playground

playground-taman-literasi-blok-m

Taman ini juga dilengkapi dengan area bermain anak-anak, wah makin komplit deh fasilitasnya :)

  • Taman Atap Abubu
lantai-dua-taman-literasi-blok-m

Awalnya saya sempat bingung mengapa dinamakan Abubu, mungkin masih berkaitan dengan tanah kelahiran Martha Christina Tiahahu yaitu Desa Abubu, Nusalaut, Maluku Tengah. Lantai dua taman Literasi merupakan tempat terbaik untuk melihat lanskap taman secara keseluruhan.

4. Tempat parkir taman Literasi Blok M

tempat-parkir-taman-literasi-blok-m

Saya menyempatkan datang ke lokasi taman setelah menyelesaikan ujian. Butuh refresh sejenak setelah bergelut dengan soal-soal Ketentuan pajak dan PPh. Saya rasa berkunjung ke taman merupakan opsi yang bagus, suasana sejuk akan membuyarkan pikiran yang masih menyesali "kenapa ya periode sanksi-nya salah isi :(". 

Karena saya menggunakan sepeda motor, saya sempat kebingungan mencari tempat parkir. Jika hendak ke Taman Literasi Blok M, Saya sarankan kalian parkir di Blok M Square saja dengan tarif yang standar (Rp 2.000 per jam). Lebih aman dibandingkan dengan parkir liar di tepi jalan sekitar M blok space. 

5. Alamat Taman

Taman Literasi Blok M beralamat di Jl. Sisingamangaraja, RT.3/RW.1 Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta

6. Jam Operasional Taman

Taman Literasi Blok M buka setiap hari Senin-Minggu. Mulai buka pada pukul 07.00 s.d. 22.00 WIB.

Demikian #Ceritadaritaman kali ini, semoga makin banyak taman yang keren dan multifungsi di Jakarta. 


You May Also Like

0 komentar