Sleeper Bus Palembang Jakarta, Memangnya Ada?

by - 1/14/2023 03:00:00 PM

sleeper-bus-palembang-jakarta
Karena ada keperluan yang mengharuskan saya ke Palembang pada akhir tahun, saya memutuskan untuk mencoba jalur darat dengan bus untuk pertama kali. Setelah mencari informasi, Rupayanya ada salah satu PO Bus yang menyediakan Tipe Suite Class dari Jakarta ke Palembang yaitu PO Sinar Jaya. Wah pas sekali, saya belum pernah mencoba bus mewah yang katanya bisa sambil tidur rebahan (sleeper seat).

Namun setelah mengecek di traveloka dan bertanya lewat agen, tiket yang tersedia sudah habis. Saya pun memilih PO bus lain saat berangkat ke Palembang, sudah pernah saya share ceritanya di postingan sebelumnya. Namun syukurlah untuk tiket Palembang-Jakarta masih kebagian. Tanpa pikir panjang saya pun langsung membooking lewat traveloka. 

Bus bertipe Suite Class mulai populer di Indonesia khususnya di Pulau Jawa. Pada Desember 2021, PO Sinar Jaya mencoba peruntungan dengan membuka layanan suite class pertama di Pulau Sumatera dengan rute Bandung-Jakarta-Palembang. Sebelum adanya tol Trans Sumatera, waktu tempuh Jakarta-Palembang bisa hampir satu hari penuh. Namun kini perjalanannya hanya kisaran 13-14 jam saja. 

Harga dan Jadwal Bus Sinar Jaya Palembang Jakarta

pool-bus-sinar-jaya-palembang
pool bus Sinar Jaya di Palembang

Tiket Bus Sinar Jaya Suite Class dari Palembang menuju Jakarta dibanderol sekitar Rp 550 ribu hingga Rp 650 ribu (fluktuatif). Karena waktu itu saya berangkat pada peak seasons, saya mendapatkan harga Rp 650 ribu lewat traveloka. 

Bus Sinar Jaya suite class berangkat pada pukul 13.00 WIB dari Palembang. Alamat Pool Sinar Jaya di Palembang terletak di KM 11, Sukodadi, Kecamatan Sukarami, Kota Palembang. Terdapat minimarket yang berada di sebelah pool, jadi penumpang bisa membeli cemilan dulu untuk persiapan perjalanan jauh. Sebelum berangkat, Penumpang harus menukarkan tiket terlebih dahulu karena nantinya akan diberikan voucher makan.  

Apakah harga yang dikeluarkan setara dengan fasilitas yang didapatkan? baca lebih lanjut gesss :D

Fasilitas Sinar Jaya Suite Class

sleeper-bus-sinar-jaya-palembang-jakarta

Keunggulan utama dari tipe bus Sinar Jaya suite class adalah kursi yang bisa direbahkan hingga 150 derajat. Artinya kursinya memang tidak bisa rebah 180 derajat atau tidak rata seperti kasur. Namun penumpang bisa berselonjor kaki dan bisa sambil tiduran. Komposisi kursinya yaitu 1-1 yang membuat kabin terasa lebih lega dan luas. Terdapat tirai yang dapat dibuka tutup di masing-masing kursi, privasi penumpang lebih terjaga. Untuk keamanan penumpang, tiap kursi disediakan sabuk pengaman untuk mengantisipasi jika terjadi goncangan. Jadi Penumpang dapat tidur dengan nyaman.

Fasilitas yang ada di tiap kursi yaitu : lampu baca, dua usb port (1.5 dan 1 ampere), cup holder, LED TV, selimut dan bantal. Sementara untuk fasilitas umum yaitu toilet dan dispenser di bagian belakang. Fasilitas unggulan lain yaitu terdapat WiFi lokal di dalam bus, penumpang bisa mengakses layanan hiburan seperti musik dan film melalui HP, Laptop, ataupun tablet. 

Cerita Perjalanan Palembang Jakarta dengan Bus

 fasilitas-bus-sinar-jaya

Pukul 13.00 WIB, Bus berangkat tepat waktu dari Palembang menuju Jakarta. Saya mendapatkan kursi nomor satu atau di bagian paling depan. Kursinya sangat lega dan saya bisa meletakkan ransel saya di dalam kabin. 

Di awal perjalanan saya melempar pandangan ke luar jendela, sama sekali tidak tertarik membuka laptop ataupun membuka cemilan. Pemandangan rumah-rumah yang berdiri di kepungan rawa menjadi sorotan saya. Sekilas saya melihat warga yang mendayung perahu, melintasi sungai-sungai kecil.  

pemandangan-tol-trans-sumatera

Memang beberapa kawasan di dekat Kota Palembang merupakan rawa-rawa dan dikelilingi sungai-sungai kecil. Pemandangan rawa yang saya lihat hanya berlangsung beberapa jam saja, tidak lama berselang digantikan oleh kebun-kebun sawit yang menghampar. Kebanyakan masih berusia kurang dari satu tahun, menandakan "demam menanam sawit" sedang melanda, mengingat harga CPO yang melesat naik beberapa tahun terakhir. 

rumah-makan-bus-sinar-jaya


menu-makan-bus-sinar-jaya

Saat memasuki Provinsi Lampung, pemandangan lebih bervariasi, Kadang kebun jagung kadang kebun nanas. Bus berhenti pukul lima sore di Rumah Makan Siang Malam yang terletak di Kabupaten Lampung Tengah. Voucher makan yang tadi diberikan ditukarkan dengan paket nasi telur. Penumpang bisa saja mengupgrade menunya, tinggal tambah bayar saja kalau mau lauk ayam atau rendang. 

Pengalaman naik bus Sinar Jaya berkesan, laju bus tidak ugal-ugalan sehingga membuat saya nyaman tidur nyaris setengah perjalanan. Tidak ketinggalan fasilitas bus saya manfaatkan. Lagu-lagu westlife dan backstreet boys saya putar, semacam nostalgia masa-masa SMP dulu yang sering mendengarkan lagu mereka.  

Saya juga memutar film Harry Potter, sekedar ingin melihat kembali aksi Robbie Coltrane yang beberapa bulan yang lalu wafat. Almarhum memerankan Prof Rubeus Hagrid, sosok yang menjadi teman akrab harry, ron, dan hermione. 

Pukul delapan malam, bus tiba di dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni. Meskipun namanya eksekutif ya tetap saja nunggu lama :D mungkin dikarenakan musim libur natal sehingga Bus baru bisa masuk ke kapal jam sembilan malam. Nyaris satu jam lamanya menunggu.

Kondisi ombak Selat Sunda pada akhir tahun sedang tidak baik-baik saja, namun tetap aman untuk menyeberang.  Selama di kapal saya berbincang dengan alumni kehutanan UGM yang sudah "masuk-keluar" hutan tropis di Kalimantan dan Sumatera. Usianya sepantar dengan saya jadi obrolan lebih mencair. Honestly, saya antusias mendengarkan cerita sampai tak terasa suara klakson panjang kapal berbunyi.

sinar-jaya-terminal-kampung-rambutan

Pukul 12 malam, kapal bersandar di Pelabuhan Merak. Sepanjang perjalanan menuju Jakarta saya tertidur pulas. Saya tiba di Terminal Kampung Rambutan pada pukul dua dini hari. Kalau dihitung lama perjalanannya sekitar 13 jam saja dari Palembang menuju Jakarta. Semoga ulasan saya bermanfaat. Sudah berganti tahun namun baru sempat menulis cerita perjalanan ini di blog. Lagi sok sibuk :( 

Melihat statistik Tahun 2022, blog ini mempunyai kemajuan yang cukup baik. Beberapa artikel saya masuk dalam google discover, menambal semangat saya untuk konsisten menulis blog. Terima kasih supportnya teman-teman. Salam takzim dari saya untuk kalian yang memberikan masukan dan pesan positif :) Selamat Tahun baru 2023 !


You May Also Like

4 komentar