Road Trip Jakarta ke Palembang dengan Bus Epa Star

by - 1/02/2023 06:14:00 PM

bus-epa-star-jakarta-palembang

Kali ini saya pulang ke Sumatera dengan cara yang berbeda yaitu melalui jalur darat dengan menggunakan Bus Epa Star. Lama waktu yang dibutuhkan untuk road trip dari Jakarta ke Palembang yaitu 14 jam saja. Saya menggunakan bus epa star dengan tarif Rp 375.000, setengah harga tiket pesawat saat periode peak season akhir tahun.

Saya menggunakan jalur darat dari Jakarta ke Palembang ini sebenarnya bukan pertama kali, dulu pada akhir tahun 2015 pernah road trip bersama keluarga. Waktu itu belum ada Tol Trans Sumatera dan pelabuhan eksekutif Merak, jadinya memakan waktu satu hari lebih. Tahun 2022, dengan dukungan infrastruktur yang jauh lebih baik, waktu yang dibutuhkan jauh lebih singkat.

Jika Tol Trans Sumatera sudah terhubung dari Lampung hingga Aceh saya yakin road trip overland Sumatera akan populer di kemudian hari bagi kalangan traveler. Pulau yang disebut Swarnabhumi (tanah emas) atau Swarnadwipa (pulau emas) dalam bahasa Sansekerta ini mempunyai bentang alam yang memukau. Misalnya keindahan pantai dan pemandangan bawah laut di Pesisir Lampung, Situs Megalit di Sumatera Selatan, Komplek Candi terluas di Muaro Jambi, Panorama Ngarai di Sumatera Barat, hingga betapa luasnya Danau Toba di Sumatera Utara.

Terkait transportasi umum, armada bus di Pulau Sumatera sudah mempunyai banyak pilihan. Saya secara khusus akan membahas Bus dengan rute Jakarta-Palembang saja. Untuk rute ini, Perusahaan Otobus (PO) yang tersedia adalah Naikilah Perusahaan Minang (NPM), Epa Star, Sinar Jaya, Pahala Kencana, Adhi Prima, Sinar Dempo, Arya Prima, Sempati Star dll.

Mengapa saya memilih Bus Epa Star? Yang jelas bukan karena di-endorse, tetapi saya membuka pintu bagi PO yang ingin berkolaborasi dengan saya, beberapa artikel yang membahas perjalanan dengan bus berada di ranking yang tinggi di mesin pencari :D. Saya mendapatkan informasi bus Epa Star dari teman saya yang bisa dibilang bus mania. Setelah saya dapat kontak whatsapp agen Epa Star, saya langsung memesan satu tiket untuk keberangkatan pada hari jumat pukul 14.30 WIB. "Aku booking-in kursi nomor 9 yo kak, deket jendela duduknyo" kata sang agen.

Bagaimana pengalaman dan kesan saya menggunakan bus Epa Star? berikut ulasan detailnya.

Harga Tiket dan Jadwal Bus Epa Star

Bagaimana cara memesan tiket bus Epa Star? bisa secara online melalui aplikasi traveloka ataupun menghubungi nomor agennya. Bisa juga langsung datang ke loket yang ada di Terminal Kampung Rambutan. Namun saran saya jangan tergoda atau menerima tawaran dari calo, biasanya ketika kita masuk ke area terminal ada orang-orang yang menghampiri dan menawarkan tiket bus. Kalian lebih baik langsung saja ke loketnya yang berada di dalam terminal.

Harga tiket Bus Epa Star dari Jakarta ke Palembang adalah sebesar Rp 375.000 hingga Rp 425.000 (fluktuatif sesuai aplikasi). PO ini memberangkatkan satu bus setiap harinya dengan jadwal keberangkatan pada pukul 14.30 WIB. Namun ketika sedang peak season biasanya jumlah armadanya akan ditambah. Contohnya pada hari keberangkatan saya saat itu, terdapat satu jadwal lagi yaitu pada pukul empat sore.

Fasilitas Bus Epa Star

kursi-bus-epa-star

Berdasarkan informasi di traveloka, jumlah kursi bus Epa Star Jakarta Pelembang yaitu sebanyak 34 buah dengan komposisi 1-1-1. Jarang sekali PO yang menggunakan komposisi duduk seperti ini, biasanya kelas eksekutif atau bisnis komposisinya 2-2 ataupun 1-2. Kursinya bertipe recliner atau bisa direbahkan dan terdapat satu buah power supply di masing-masing kursi, jadi tidak perlu khawatir kehabisan baterai handphone. Terdapat juga toilet di bagian belakang bus.

Sudah pasti terdapat Air Conditioning di dalam bus. Namun saya tidak sempat mensurvei apakah ada ruangan khusus untuk perokok atau tidak. Saya tidak sempat main ke kursi belakang, bukan perokok soalnya :).

Catatan Perjalanan Jakarta ke Palembang

Pukul satu siang, saya sudah tiba di Terminal Kampung Rambutan. Baru turun dari motor pak Ojol, saya langsung dihampiri dua-tiga orang yang menawarkan tiket dan bertanya tujuannya hendak ke mana. Langsung saja saya jawab lantang "Sudah punya tiket pak". Baru berjalan sekitar 50 meter sudah ada lagi yang bertanya dan jawaban saya sama "Saya sudah punya tiket pak".

terminal-kampung-rambutan

Saran saya jika pertama kali datang ke terminal jangan menunjukkan gestur bingung atau celingukan. Kalau kesulitan mencari lokasi loket, tanyakan ke orang yang berseragam seperti porter, dishub, dan seragam agen bus. Bila perlu survei dulu terminalnya seperti apa. Mohon maaf sekali, kalian bisa saja keluar uang 10-50 ribu saja untuk tips preman ataupun calo di terminal jika tidak hati-hati.

Saya langsung menuju loket Epa Star yang berada di pojok ruang tunggu terminal. Saya memperlihatkan bukti pesanan saya untuk ditukarkan dengan tiket. Loh bukannya sudah beli tiket dan dapat bukti pembeliannya? Iya memang betul, ini istilahnya kalau di pesawat atau kereta semacam cetak boarding pass gitu :).

Sebelum menuju terminal saya sempat mampir ke minimarket, membeli perbekalan makanan dan minuman. Road trip seperti ini harus menyiapkan cemilan ya ges ya. Karena kita tidak bisa memprediksi kapan perut butuh asupan.

bus-epa-star-terminal-kampung-rambutan

Bus berangkat telat selama 20 menit dari jadwal keberangkatan yang direncanakan. Pukul 14.50, bus beringsut keluar dari terminal Kampung Rambutan lalu melesat cepat ketika memasuki jalan tol. Bus singgah sebentar ke Terminal Lebak Bulus untuk menjemput penumpang yang memilih terminal ini sebagai titik keberangkatan mereka.

Lagu di Batas Kota ini menjadi lagu pembuka yang disetel oleh Pak Supir. Lagu yang dirilis tahun 1980 oleh musisi legendaris Tommy J Pisa ini semacam lagu wajib dalam playlist bus atau travel antar kota antar provinsi (AKAP).

Pukul enam sore, bus Epa Star singgah di sebuah rumah makan yang lokasinya sudah dekat dengan Pelabuhan Merak, sayangnya saya lupa nama rumah makannya, sepertinya sudah bekerja sama dengan bus Epa Star. Beberapa penumpang nampak menuju musola untuk menjamak solat. Bus berhenti sekitar 30 menit lebih.

Pukul tujuh malam, bus mulai mengantri masuk ke dalam pelabuhan eksekutif Merak. Saya sekilas melihat jadwal kapal di sebuah papan besar, tertera jam 20.30 yang artinya Bus kami harus menunggu sekitar satu jam lagi untuk berangkat. Namun tepat pukul delapan, bus sudah bisa masuk ke dalam kapal.

Kapal Port Link III

kapal-port-link-3

Port Link III tertera di bagian depan kapal, mempunyai ukuran yang besar untuk sebuah kapal Ferry. Saya pun mencari informasi mengenai kapal ini, beberapa artikel menyebutkan kapal ini merupakan Kapal Ferry terbesar di Indonesia.

fasilitas-kapal-port-link-3

Berdasarkan informasi dari web marrinetrafic dan vesselfinder, kapal ini dibuat pada tahun 1986 bertipe Ro-Ro/Passenger Ship. Terbilang tua ya, kapal ini mulai beroperasi menyeberangi selat sunda pada tahun 2014.  Fasilitas di dalam kapal cukup lengkap, terdapat dek tempat tidur dan dek kursi tempat duduk yang bisa digunakan secara gratis.

Pukul 20:35, klakson kapal berbunyi panjang yang menandakan kapal siap berlayar dan meninggalkan pelabuhan. Suara klakson atau suling kapal mempunyai kode tersendiri, klakson pendek 1 kali berarti kapal akan segera bersandar di dermaga, klakson pendek dua kali menandakan proses bongkar-muat penumpang dan barang sudah selesai.

Kapal berlayar selama dua jam, pada pukul 10.30 kapal bersandar di Pelabuhan Bakauheni. Kondisi ombak selama perjalanan lumayan tinggi. Cuaca memang tidak sedang baik-baik saja selama satu bulan terakhir.

Tol Trans Sumatera yang Memangkas Waktu Perjalanan

Sebelum adanya Tol Trans Sumatera, lama waktu tempuh dari Bakauheni Lampung ke Palembang selama 12 jam.  Sementara saya tiba di Pool Epa Star Palembang pada pukul 4.30 WIB. Jika dihitung waktu kotornya sekitar enam jam saja, memangkas setengah waktu perjalanan.

Jika dihitung waktu dari Terminal Kampung Rambutan hingga tiba di Kota Palembang, total waktu yang dibutuhkan sekitar 14 jam perjalanan. Bagaimana tertarik mencoba road trip dengan bus dari Jakarta ke Palembang? semoga blog post ini bermanfaat, salam.

pool-bus-epa-star-palembang

Pool Bus Epa Star Palembang. Alamat : KM.11 Jalan Sultan Mahmud Badaruddin 2 Alang-alang Lebar Palembang.