Taman Langsat, Taman Favorit Buat Baca Buku di Jakarta Selatan

by - 2/19/2024 10:20:00 PM

danau-di-taman-langsat

Kali ini saya akan membahas Taman Langsat di Jakarta Selatan. Sengaja saya ingin mengulas Taman Langsat ketika musim penghujan tiba. Karena ini momen yang tepat,  air danau dan kolam teratai di area taman terisi penuh. Taman ini sempat viral karena air danaunya surut dan rumputnya menguning ketika musim kemarau yang lalu.Taman Langsat, Salah satu taman favorit buat baca buku di Jakarta.

Lokasi taman langsat

jogging-track-taman-langsat

Bagi anak Jaksel pasti sudah familiar dengan taman langsat. Saya punya teman yang bekerja di bulungan, hampir tiap minggu ia mampir ke taman ini. Katanya sih taman ini merupakan tempat favoritnya kalau sedang gabut dan bosan ngopi di coffee shops hits di sekitaran kemang dan mampang. 

taman-ayodya
Taman Ayodya

Lokasi Taman Langsat berada di Jalan Barito, Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Titik kenalnya yaitu berada di belakang pasar burung barito, di sana ada ruko yang berjejer sepanjang jalan. Biasanya sih buat yang baru pertama kali ke taman langsat akan kebingungan membedakan lokasi taman Langsat dan taman Ayodya. Lokasinya memang berdekatan hanya dipisahkan oleh jalan saja. 

Sedikit membahas Taman Ayodya, taman ini biasa disebut juga dengan taman Barito karena berada di tengah jalan lingkar Barito, tidak begitu luas namun astetik dengan kolam ikannya. Saya sih lebih suka suasana di taman Langsat, karena lokasinya tertutup dan tidak begitu bising dengan suara kendaraan yang berlalu-lalang.

Jam Buka Taman Langsat

Masuk ke Taman Langsat gratis, tidak ada biaya sama sekali. Paling bayar parkir aja kalau kalian membawa motor. Taman Langsat dibuka jam 6.30 WIB dan tutup jam  18.00 WIB. Saya bertanya ke salah satu petugas, katanya sih ketika jam enam sore mereka akan menyisir kembali area taman untuk memastikan pengunjung sudah keluar. Area taman harus steril pada malam hari. Kalau mau jajan kalian bisa bergeser ke Taman Ayodya, di sana banyak pedagang kaki lima yang berjualan hingga malam hari.

Fasilitas Taman Langsat

fasilitas-taman-langsat

Taman Langsat mempunyai area yang luas, katanya sih sekitar 3,6 hektar. Salah satu ciri khas taman langsat adalah danau dan kolam teratainya. Suasana yang rindang dan teduh terasa karena banyak pepohonan. Banyak kursi yang disebar di area taman. Pengunjung juga bisa menggelar tikar dan alas di rerumputan hijau. 

Taman Langsat juga dilengkapi dengan toilet, jogging track, tempat permainan anak, dan tempat parkir yang luas. Kekurangannya sih, kali di area taman ini lumayan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Pesan saya buat gubernur  Jakarta selanjutnya, tolong banyakin taman yang nyaman seperti ini sebagai ruang ketiga publik. Revitaliasi taman yang dilakukan oleh para gubernur terdahulu harus konsisten dilanjutkan.

Taman Langsat menjadi salah satu taman favorit saya di Jakarta. Sayangnya lokasinya jauh dari tempat saya. 45 menitan dari Rawamangun. Nah pas banget nih , bridging yang menarik untuk bahasan selanjutnya. Main ke Taman paling pas kalau naik transportasi umum :)

Transportasi umum ke Taman Langsat

stasiun-mrt-blok-m

Ada tiga alternatif transportasi umum ke Taman Langsat yaitu KRL, Transjakarta, dan MRT. 

1. Kalau kalian naik KRL, stasiun terdekatnya yaitu Stasiun Kebayoran. Lalu bisa melanjutkan dengan ojek online atau transjakarta.

2. Kalau kalian naik Transjakarta bisa turun di Halte Mayestik atau Kejaksaan Agung. Setelah itu kalian bisa lanjut jalan kaki saja, tidak sampai satu kilometer.

3. Pilihan transportasi lain ke Taman Langsat yaitu dengan MRT. Kalian bisa turun di Stasiun Blok M BCA, lalu lanjut jalan kaki. Salah satu privilege pengguna transportasi umum itu selain hemat, turut mengurangi jejak karbon, bisa juga sekalian olahraga.

Parkir mobil dan motor di taman langsat

parkir-di-taman-langsat

Lalu bagaimana kalau naik kendaraan pribadi? Saya tidak menyarankan buat kalian yang ingin membawa mobil pribadi, karena bisa makan kantong parkir yang terbatas. Untuk yang membawa motor sih aman, karena bisa parkir di dekat pintu masuk taman. 

Spot Foto di Taman Langsat

angsa-di-taman-langsat

pohon-besar-di-taman-langsat

Ada banyak spot foto menarik di Taman Langsat, mungkin cocok buat kalian yang sedang mencari lokasi foto prewed dengan nuansa taman di Jakarta. Saya belum tau apakah boleh atau tidak foto pre wedding di sini, kayaknya sih boleh-boleh saja sih. 

Tumben-tumbenan saya main ke taman yang ada di Jaksel, biasanya kalau gak ke taman suropati, situlembang, ya ke lapangan banteng. Niat saya datang ke sini buat datang ke kegiatan rutin Jakarta Book Party. Tetapi malah keasyikan foto dan bikin outline. Kehadiran komunitas Jakarta Book Party menjadi warna baru bagi dunia literasi. Anggapan bahwa baca buku di ruang publik itu aneh sudah sepantasnya hilang di masyarakat.

Konten spesial "teman taman" selanjutnya kemungkinan akan membahas taman favorit saya untuk membaca buku. Sudah lama saya tidak mengisi blog ini dengan topik taman di Jakarta. Padahal topik taman lumayan mendulang trafik karena banyak pembaca yang mencari info tentang taman. Semoga bermanfaat. 

Btw kalian tau buah langsat? muasal nama taman ini. Lantas bedanya langsat dan duku apa? boleh dijawab di kolom komentar,

You May Also Like

2 komentar

  1. Langsat rasanya lebih asam, getahnya juga lebih banyak dari duku

    BalasHapus