Derawan Kepingan Surga di Kalimantan

by - 3/30/2020 03:03:00 PM

Kalimantan terkenal sebagai paru-paru dunia karena pohon-pohon tropis yang menjulang tinggi dan tumbuh lebat di dalamnya. Sungai-sungai besar meliuk-liuk di berbagai penjuru Kalimantan. Keanekaragaman flora dan fauna menjadi mahkota di hutan Kalimantan, bahkan mahkota Indonesia yang perlu dijaga kelestariannya.
labuan cermin
Selain itu, Pulau Kalimantan mempunyai pesona bahari yang menakjubkan. Terletak di Kalimantan Timur tepatnya di Kepulauan Derawan. Pesonanya tidak kalah eksotis dengan daerah lain yang terkenal di Indonesia seperti Bali, Raja Ampat, Labuan Bajo, ataupun Togean.

Menuju ke Kepulauan Derawan
Jika sobat ingin berkunjung ke Derawan, sobat bisa memesan tiket penerbangan dari Jakarta menuju Bandara Kalimarau di Berau atau bisa juga menuju Bandara Juwata di Tarakan. Sobat harus survei harga terlebih dahulu sebelum memesan tiket penerbangannya. Biasanya tiket penerbangan Jakarta-Tarakan lebih murah.

Saat itu penulis memesan tiket pergi dari Jakarta menuju Tarakan, lalu tiket pulang dari Berau menuju Jakarta. Jadi bisa merasakan kedua-duanya dan membandingkan lama perjalanannya. Penulis saat itu menggunakan tiket promo maskapai Sriwijaya Air. 

Jika sobat datang dari Bandara Juwata Tarakan, sobat melanjutkan perjalanan darat menuju Pelabuhan Tengkayu 1.  Lalu sobat melanjutkan perjalanan dengan speedboat ke Pulau Derawan selama kurang lebih tiga jam. 

Jika sobat datang dari Bandara Kalimarau Berau, sobat melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Tanjung Batu. Lalu lama perjalanan menuju Pulau Derawan dari Tanjung Batu kurang lebih satu jam dengan speedboat.  

Saat itu penulis menggunakan paket open trip salah satu agen perjalanan selama 4 hari 3 malam. Penasaran bagaimana keindahan Derawan? berikut catatan-catatan penulis ketika berkunjung pada 8 September 2018 yang lalu.

Berenang Bersama Hiu Paus di Perairan Talisayan
hiu paus perairan talisayan

Hiu Paus atau Whale Shark adalah salah satu ikan laut yang besar di dunia. Dapat dijumpai di beberapa wilayah Indonesia seperti di perairan Teluk Cenderawasih dan Gorontalo . Salah satu tempat lainnya yaitu di Perairan Talisayan Kepulauan Derawan.

Untuk melihat hiu paus, waktu yang tepat adalah Pukul lima hingga delapan waktu setempat. Hiu Paus pada jam tersebut biasanya berenang di sekitar bagan nelayan di Perairan Talisayan. Beruntung saat itu terdapat dua hiu paus yang sedang berenang di sekitar bagan. Belum tentu setiap hari hiu paus dapat dijumpai di sini, tergantung cuaca dan ombak. 

Meski bertubuh besar, hiu paus tidak berbahaya jika ingin berenang di dekatnya. Namun, hal tersebut dapat berbahaya jika sobat memegang bagian tubuh hiu paus, Sangat dilarang ! 

Berkunjung ke Pulau Manimbora a.k.a Pulau Spongebob
pulau manimbora
Julukan Pulau Spongebob disematkan ke pulau cantik ini karena bentuknya seperti pulau yang ada di bagian pembuka serial animasi spongebob. Pulau tersebut berada di tengah laut dan terdapat beberapa pohon kelapa yang tumbuh di dalam pulau kecil ini.

Jika air laut sedang surut, hamparan pasir putih akan terlihat memanjang indah di pulau yang tidak berpenghuni ini. Air laut di dekat pasirnya pun biru dan jernih. 

Labuan Cermin
danau labuan cermin
Kenapa dinamakan Labuan Cermin? karena danau ini mempunyai air jernih dan membuat sinar cahaya memantul. Akar-akar pohon yang berada di dalam air danau dapat terlihat dari atas dermaga danau. Pepohonan yang rimbun di sekitar danau membuat suasana teduh dan sejuk.

Cobalah untuk masuk ke dalam air untuk berenang dan menikmati kesegaran air danau yang dalamnya berkisar antara 4-5 meter ini. Jika sobat tidak pandai berenang, di sini disediakan sewa pelampung juga loh.

Pulau Maratua, Maldives-nya Indonesia
pulau maratua
Pulau Maratua mempunyai pasir putih dengan warna air laut yang berwarna biru dan jernih. Bahkan ikan-ikan yang sedang berenang terlihat dari atas dermaga. Di Pulau ini terdapat Resort dan Cottage yang disewakan, harganya cukup mahal.

Penulis hanya berkunjung beberapa jam saja di pulau eksotis ini. Saking indahnya pulau ini diberikan julukan "Maldivesnya Indonesia" loh.

Berenang Bersama Ubur-ubur di Pulau Kakaban
ubur ubur kakaban
Setiap tempat yang penulis kunjungi di Derawan sangat menarik. Penulis selalu takjub atas karunia tuhan yang dititipkan kepada Kepulauan ini. Hal yang paling menarik menurut penulis di Derawan adalah Pulau Kakaban. Tempat dimana dapat dijumpai banyaknya ubur-ubur yang tidak menyengat.

Ubur-ubur berjenis golden jellyfish ini tidak membahayakan loh, Namun harus tetap hati-hati ketika berenang bersama ubur-ubur ini, karena mereka ringkih dan mudah mati jika terkena benturan yang keras. Dilarang menggunakan kaki katak saat berenang, harus hati-hati sekali jangan sampai merusak mahkotanya kakaban ini.

Di dalam kawasan Pulau Kakaban juga terdapat Kehe Daing, sebuah laguna dengan air berwarna hijau toska.  Sebelum sampai ke laguna, penulis melewati lorong seperti gua dengan menerabas arus air yang tidak terlalu deras. Sebetulnya bisa lewat jalur darat atau berjalan kaki dari atas gua menuju laguna, namun sensasinya beda.

Pulau Sangalaki, Tempat Konservasi Penyu 
Pulau Sangalaki adalah tempat konservasi penyu-penyu untuk bertelur dan menetaskan tukik. Di Pulau ini juga terdapat pemandangan pantai dengan pasir putih yang lembut. Air lautnya juga biru berpadu dengan warna langit saat itu.  

Berenang Bersama Manta Ray
ikan pari manta di kepulauan derawan
Lokasi manta point berada di dekat Pulau Sangalaki, tempat ikan pari manta berenang dan beberapa kali menampakkan diri ke permukaan. Penulis pun mencoba untuk berenang ke dalam air laut, namun arus air laut yang kencang membuat penulis tidak bisa berlama-lama saat itu. 

Saat itu hanya terlihat beberapa ekor saja, kalau tidak salah perhitungan hanya sekitar tiga ekor saja yang terlihat. Info dari guide, ikan pari manta bisa lebih banyak dari itu.

Senja di Pulau Derawan
senja di derawan
Penulis menginap di salah satu water villa di Pulau Derawan. Harganya lebih murah dibanding resort di Pulau Maratua yang tadi dikunjungi. Di bawah air dekat villa terdapat beberapa ekor penyu yang sedang berenang pelan.

Setelah puas mengunjungi beberapa tempat di Kepulauan Derawan, penulis pun beristirahat di sini selama beberapa malam. Adapun aktivitas yang dapat dilakukan adalah menyimak senja di pelabuhan ataupun di dekat penginapan.
milky way
Malam harinya langit sedang cantik-cantiknya, ditaburi bintang-bintang. Lalu penulis diajari oleh teman memotret milky way yang saat itu dapat terlihat. mengagumkan.
   
 

You May Also Like

0 komentar