Satu Hari di Makassar

by - 3/31/2020 12:54:00 PM

tulisan city of makassar
Kota Makassar yang dulunya bernama ujung pandang merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan. Kota ini mempunyai beragam daya tarik, mulai dari wisata kuliner, sejarah, budaya, dan alam. Pada tulisan kali ini penulis akan mencoba merangkum tempat apa saja yang bisa dikunjungi jika sobat hanya mempunyai waktu yang singkat di Makassar.

Pantai Losari
pantai losari sore hari
Tempat ini pasti sudah banyak yang kenal, Pantai Losari merupakan salah satu ikon Kota Makassar. Tempat yang selalu ramai dikunjungi oleh warga Makassar dan wisatawan dari luar Makassar untuk bersantai terutama saat akhir pekan.
patung tokoh dunia di pantai losari
Keunikan Pantai Losari yaitu ada banyak spot-spot foto menarik, seperti tulisan Pantai Losari, tulisan City of Makassar, dan tulisan nama-nama suku di Sulawesi Selatan. Terdapat juga patung tokoh-tokoh dunia yang sedang menghadap ke arah laut, patung ketiga tokoh tersebut adalah Patung Nelson Mandela, Patung Mahatma Ghandi dan Patung Syekh Yusuf. 
sunset di pantai losari
Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Losari adalah sore hari, saat matahari akan terbenam. Dari pantai ini akan terlihat pemandangan senja yang sangat indah. Jika sobat berkunjung ke Makassar jangan lupa mampir ke Pantai Losari ya. 

Masjid Amirul Mukminin (Masjid Apung)
masjid apung makassar
Tidak jauh dari Pantai Losari, terdapat Masjid Amirul Mukminin yang dibangun di atas air laut yang dangkal. Hal itulah yang membuat masjid ini dijuluki masjid apung. Pada saat malam hari tiba, lampu-lampu yang berjejer di sekitar masjid akan menyala dan membuat refleksi indah di air laut. Masjid ini tidak begitu luas dan mempunyai bentuk bangunan yang unik.  

Masjid 99 Kubah
masjid 99 kubah makassar
Masjid 99 kubah menjadi ikon wisata terbaru di Kota Makassar. Bentuk kubahnya bertingkat-tingkat dan berwarna oranye yang cerah, membuat masjid ini terlihat cantik dan menakjubkan. Masjid ini terlihat jelas dari Pantai Losari, karena berseberangan dan dipisahkan oleh air laut.  

Jika sobat menyukai fotografi, cobalah memotret masjid ini dari Pantai Losari. Waktu terbaik adalah saat matahari akan tenggelam. Penulis belum pernah masuk ke dalam masjid ini karena saat itu belum selesai pembangunannya, hanya melihat dari Pantai Losari saja.

Benteng Rotterdam  
benteng rotterdam makassar
Salah satu wisata bersejarah di Kota Makassar adalah Benteng Rotterdam. Dibangun pada abad ke 15 oleh Raja Gowa ke-9, benteng ini menjadi saksi perjuangan warga Makassar mengusir Belanda. Halaman benteng ini sangat luas, dihiasi taman-taman yang rapi dan terawat.
halaman benteng rotterdam
Terdapat Museum yang menyimpan benda-benda bersejarah di dalam benteng ini. Terdapat juga miniatur kapal Phinisi yang berada di salah satu sudut museum. Jarak benteng Rotterdam hanya 1 km saja dari Pantai Losari.

Taman Nasional Bantimurung
air terjun bantimurung
Jika tempat-tempat yang penulis ulas sebelumnya berada di tengah Kota Makassar dan saling berdekatan satu sama lain. Nah, Taman Nasional Bantimurung lokasinya agak jauh dari tengah kota. Taman ini berada di wilayah Kabupaten Maros. Waktu tempuhnya satu jam dengan kendaraan bermotor dari Kota Makassar.

Ada banyak tempat menarik di kawasan Bantimurung, seperti tempat penangkaran kupu-kupu dan air terjun. Tempat ini bahkan dijuluki kerajaan kupu-kupu loh, mudah sekali menemukan kupu-kupu di kawasan ini. Tetap jaga kelestariannya ya sob.

Wisata Kuliner di Makassar
Sesuatu yang unik di tulisan kali ini, setelah pada tulisan sebelumnya penulis tidak pernah membahas makanan atau kuliner, maka pada tulisan ini penulis akan merekomendasikan makanan-makanan yang wajib dicoba di Makassar. 

Makassar adalah kota yang mempunyai daya tarik wisata kuliner yang terkenal kelezatannya. Berikut makanan-makanan khas Makassar yang pernah penulis coba :
1. Cobalah menikmati Coto Makassar, lokasi favorit penulis adalah warung coto yang terletak di Jalan Gagak No 27, Makassar. 
2. Sop Konro Karebosi di Jalan Gunung Lampobattang No 41-43, Pisang Utara, Makassar
3. Pallubasa di Jalan Onta Lama, Mandala, Kec. Mamajang, Makassar 
4. Pisang Epe di Pantai Losari Makassar

You May Also Like

0 komentar