Pesona Curup Maung dan Curup Buluh Tujuh Tingkat di Kabupaten Lahat

by - 3/15/2020 04:23:00 PM


Kabupaten Lahat merupakan salah satu kabupaten yang termasuk dalam wilayah administratif Provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten ini mempunyai Bukit Serelo yang ikonik. Bukit yang juga dikenal dengan sebutan Bukit Jempol karena Bentuknya menyerupai jempol tangan manusia. Kabupaten lahat berjarak sekitar 250 km dari pusat kota Palembang, dengan waktu tempuh sekitar 6 jam perjalanan jika berkendara dengan mobil.
bukit jempol lahat

Selain Bukit Jempol, Kabupaten Lahat juga mempunyai pesona alam lain yang indah yaitu terdapat banyak air terjun. Dua di antaranya adalah Curup Maung dan Curup Buluh yang sama-sama terletak di Kecamatan Gumay Ulu.

Curup Maung yang indah

curup maung lahat

Curup maung terletak di Desa Padang Muaro Duo, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat. Curup Maung dapat ditempuh selama satu jam perjalanan dari kota pagaralam atau dari kota lahat dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Setelah tiba di parkiran, Sobat dapat melanjutkan perjalanan menuju lokasi air terjun dengan berjalan kaki selama 15-20 menit dengan menuruni trek bukit. Sobat harus hati-hati jika berkunjung saat musim hujan karena jalan setapak menjadi sangat licin

Sepanjang berjalan kaki, sobat akan melewati kebun kopi milik warga. meskipun jarak cukup jauh dan melelahkan, yakinlah perjuangan sobat akan terbayar tuntas ketika melihat pemandangan curup yang sangat indah.

Curup Maung memiliki lebar yang Panjang dan dihiasi tumbuhan lumut hijau. Penulis Tidak menyarankan Sobat untuk mandi di bawah curup karena debit air yang cukup deras. Cukup memandanginya saja sudah membuat nyaman dan menyenangkan, ditambah jika ditemani secangkir kopi hangat dan gorengan pisang.

Curup Buluh Tujuh Tingkat

curup buluh tujuh tingkat lahat
 
Tidak jauh lokasinya dari Curup Maung, Curup Buluh terletak di Desa Lubuk Selo, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat. Buluh dalam Bahasa Lahat artinya bambu, dinamakan Curup Buluh karena di sekitar air terjun terdapat banyak pohon bambu. Untuk mencapai lokasi curup ini, sobat juga harus menuruni trek bukit. Sepanjang berjalan kaki sobat akan melewati kebun kopi milik warga.

Bentuknya yang memiliki Undakan undakan batu membuat curup ini juga dinamai curup tujuh tingkat. Di dekat air terjun sudah disediakan tempat bilas dan berganti pakaian, sobat diperbolehkan mandi di curup ini.

Pilihan transportasi menuju Kabupaten Lahat

1. Empat Bandara terdekat di Kabupaten lahat

Kabupaten Lahat diapit oleh 4 bandara yaitu Bandara SMB II di Kota Palembang, Bandara Atung Bungsu di Pagar Alam, Bandara Silampari di kota Lubuk Linggau, dan Bandara Fatmawati di Bengkulu. Pada tulisan ini, penulis akan menjelaskan cara menuju Kabupaten Lahat jika sobat berangkat dari Kota Palembang.

2. Menggunakan Kereta Api dari Stasiun Kertapati Palembang

Sobat bisa menggunakan kereta api yang dapat dipesan melalui aplikasi tiket kai, tiket.com, traveloka. adapun jadwal kereta api dari Stasiun Kertapati di Kota Palembang menuju Stasiun Lahat yaitu Jam 9.30 WIB dengan nama kereta bukit serelo dan Jam 20.00 WIB dengan nama kereta sindang marga.

3. Menggunakan jasa travel

Jika ingin lebih fleksibel pilihan waktu berangkatnya, Sobat bisa menggunakan beberapa pilihan biro travel yang melayani perjalanan dari Palembang menuju kota lahat. Salah satunya adalah Lahat Wisata. Biro travel ini sudah lama beroperasi, jadwal perjalanannya pun banyak pilihan jamnya. Sobat bisa memilih untuk berangkat pada pukul 8.00 dan jam 10.00, lalu jam 12.00, 15.00, jam 17.00, ataupun jam 19.00.

You May Also Like

0 komentar