Destinasi yang Wajib Dikunjungi di Pulau Bangka

by - 3/15/2020 04:42:00 PM

Pulau Bangka mungkin tidak sepopuler Pulau Belitung yang terkenal dengan Laskar Pelanginya. Penulis pernah bercerita tentang Pulau Bangka kepada teman-teman terdekat, lucunya masih ada yang beranggapan Bangka Belitung itu hanya satu pulau saja, padahal dua pulau yang berbeda. 
 
Meskipun Pulau Belitung mempunyai wisata alam yang lebih menarik,  Pulau Bangka juga mempunyai daya tarik tersendiri yang tidak kalah indahnya. Misalnya saja danau Kaolin Koba yang berwarna biru terang yang nan indah, danau yang terbentuk karena bekas pertambangan yang sudah tidak beroperasi lagi.

Pesawat Sriwijaya Air yang membawa Penulis mendarat dengan halus  di Bandara Depati Amir Pangkal Pinang pada Sabtu pagi. Cuaca saat itu cerah membiru dengan balutan mega-mega tipis di langit. Setibanya di pintu keberangkatan, Penulis telah di jemput oleh kakak penulis dengan sepeda motor. 
 
Kami menuju pusat kota terlebih dahulu, melihat taman kota, museum timah, suasana pasar, dan kantor gubernur di Kota Pangkal Pinang. Kantor Gubernur? ya betul, karena Provinsi Bangka Belitung pemerintahannya berpusat di Kota Pangkal Pinang.

"Kita ke Danau Kaolin dulu" ujar kakak, Penulis pun mengangguk setuju. Kali ini penulis tidak perlu repot menyusun itinerary, karena Kakak sudah paham betul tempat-tempat wisata yang wajib didatangi di Pulau Bangka. Berikut ulasannya :

Danau Kaolin Koba

danau kaolin koba pulau bangka
danau kaolin koba di pulau bangka
Destinasi pertama yang didatangi adalah Danau Kaolin, lokasinya cukup jauh dari rumah kakak yang berada di Sungai Liat. Danau Kaolin terletak di Koba, Bangka Tengah. Waktu tempuhnya sekitar satu jam dari bandara. Pulau Bangka dan Pulau Belitung mempunyai sumber daya alam timah yang melimpah, bahkan sektor pertambangan timah menyumbang sumber pendapatan yang cukup tinggi dibandingkan dengan sektor lain seperti perkebunan dan pariwisata. 

Bekas pertambangan timah di Pulau Bangka banyak ditemukan, bahkan dapat terlihat dari jalan raya. Danau Kaolin di Koba juga terbentuk karena bekas areal tambang timah. Nama lain dari danau ini adalah Aik Biru dalam bahasa daerah setempat yang berarti danau air biru. Terdapat juga Danau yang berwarna hijau, persis bersebelahan hanya dipisahkan oleh gundukan tanah.
 
Tanah yang ada di sekitar danau yang berwarna putih membuat danau ini semakin indah. Namun harus tetap hati-hati saat berjalan melewati tanah di pinggir-pinggir danau karena rawan longsor. Satu lagi yang harus diketahui, terdapat tanda larangan untuk berenang di danau ini, karena dikhawatirkan struktur dasar danau yang berlumpur dan kandungan air yang dianggap membahayakan.
 
Bukit Fathin San, Sungai Liat

  
bukit fathin san sungai liat bangkaDestinasi selanjutnya adalah Bukit Fathin San, salah satu destinasi wisata religi yang terletak di Sungai Liat. Bukit fathin San merupakan tempat beribadah umat budha yang terletak di atas bukit. Jalan menuju lokasi ini menanjak, melewati hutan dan kebun milik warga. 
 
Setibanya di parkiran, Penulis meniti anak tangga hingga menuju puncak bukit. Pemandangan yang disajikan dibukit ini mengagumkan. Terdapat Patung Budha  yang berukuran besar dan dari sana terlihat pemandangan air laut lepas di kejauhan.

Di Bukit Fathin San juga terdapat sebuah Patung Dewi Kwan Im yang dikelilingi pepohonan rimbun. Larik cahaya menyembul di celah-celah pohon, angin sepoi-sepoi membuat suasana menjadi sejuk. Jika datang ke bukit ini disarankan membawa bekal air minum, lumayan capek jajakin anak tangganya hehe.

Pantai Tikus Emas

pantai tikus emas bangka
Selanjutnya adalah main ke pantai, keunikan pantai-pantai di Bangka Belitung adalah banyaknya batu granit yang tersebar di dekat pantai. Pantai Tikus Emas salah satunya, berlokasi di Sungai Liat. Keindahan pantai tikus emas membuat penulis betah berlama-lama duduk dan mengobrol dengan kakak di sini. Warna air laut dan langit berpadu membentuk sebuah gradasi yang menawan siang itu. Batu-batu besar menjadi penghias yang sempurna.
kuil di pantai tikus emas bangka

Terdapat kuil besar yang berada di dekat pantai tikus. Kuil tersebut bernama Puri Tri Agung yang menjadi tempat beribadah umat buddha dan konghucu.

Pantai Parai Tenggiri

Pantai cantik ini terletak di sungai liat, Pulau Bangka. sama seperti pantai tikus emas yang mempunyai batu-batu granit besar. pasir putih dan pohon kelapanya menambah kecantikan pantai ini. Pengunjung dapat berenang dan bermain air karena ombak relatif tenang. batu-batu granit yang besar juga dapat dinaiki dan diduduki.

Bangka Botanical Garden

bangka botanical garden
Bangka Botanical Garden adalah taman agrowisata yang menarik untuk dikunjungi jika sobat berkunjung ke pulau bangka. Suasana yang damai dan sejuknya nuansa pepohonan menjadi alasan destinasi ini menjadi favorit keluarga di saat musim libur tiba.
Sobat bisa berkunjung ke perternakan sapi dan bisa juga membeli susu sapi segar. Selain itu, ada banyak tumbuhan pertanian yang tumbuh subur di sini.

Jembatan Emas

jembatan emas bangka
Jembatan Emas merupakan salah satu ikon terbaru Pulau Bangka yang mempunyai teknologi buka tutup. saat penulis datang ke sini, jalan jembatan sedang menganga ke atas. Penulis kira karena pertanda kapal besar akan melewati jembatan, rupanya memang dibiarkan menganga. jika sedang berada di pulau bangka, jangan lewatkan untuk melihat jembatan ini ya sob.

You May Also Like

0 komentar