Wisata Sejarah dan Wisata Alam Kota Bengkulu

by - 3/18/2020 09:14:00 AM

Mengenai Kota Bengkulu, sudah tidak asing lagi bagi penulis. Pernah beberapa kali berkunjung ke sana seperti saat Study Tour saat SMP, lalu pernah mengikuti perlombaan saat SMA yang saat itu hasilnya memuaskan , dan pernah diterima di Univeristas Bengkulu meski tidak jadi diambil.
 
Berkesempatan mengunjunginya kembali adalah refleksi memori indah itu semua. Dijemput oleh salah satu teman di Bandara Fatmawati pada sabtu pagi, penulis antusias sekali memperhatikan tiap sudut-sudut kota.
 
Penulis singgah dulu untuk makan siang di sebuah warung makan, setelah itu barulah Penulis memulai perjalanan mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Bumi Rafflesia. Motor pun membelah jalanan yang terlihat basah karena bekas air hujan.

Benteng Marlborough, buatan Inggris terbesar di Asia Tenggara
benteng marlborough bengkulu
Tempat ini wajib sobat kunjungi ketika sedang liburan di Bengkulu. Bangunan pertahanan bersejarah ini merupakan peninggalan Inggirs yang dbangun pada tahun 1714-1719. Dulunya benteng ini juga dijadikan sebagai kantor dan penjara. 
 
Jika sobat mempunyai kamera Drone dan menerbangkannya ke atas benteng, maka bentuknya terlihat seperti kura-kura. Setiap sudutnya terdapat meriam yang tidak berfungsi lagi. Sobat bisa melihat laut Samudera Hindia di salah satu sisi benteng.
benteng marlborough di bengkulu

Luasnya sekitar 44.000 meter persegi, dindingnya memiliki ketebalan hingga tiga meter, dan tingginya hingga 8,5 meter. Amazing !. Ketika berjalan ke pintu masuk benteng, sobat akan melewati jembatan kayu. 

Di dalam kawasan benteng terdapat beberapa bekas ruang penjara dan meriam. Lalu terdapat ruangan layaknya museum yang memuat informasi tentang sejarah penguasaan Inggris di Bengkulu. Terdapat patung Thomas Stamford Raffles juga di museum.

Rumah Pengasingan Bung Karno

rumah pengasingan bung karno di bengkulu

Tahun 1938-1942, bapak proklamator kemerdekaan Indonesia yaitu Ir. Soekarno sempat diasingkan di Bengkulu. Meski sudah pernah beberapa kali ke Bengkulu, baru kali ini Penulis datang berkunjung ke tempat ini.

Halaman rumah cukup luas dengan taman bunga yang rapi. Di dalam rumah ini terdapat kamar tidur dengan ranjang besi, ruang tamu, sepeda ontel, dan terdapat juga foto-foto Bung Karno. Jika sobat tertarik membaca biografi dan kisah beliau, silahkan membaca buku "Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat" karya Cindy Adams. 
Cobalah untuk mengunjungi rumah kediaman Ibu Fatmawati Soekarno yang letaknya tidak jauh dari sini.  Rumah berpentuk panggung dengan ukiran khas melayu.

Pantai Sungai Suci

pantang sungai suci bengkulu

Untuk menuju Pantai Sungai Suci, penulis menempuh waktu selama 30 menit berkendara motor. Hal yang paling menarik adalah terdapat pulau kecil yang dihubungkan dengan jembatan gantung gandeng atau kembar. Instagramable buat yang doyan foto ala-ala di sini. Disediakan juga tempat duduk untuk bersantai. 

Pantai Panjang

sunset pantai panjang bengkulu

Pantai Panjang adalah lokasi favorit di Bengkulu dalam mengisi aktivitas di akhir pekan. Tempat terbaik menyaksikan matahari terbenam di Bengkulu. Pengunjungnya selalu ramai, ada yang hanya sekedar duduk-duduk santai, ada yang bermain voli pantai, ada yang melakukan jogging, dan lain-lain.
Ombak di pantai panjang tidak terlalu tinggi dengan pasir yang luas, sangat cocok untuk tempat rekreasi. Ada satu hal yang membuat penulis sedikit kecewa ketika berada di Pantai Panjang, sampahnya ! bagi sobat yang berkunjung ke sini diharapkan tetap selalu menjaga kebersihan pantai ya. 

Danau Dendam Tak Sudah 

danau dendam tak sudah bengkulu

Nama danaunya cukup serius ya, apa sebegitu bencinya sehingga dendamnya tidak sudah-sudah? Ada banyak cerita maupun legenda mengapa nama danaunya seperti ini. salah satunya adalah cerita pemerintah Belanda yang dulunya ingin membangun bendungan namun terbengkalai dan tidak selesai. Dalam Bahasa Belanda bendungan berarti Dam, sehingga danau ini dinamai "Dam Tak Sudah". Lama kelamaan entah bagaimana berganti menjadi "Danau Dendam Tak Sudah".
 
Tempat-tempat yang penulis ulas di atas bisa sobat kunjungi saat berlibur di akhir pekan di kota bengkulu. Jika Sobat mempunyai waktu yang cukup lama, sobat dapat berkunjung melihat bunga Rafflesia di Hutan Cagar Alam Taba Penanjung. Namun tidak setiap hari mekar, untuk mempermudah mendapatkan informasi sobat bisa follow akun instagram komunitas peduli puspa langka @kpplbengkulu. Pada akun tersebut terdapat informasi di mana saja Bunga Rafflesia mekar.

You May Also Like

2 komentar

  1. Mantap saudaraku lanjutkan.
    harapan nya semoga hobby bisa berujung suatu karya yg bisa dijual

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya tidak muncul... Terima kasih kakak/ayuk sudah berkunjung :) terima kasih jg sudah mendoakan.

      Hapus