Catatan Perjalanan Keliling Nusa Penida Selama Satu Hari

by - 4/02/2020 01:02:00 PM

pantai kelingking
Melanjutkan catatan sebelumnya mengenai sunrise di Pantai Sanur (Menyimak Mathari Terbit di Pantai Sanur Bali), Kali ini penulis melanjutkan perjalanan menuju Pulau Nusa Penida yang berada di sebelah tenggara Pulau Bali.

Cara Menuju Pulau Nusa Penida
Penulis menggunakan kapal cepat dari dermaga di dekat Pantai Sanur, lokasinya terletak di Jalan Sanur Beach Street Walk. Jika sobat kebingungan mencari lokasinya silahkan coba buka google maps dan ketikkan "sop ikan mak beng sanur", jarak dermaga kapal cepatnya tidak jauh dari tempat makan itu.

Jika sobat membawa kendaraan motor atau mobil, silahkan titipkan dulu ke tempat parkir yang telah disediakan di dekat Pantai Sanur. Karena kapal tidak bisa mengangkut kendaraan sobat. Tempat parkirnya aman kok.

Ada banyak penyedia jasa kapal cepat di Pelabuhan Kapal Cepat Pantai Sanur, seperti El Rey Junior, Sri Rejeki, The Tanis,  Maruti, dll. Harganya relatif sama dan lokasi loket kapal cepatnya berjejer di dekat dermaga. Di depan masing-masing loket tersedia jadwal keberangkatannya juga, baik dari Sanur maupun dari Nusa Penida.

Penulis saat itu menggunakan kapal cepat El Rey Junior, langsung memesan tiket PP. Penulis memesan jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Sanur pukul 08.00 WITA, lalu jadwal kepulangan dari Nusa Penidanya pada pukul 17.00 WITA di hari yang sama. Lama perjalanan menuju ke Pulau Nusa Penida dengan kapal cepat sekitar satu jam

Bertemu Dengan Empat Orang Baik 
Penulis hanya datang sendiri di Bali, solo traveling. Ada beberapa alasan mengapa penulis menyukai berperjalanan sendiri, meskipun belum terlalu berani dan hanya memilah daerah-daerah yang relatif ramah bagi wisatawan. 
Ketika perjalanan ke Nusa Penida ini, penulis mengenal empat teman baru di Dermaga Sanur. Dua orang Laki-laki dan dua orang perempuan yang berasal dari Surabaya. Sebuah kebahagiaan mengenal kalian rek !

Setelah mengobrol selama di kapal cepat, mereka menawarkan untuk mengelilingi Nusa Penida bersama-sama, menemani penulis yang sendirian hahaha. Ketika sampai kami pun mengontak sewa motor yang sudah dipesan. 

Sewa Motor dan Kondisi Jalan
Ketika keluar dari kapal, ada banyak bapak-bapak penyedia jasa rental motor yang menawarkan motor mereka. Harga sewa motor di Pulau Nusa Penida adalah Rp.75.000/hari saat itu. Penulis menyewa motor merk Honda Vario. Ritual yang harus diperhatikan sebelum mengendarai motor sewaan adalah mengecek kondisi fisik motor.

Jalanan di Pulau Nusa Penida banyak ditemui lubang saat itu. Sobat Harus hati-hati dalam mengendarai motor, karena rawan oleng jika tidak fokus ! Saat itu sinyal Internet di pulau ini GSM (geser sedikit mati), jadi saat menggunakan GPS pada google maps agak kesusahan. Tetapi sobat bisa memanfaatkan petunjuk jalan yang ada di persimpangan-persimpangan jalan. Jika ragu jangan segan bertanya. Penduduk di Pulau Nusa Penida baik-baik kok.

Pantai Kelingking

kelingking beach nusa penida

Pantai unik ini sangat populer beberapa tahun belakangan ini. Ciri khasnya adalah terdapat satu buah tebing yang menjorok ke laut dan berbentuk seperti jari kelingking. Kalau dilihat-lihat bentuknya juga mirip dinosaurus ya. Ombak air laut yang pecah menghantam tebing menambah keelokan pantai ini.   

Saat itu pantai ini sedang ramai pengunjung, bahkan untuk berjalan meniti tangganya harus antri. Karena waktu penulis di Pulau Nusa Penida tidak banyak, penulis pun tidak jadi berjalan menuju ke bawah. Hanya foto dari atas saja, itupun harus sabar menunggu jalan kosong agar foto tidak bocor.

Angel's Billabong
angels billabong nusa penida
Penulis melanjutkan perjalanan menuju Angel's Billabong dan Broken Beach. Lokasinya yang berdekatan membuat penulis berjalan kaki setelah memarkirkan sepeda motor. Matahari sedang terik-teriknya saat itu, membuat keringat perlahan keluar dari badan.  Tetapi tidak mengurangi semangat penulis menuju kedua tempat cantik ini.

Angel's Billabong adalah kolam renang alami yang terletak diantara dua sisi batuan karang. Jika ingin berenang di sini harus memperhatikan cuaca dan ombak ya sob. Karena jika ombak sedang tinggi bisa menyapu kolam ini dan pengunjung tidak diperbolehkan untuk turun ke bawah. 

Warna airnya sangat menarik, berwarna hijau. Saat itu penulis tidak turun ke bawah dan hanya menyaksikan keindahan kolam ini dari atas saja.

Broken Beach (Pasih Uug)
broken beach nusa penida

Lokasinya hanya sekitar 100 meter dari Angel's Billabong, penulis melewati jalan yang sudah dibuat rapi dan disemen. Di sinilah penulis harus berpisah dengan keempat teman penulis, karena mereka harus kembali ke Dermaga untuk menyeberang kembali.

Kenapa disebut broken beach? Karena terdapat lubang seperti goa yang berada di tengah tebing. Lubang ini terbentuk karena abrasi akibat ombak air laut. Sobat bisa melewati jalan yang berada di atas lubang ini loh. Pantai ini juga dikenal dengan Pasih Uug oleh warga setempat.

Crystal Bay Nusa Penida
crystal bay nusa penida

Ini adalah tempat terakhir yang penulis sambangi di Pulau Nusa Penida. saat itu jarum jam sudah menunjukkan sekitar pukul tiga sore. Sebetulnya masih ada satu tempat lagi yang tertera di itinerary yaitu Pantai Atuh, tetapi karena waktu yang sepertinya tidak memungkinkan membuat penulis mengurungkan niat.

Penulis akhirnya memutuskan ke Crystal Bay saja, sebuah pantai yang menyajikan view air laut yang biru nan indah. Sobat dapat berenang dan snorkeling di sini. Saat itu penulis malas berganti pakaian. Jadinya hanya duduk-duduk saja di atas pasir pantai saja.

Pukul empat sore penulis bersiap kembali ke dermaga untuk menyeberang ke Pulau Bali.
 

You May Also Like

0 komentar