Hunting Foto Sunset Pantai Marunda

by - 6/04/2022 11:31:00 AM

 

sunset pantai marunda

Pada sebuah kesempatan, saya menguatkan niat berkeliling di Kawasan Utara Jakarta untuk pertama kali. Tujuannya selain untuk hunting foto aktivitas sekitar pelabuhan, saya ingin mencari spot foto sunset dengan view laut. Pantai Ancol sih sudah terlalu mainstream, apalagi ditambah biaya masuk sebesar Rp 25.000 yang menurut saya mahal. Jadilah saya melipir ke Pantai Marunda yang berada di sudut Ibu Kota. Pemandangan sunset di Pantai Marunda tak kalah ciamik, terkesan lebih natural dibandingkan dengan pantai Ancol.  Sederhana tanpa polesan apapun. 

Pantai merupakan tempat terbaik untuk menikmati keindahan senja. Matahari yang perlahan turun ke Cakrawala membuat anggun warna langit yang keemasan. Jakarta bias dengan istilah kota metropolitan, gedung-gedung pencakar langit yang saban tahun bertambah banyaknya. 

Meski begitu warga Ibu Kota masih bisa menikmati suasana matahari terbenam di tepi pantai, jangan lupakan lokasi geografis ibu kota yang berada di dekat laut. Untuk menggaungkan destinasi pesisir,  Pemkot Jakarta Utara memiliki program wisata dengan tema 12 destinasi wisata pesisir. 

12 destinasi wisata pesisir jakarta

Adapun 12 destinasi pesisir Jakarta Utara yaitu :

1. Taman Suaka Margasatwa Muara Angke

2. Sentra perikanan Muara Angke

3. Kawasan Sunda Kelapa

4. Kampung Luar Batang

5. Sentra Belanja Mangga Dua

6. Taman Impian Jaya Ancol

7. Bahtera Jaya Ancol

8. Stasiun Tanjung Priok

9. Jakarta Islamic Center

10. Kampung Tugu

11. Kampung Marunda

12. Sentra Belanja Kelapa Gading

Program destinasi pesisir ini sudah lama dijalankan, beberapa destinasi sudah populer seperti Pelabuhan Sunda Kelapa, Muara Angke, dan Ancol. Saya mengajak sobat melihat kawasan lain melalui tulisan ini, yaitu kawasan Marunda. Setidaknya ada tiga objek wisata menarik di sana, yaitu Masjid Al Alam, Rumah Si Pitung, dan Pantai Marunda tentunya.

Cara ke Pantai Marunda

masjid al alam marunda

Saya menggunakan sepeda motor untuk menuju Pantai Marunda. Untuk setting GPSnya saya sengaja mengarahkan ke Masjid Al Alam karena lokasinya lebih jelas di google maps.  Masjid Al Alam merupakan salah satu masjid tertua di Jakarta, termasuk ke dalam cagar budaya DKI Jakarta. Ketika mendekati titik lokasi, saya melihat pohon-pohon manggrove yang identik dengan kawasan pesisir.

Sebelum ke Pantai Marunda, saya berkunjung ke rumah Si Pitung dan Masjid Al Alam terlbih dahulu. Barulah sekitar jam empat sore saya beranjak ke Pantai Marunda. Untuk parkir motor dapat diletakkan di dalam halaman masjid, karena lokasi Pantai Marunda sangat berdekatan dengan Masjid Al Alam. 

penunjuk arah pantai marunda

Pengunjung bisa keluar lewat gerbang kecil di samping masjid. Terdapat penunjuk arah yang mengarah ke Pantai Marunda yang terpampang jelas. Saya pun menelusurinya, dan benar saja pemandangan laut sudah terlihat setelah seratus meter saya berjalan kaki. 

anak-anak di pantai marunda

Saya melihat riuh riang anak-anak yang sedang berenang di laut. Melompat dari tangga bambu yang menjorok ke laut. Anak-anak tersebut meneriaki saya yang sedang fokus memotret sekitaran pantai. "Bang, fotoin kami dong" ujar salah satu anak. Nampaknya kamera yang saya pegang mencuri perhatian mereka. 

foto sunset pantai marunda

Matahari perlahan tumbang, menimbulkan warna keemasan di sebelah barat. Kapal-kapal tongkang terlihat di kejauhan, yang menandakan kawasan ini berada di dekat pelabuhan besar. Saya duduk di tanggul-tanggul yang terbuat dari batu-batu besar, sambil menikmati sunset dan suara pecahan ombak yang menenangkan.

Lokasi Pantai Marunda sepertinya sulit di akses dengan transportasi publik. Bisa sih sebenarnya, tapi harus berganti-ganti angkot yang tujuannya ke Rusunawa Marunda. Paling flesibel dan saya sarankan pakai kendaraan pribadi saja, namun hati-hati karena jalanannya ramai oleh truk tronton pembawa peti kemas.

You May Also Like

0 komentar