One Day Trip Berwisata Keliling Jakarta dengan Bus Tingkat

by - 4/27/2023 03:21:00 PM

bus-tingkat-jakarta

"Bro, saya lagi di Jakarta nih tapi bentaran doang, cuman sehari saja karena nunggu jadwal transit pesawat besok pagi. Kira-kira wisata ke mana ya enaknya?" Well, jika kamu mendapatkan pertanyaan itu mungkin akan kebingungan dalam memberikan saran. Jakarta tentu punya banyak tempat menarik untuk didatangi, namun jika hanya dalam waktu yang singkat (satu hari) kira-kira bisa ke mana saja ya?. 

Jika temanmu hendak berbelanja mungkin bisa ke mall-mall besar seperti Grand Indonesia, Central Park, Kokas, atau pusat grosir Tanah Abang dll. Kalau temanmu suka berkunjung ke tempat-tempat bersejarah, maka rekomendasi yang paling pas yaitu kawasan Kota Tua / Batavia.  Andaikata temanmu ingin melihat lanskap gedung pencakar langit mungkin bisa diajak ke kawasan Sudirman / SCBD. 

Lalu bagaimana jika temanmu hanya ingin berkeliling saja, sekedar melihat suasana dan lanskap ibu kota. Kalau begitu saya punya cara agar pengalaman explore Jakarta dalam sehari bisa berkesan dan bisa menjangkau semua tempat ikonik di Jakarta. Caranya adalah menggunakan bus tingkat Trans Jakarta yang memiliki tagar #JakartaExplorer. 

Rute Bus Tingkat Jakarta

halte-bus-city-tour-jakarta

Bus ini memiliki tujuh rute wisata dengan tema yang berbeda, mulai dari sejarah, kuliner, hingga rute gedung pencakar langit. Tiap bus mempunyai kode BW1  s.d. BW7 yang dapat dilihat di running text bagian depan bus. Saya akan membagikan update rute dan jam operasional bus tingkat Jakarta beserta halte-halte yang akan disinggahi, jadi terus gulir sampai ke bawah ya untuk info lebih lanjut. 

Kalian bisa naik melalui halte bus manapun yang mempunyai plang / papan "city tour". Penting untuk diketahui halte bus tingkat wisata berbeda dengan halte Trans Jakarta pada umumnya. Bus tingkat wisata juga tidak akan masuk ke jalur busway khusus Trans Jakarta, melainkan bus ini akan lewat jalur umum seperti kendaraan pribadi lain. Jika bingung mau naik dari halte mana, saya sarankan kalian naik dari Halte IRTI Monas saja karena dari sana bisa naik semua rute BW1 hingga BW7. 

halte-irti-monas-untuk-naik-bus-tingkat

1. BW1 - Rute Sejarah Jakarta (History of Jakarta)

Rute ini akan melalui tempat-tempat bersejarah di Jakarta. Halte BW1 yaitu : IRTI Monas, Balai Kota, Museum Nasional, Gedung Arsip, Museum Bank Indonesia (kawasan Kota Tua / Batavia), Museum BNI 46, Masjid Jami Kebon Jeruk, Pasar Baru, Halte Juanda, Masjid Istiqlal, Monas 2.

Jam operasional : Senin s.d. Sabtu jam 10.00-18.00 WIB, dan Minggu jam 09.00-19.00 WIB

2. BW2 - Rute Jakarta Baru (Jakarta Modern)

Rute ini akan melalui halte IRTI Monas, Balai Kota, Sarinah, Plaza Indonesia, Menara Topas, Museum Nasional, Pecenongan, Pasar Baru, Juanda/Istiqlal, Monas 1, Monas 2.

Jam operasional : Senin s.d. Sabtu jam 10.00-18.00 WIB, dan Minggu jam 12.00-19.00 WIB

3. BW3 - Rute Kesenian dan Kuliner (Art and Culinary)

Rute ini akan melalui halte IRTI Monas, Balai Kota, Museum Nasional, Gedung Arsip, Museum Bank Indonesia, Museum BNI 46, Masjid Jami Kebun Jeruk, Pasar Baru, Juanda / Istiqlal, Monas 2.

Jam Operasional : Sabtu 10.00 s.d. 23.00 WIB

4. BW4 - Rute Pencakar Langit (Jakarta Skyscrapers)

Rute BW4 atau bus wisata rute pencakar langit akan melalui halte IRTI Monas, Balai Kota 1, Thamrin 10, Sarinah 1, Wisma Nusantara, Tosari 1, Dukuh Atas 3, Karet Sudirman 1, GBK 1, Bundaran Senayan 2, FX Sudirman , GBK 2, Aquatic Stadium, Istora, GBK Pintu 7, Tosari 2, Plaza Indonesia, Sarniah 2, Museum Nasional, Pencenongan, Pasar Baru/GKJ, Juanda Istiqlal, Monas 1, Monas 3.

Jam operasional : Senin s.d. Jumat 06.00 s.d. 17.00 WIB, Sabtu 10.00-17.00 WIB, dan Minggu 12.00-19.00 WIB

5. BW5 - Rute Ruang Terbuka (Jakarta Open Space)

Rute BW5 atau rute ruang terbuka akan melalui halte IRTI Monas, Balai Kota, Sarinah, Tosari, RPTRA Kali Jodo, Tosari, Bundaran HI, Sarinah.

Jam operasioanl : Senin s.d. Jumat 10.00 s.d. 18.00 WIB, Sabtu 10.00-23.00 WIB, dan Minggu 12.00-19.00 WIB

6. BW6 - Rute Cagar Budaya Jakarta (Jakarta Heritage)

Rute BW6 akan melalui halte IRTI Monas, Balai Kota, Sarinah Tosari, Maqom Mbah Priok, Tosari, Bundaran HI, Sarinah (Menara Topas), Juanda/Istiqlal, Monas 2, Monas 1.

Jam operasional : Sabtu dan Minggu 10.00-19.00 WIB

7. BW7 - Rute Belanja Jakarta (Jakarta Shopping)

Rute BW 7 akan melalui halte IRTI Monas, Balai Kota, Sarinah 1, Wisma Nusantara, Tosari 1, Dukuh Atas 3, Karet Sudirman 1, Lap. Panahan, Plaza Sentral, Istora Senayan, Plaza Senayan, Senayan City, Karet Sudirman 2, Dukuh Atas 4, Stasiun Sudirman 2, Tosari 2, Plaza Indonesia, Sarinah 2.

Jam operasional : Senin s.d. Jumat 10.00 s.d. 18.00 WIB, dan Sabtu 10.00-22.00 WIB

Bagaimana Cara naik Bus Tingkat Atap Terbuka

bus-tingkat-atap-terbuka-jakarta

Jika kalian melihat konten kreator baik di instagram, youtube short, ataupun tiktok yang memposting video ketika mereka berada di bus tingkat dengan atap terbuka, dapat dipastikan mereka sedang naik BW2 (Rute Jakarta Baru) dan BW4 (Rute Pencakar Langit / Skyscrapers). Artinya tidak semua rute mempunyai bus dengan fasilitas atap terbuka, hanya ada di dua rute itu saja. 

Lalu berapa biaya naik bus tingkat wisata Jakarta ini? tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Cara naiknya kalian hanya perlu membawa kartu uang elektonik (e-money) saja untuk tap in di dalam bus. Nantinya saldo kalian akan tetap sama dan tidak terpotong.

Tips berwisata dengan Bus Tingkat Jakarta

1. Membawa kartu uang elektronik

2. Pahami rute dan halte

3. Saya sarankan naik dari halte IRTI Monas saja

4. Jadwal operasional yang saya tulis di atas mungkin saja bisa berubah, jadwal terupdate bisa dilihat di webstie resmi Trans Jakarta pada menu Bus Wisata #JakartaExplorer

5. Saya sarankan tetap menggunakan masker 

tugu-selamat-datang-di-bundaran-hi

Oh ya di beberapa rute kalian akan melalui patung-patung ikonik di Jakarta seperti Patung Selamat datang di Bundaran HI, Patung Arjuna Wijaya di dekat Monas, dan Patung Pemuda Membangun atau yang familiar dengan istilah Patung Pizza di Senayan. Baiklah untuk lebih lengkapnya kalian bisa membaca postingan Tujuh Patung Ikonik Jakarta yang akan saya post setelah ini. 

Semoga bermanfaat.

You May Also Like

0 komentar