Cara Mudah ke Stadion Jakabaring dan Stadion Bumi Sriwijaya dengan LRT Palembang

by - 9/28/2023 12:19:00 PM

stadion-jakabaring

Mangcek, bikcek. Kali ini saya kembali membahas kota Palembang. Sama seperti Jakarta, tidak akan habis bahasan tentang kota ini.  Palembang merupakan tempat transit saya sebelum balik ke kampung halaman. Jadi sebelum lanjut naik kereta api atau travel biasanya saya akan singgah dulu ke Palembang. 

Palembang adalah kota pertama di Indonesia yang mengoperasikan LRT. Kehadiran moda transportasi kereta layang ini mempermudah mobilitas warga karena rutenya membentang dari bandara hingga kawasan Jakabaring. Tiap stasiun juga menjangkau tempat-tempat strategis atau ikonik di Palembang. Salah satunya adalah Stasiun Jakabaring yang berlokasi di kawasan stadion utama Gelora Sriwijaya Jakabaring atau Jakabaring sport city. Tarif dari stasiun bandara menuju stasiun Jakabaring adalah 10 ribu rupiah.

stasiun-dekat-stadion-jakabaring

jakabaring-sport-city 

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) sering digunakan untuk gelaran pertandingan internasional. Kabar terbaru Timnas Indonesia akan bertanding melawan Brunei dalam kualifikasi piala dunia di Stadion berkapasitas 23 ribu penonton ini. Kabar bagus, sesekali Timnas main di luar Jawa lah. Jangan di kota itu-itu mulu (Jakarta, Solo, Bandung, Surabaya). Esok lusa timnas saya sarankan main di Kalimantan juga, ada stadion megah di sana yaitu Batakan di Balikpapan. Bisa juga main di Stadion Papua Bangkit di Jayapura, ah pasti seru. Masyarakat di luar jawa bisa merasakan nonton timnas di dekat kota mereka. 

ring-road-stadion-jakabaring

Sama seperti Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Stadion GSJ juga terdapat area ring road-nya. Area ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk berolahraga. Biasanya ramai yang lari di akhir pekan. Namun sayangnya kalian tidak bisa sembarang masuk ke dalam stadion. Karena stadion hanya dibuka untuk umum jika ada kegiatan pertandingan saja. Andai dibuka stadium tour seperti di luar negeri pasti seru banget. Kalau di GBK sih kita bisa lari di running treknya dengan membayar 100 ribu per dua jam, Saya kurang tau di GSJ bisa atau tidak.

Selain Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Stadion bertaraf internasional lain di Kota Palembang adalah Stadion Bumi Sriwijaya.  eh jangan sampai salah lokasi ya. Karena nama kedua stadion ini mirip. Biasanya warga Palembang nyebut Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dengan sebutan Stadion Jakabaring saja, biar lebih singkat sesuai dengan lokasi stadion yang berada di kawasan Jakabaring. 

stadion-bumi-sriwijaya

Sementara Stadion Bumi Sriwijaya biasanya disebut Stadion Bumi yang berada di tengah kota. Kapasitasnya 6 ribu penonton. Kursi penontonya sudah single seat semua, katanya sih untuk menunjang gelaran Piala Dunia u-17, sayangnya Palembang batal menjadi salah satu kota tuan rumah. Lokasi Stadion Bumi diapit oleh pusat perbelanjaan yaitu Palembang Square dan Palembang Icon. 

Untuk menuju ke Stadion Bumi Sriwijaya dapat menggunakan LRT dan turun di Stadion Bumi Sriwijaya. Stadionnya juga kelihatan jelas dari atas LRT. Kecil sih kapasitasnya, tetapi terlihat rapi dan indah dengan perpaduan warna merah putihnya. Stadion ini juga sering dipakai untuk pertandingan sepakbola terutama jika Stadion GSJ sedang direnovasi atau tidak bisa digunakan. Sriwijaya FC beberapa kali tampil di stadion ini, termasuk saat meraih kemenangan besar melawan Persegres dengan skor 10-2 di Liga satu tahun 2017.

Sekian ulasan singkat saya. Semoga bermanfaat untuk kalian yang ingin berkunjung ke Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dan Stadion Bumi Sriwijaya. Saya sarankan naik LRT saja. Mudah, murah, dan nyaman.

You May Also Like

0 komentar