Asinan Betawi Kamboja, Paling Ramai di Jakarta Timur

by - 4/06/2024 09:18:00 AM

asinan-betawi-kamboja-rawamangun
 "Mas, kira-kira asinan betawi yang paling terkenal di dekat sini (rawamangun) apa ya?" tanya saya ke mas robi, beliau asli orang Jakarta. Kalau mau nanya suasana Jakarta Timur tempo dulu saya sering nanya ke beliau. "Kalau asinan yang paling ramai di Jakarta Timur namanya Asinan Kamboja mas, saya bilang paling ramai ya bukan paling enak. Kalau soal rasa selera masing-masing" Jawab Mas Robi. 
 
Baiklah, jam lima sore selepas pulang kantor saya cari lokasi asinan kamboja. Ngikutin petunjuknya mas robi, Sebelum perempatan rumah sakit persahabatan belok kiri, terus perhatiin aja gak jauh dari sana ada belokan ke kanan. Eh ini mah dekat dengan lokasi IKAPI Jakarta Timur. Tidak perlu pakai google maps, saya pede saja.  
 
Pas nyampe di lokasi, saya kaget kok sudah ramai banget yang ngantri. Untungnya halaman parkir luas,  jadi tidak perlu repot cari parkir buat yang bawa kendaraan roda empat. Saya pun berdiri di barisan antrian. Karena suasana ramadhan, meja dan kursi makan ditepikan ke dinding, sepertinya asinan kamboja tidak melayani makan di tempat pada saat bulan puasa ramadhan.

asinan-betawi-haji-mansyur

Nama kedai lengkapnya itu adalah Asinan Betawi H. Mansyur. Namun karena lokasinya berada di jalan kamboja jadinya nama asinan kamboja lebih melekat. Ada dua varian asinan kamboja yang dijual, yaitu asinan sayur dan buah. Asinan sayur isinya ada tauge, tahu, selada, timun, kubis dan tentunya dibalur dengan bumbu kacang. Makan asinan betawi paling enak ditambah dengan kerupuk kuning asinan yang khas. "Kalau asinan itu yang bedain rasanya itu ada di bumbu kacangnya mas. Kalau sayur-sayurannya kayaknya sama aja." ujar Mas Robi.

asinan-buah-kamboja

asinan-sayur-kamboja

Lalu varian yang kedua adalah asinan buah. Isinya ada buah kedondong, nanas, mangga muda, bengkoang, dan timun. Eh Bengkoang itu termasuk sayur apa buah ya? entahlah haha. Kalau asinan buah tidak pakai bumbu kacang. Ada bumbu khas berwarna kemerahan. Aduh saya susah jelasin rasa bumbunya, ada asam-asamnya, ada pedasnya. 

Biar komplit ngulas di blog, saya beli kedua varian yang dijual. Asinan sayur Kamboja harga seporsinya 20 ribu. Lalu asinan buah harga satu porsinya 18 ribu. Buat kalian yang lagi cari rekomendasi tempat makan asinan betawi yang paling ramai, mungkin bisa coba Asinan Betawi Kamboja. Meminjam kalimatnya Mas Robi "saya bilang yang paling ramai ya, bukan yang paling enak. Kalau enak atau tidaknya tergantung selera masing-masing".

You May Also Like

0 komentar