Museum Timah Indonesia : Pertama di Asia

by - 9/22/2022 04:15:00 PM

museum timah indonesia

Museum Timah Indonesia terletak di Jalan Ahmad Yani no 179, Pangkal Pinang, Pulau Bangka. Pada tanggal 20 September 2018 Museum Timah Indonesia mendapat penghargaan dari MURI sebagai Museum Timah Pertama di Asia. Museum ini telah ditetapkan Pemerintah Indonesia sebagai bangunan cagar budaya. 

Meski sudah tiga kali ke Pulau Bangka, saya baru sempat berkunjung langsung ke museum ini. Cuaca di Pulau Bangka saat itu mendung, saya ragu jika hendak berpergian di alam terbuka. Untungnya teman saya punya referensi wisata di sekitaran kota Pangkalpinang yang menarik. Ia mengajak ke Rumah Jendela Inspirasi. Namun sebelum ke sana, saya mengajak singgah sebentar ke Museum Timah, masak sudah berkali-kali ke Bangka tapi belum pernah berkunjung ke bangunan bersejarah ini.

Sejarah Museum Timah Indonesia

sejarah museum timah indonesia

Bangunan bersejarah ini awalnya merupakan rumah dinas Hoofdt Administrature Banka Tin Winning (BTW) dan pada awal tahun 1949 bangunan ini dijadikan sebagai tempat perundingan antara perwakilan pemerintah Indonesia, pemerintah Belanda, dan UNCI (United Comission for Indonesia)  . Perundingan ini merupakan persiapan perundingan Roem Royen yang dilaksanakan pada 7 Mei 1949 di Hotel Des Indes Jakarta. Sesuai namanya, delegasi Indonesia diwakili oleh Mr. Moh. Roem dan delegasi Belanda diwakili oleh H.J. Van Royen. 

museum timah di pangkal pinang

Museum Timah Indonesia (MTI) di Pangkal Pinang adalah museum teknologi pertimahan yang dikelola oleh PT Timah Tbk dengan tujuan untuk mencatat sejarah petimahan di Indonesia serta memperkenalkannya kepada masyarakat sebagai sarana informasi, edukasi, dan rekreasi. Pada tanggal 1 Maret 1953 bangunan diambil alih oleh PN. Tambang Timah Bangka (TTB) dan dijadikan Museum Wisma Budaya. Kemudian dikembangkan menjadi Museum Timah Indonesia sampai dengan sekarang. 

Koleksi Museum Timah Indonesia

1. Lintas Sejarah Timah Indonesia

lintas sejarah timah di indonesia

Pulau Bangka berasal dari kata wangka (vanca), dalam bahasa sanksekerta berarti timah. Pulau Bangka mempunyai sumber daya alam timah yang melimpah. Linimasa pertambangan timah di Pulau ini sudah berlangsung lama. Bahkan sejak abad ke-7 atau pada zaman Kerajaan Sriwijaya masih berkuasa. 

Sejarah panjang tersebut dijelaskan dalam papan informasi besar di ruang tengah museum timah. "Lintas Sejarah Timah Indonesia" lengkap dengan cerita pertambangan timah dari abad ke 7-17, tahun 1700 an, 1800, 1900, hingga di masa sekarang.  

Tidak hanya sejarah pertambangan timah di Bangka saja, papan informasi ini juga menyampaikan sejarah pertambangan timah di daerah lain yaitu Belitung dan Singkep (daerah di Provinsi Kepulauan Riau).

lukisan tambang timah di museum timah

Saya berhenti sejenak di depan lukisan yang menggambarkan pertambangan timah pada masa penjajahan. Kesan perbudakan nampak ditonjolkan dalam lukisan ini, bos tambang berbaju putih yang necis kontras dengan warga yang terlihat bersusah payah bekerja.

2. Peralatan Tambang Timah

koleksi museum timah

 
koleksi batu di museum timah

Saya rasa koleksi di museum ini lengkap dan sangat informatif. Dalam hal koleksi, museum timah juga menampilkan peralatan tambang yang digunakan seperti alat angkut sederhana. Tidak hanya itu, di salah satu ruangan terdapat koleksi bermacam bongkahan batu seperti bog iron, basalt, biotite granit, dll. Pengunjung juga dapat melihat miniatur kapal keruk yang digunakan untuk pertambangan timah.

3. Isu Lingkungan

isu lingkungan di museum timah

Tidak melulu tentang koleksi pertambangan, museum timah turut memberikan edukasi berupa kepedulian pada lingkungan hidup. Meski Timah merupakan sumber pendapatan negara, namun pertambangan tetaplah meninggalkan lubang permasalahan yang erat kaitannya dengan isu lingkungan. Reklamasi bekas tambang timah menjadi persoalan besar. Papan informasi ini menyampaikan apa-apa saja yang sudah dilakukan, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. 

*Informasi tambahan : Museum Timah juga terdapat di daerah Muntok, Pulau Bangka. Jaraknya dari Bandara Depati Amir sejauh 142 KM yang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih tiga jam.


You May Also Like

16 komentar

  1. Seneng banget mas bisa ke Bangka, destinasi impian saya sejak lama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa ke bangka kak, jangan lupa mampir ke museum timah kalau ke bangka.

      Hapus
  2. Wuih kereeeen bangets ini museumnya. Ntar kalau ke sana gak cuma menikmati keindahan pantai aja, ke museum juga!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya betul mba, pulau bangka selain punya pantai-pantai yang indah juga punya wisata edukasi berupa museum timah.

      Hapus
  3. Ternyata bukan cuma terkenal dengan pantai dan makanan enak, tapi ternyata Pulau Bangka punya museum yang menarik seperti ini.

    BalasHapus
  4. wah baru tahu ada museum timah, menarik banget. selain bisa menikmati pantai, juga bisa menambah pengetahuan.

    BalasHapus
  5. Wah baru tahu ada museum timah, menarik bgt buat belajar tentang unsur yg ada di bumi. Walau kita memiliki banyak unsur dan mineral semoga pengambilannya juga tidak membuat kerusakan alam permanen yaaa..

    BalasHapus
  6. Baru denger ada museum timah. Kalau di bangka yang terkenal malah lokasi-lokasi pembuatan film laskar pelangi. Coba bisa dieksplore lebih dalam, ceritanya bisa lebih menarik nih kak. 🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba , yang menjadi lokasi film laskar pelangi itu pulau belitung, beda pulaunya hehe. saya pernah membuat artikel yang lain, mungkin bisa di cek di tag/menu bangka belitung.

      Hapus
  7. Museum timah pertama di asia tenggara? Wow! Destinasi wajib dikunjung nih. Pengen lihat langsung apa saja isinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba betul museum timah pertama di asia, masuk muri.

      Hapus
  8. Baru tau di Indonesia ada museum Timah. Terlebih ini museum pertama di Asia Tenggara ya. Semoga nanti saya bisa berkunjung ke sana.

    BalasHapus
  9. Ternyata museum timah pertama di Asia itu dri Indonesia ya. Dan itu ternyata ada di Bangka..thanks infonya

    BalasHapus
  10. Baru tahu ada museum ini loh aku. Menarik juga. Aku sampe nanya ke suami sebenernya timah itu utk apa gunanya 😅😅 kayak selama ini tau ada penambangan timah tp gak sadar kegunaan timah apa selama ini 😞😞

    Makasih banyak infonya kaa

    BalasHapus
  11. baru tahu kalo nama bangka diambil dari kata vanca yang berarti timah. Selama ini saya tahu bangka dari makanan MARTABAK BANGKA

    BalasHapus
  12. Bisa jadi lokasi studi tour yang bagus ni buat sekolah. Makasih sharingnya.

    BalasHapus