Wisata Ramadhan ke 7 Masjid Indah Jakarta dan Transportasi Umum ke Sana

by - 3/21/2023 11:59:00 PM

masjid-indah-jakarta

Marhaban ya Ramadhan. Tujuh masjid indah, unik, dan megah di Jakarta ini mungkin bisa kalian datangi untuk mengisi semarak bulan suci. Tidak hanya fasad atau arsitekturnya saja yang unik dan megah, beberapa masjid di daftar ini bahkan punya kegiatan yang menarik. Masjid Agung Sunda Kelapa contohnya, rutin mengadakan ceramah di sela isya dan tarawih. Lalu ada juga Ramadhan Jazz Festival yang diadakan di halaman masjid Cut Meutia. Selamat melakukan safari ramadhan temans.

1. Masjid Istiqlal

masjid-istiqlal

Istiqlal dalam bahasa arab berarti merdeka. Masjid Istiqlal yang berada di tengah jantung ibu kota ini  merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid ini mampu menampung hingga 120.000 jamaah. Perancang atau arsiteknya adalah Frederich Silaban, seorang penganut Kristen Protestan yang merupakan arsitek kenamaan di tanah air.  Beliau telah merancang banyak bangunan bersejarah di Jakarta. Selain Istiqlal, karya arsitektur lainnya adalah Monumen Nasional, Monumen Pembebasan Irian Barat, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kantor Pusat Bank Indonesia, dll.

Lokasi pembangunan Masjid Istqilal berada di bekas taman Wilhelmina, posisinya berdekatan dengan Gereja Katedral. Mana yang lebih dulu selesai dibangun, Monas atau Istiqlal? Meski sama-sama mulai dibangun pada tahun 1961, Monumen Nasional lebih dulu selesai dan diresmikan pada tahun 1975. Sedangkan Istiqlal diresmikan pada tahun 1978. Masjid Istiqlal sempat ditutup sementara karena dilakukan renovasi pada tahun 2019 hingga 2021. Kini kantong parkir Masjid Istiqlal bisa muat lebih banyak kendaraan yang berada di area basement.

Shalat Tarawih di masjid Istiqlal dilaksanakan dalam 23 rakaat, tetapi jamaah bisa saja memilih untuk berhenti ketika rakaat yang ke-11, tidak ada paksaan :). Ada banyak kegiatan Ramadhan di Masjid Istiqlal mulai dari ceramah, peringatan nuzulul quran, iktikaf, dll. Buat kalian yang berdomisili di Jabodetabek, bisa cobain iktikaf pada 10 hari terakhir di Masjid Istiqlal. Ketentuan dan peraturannya bisa dilihat di laman resmi www.istiqlal.or.id atau media sosial resmi-nya. 

Cara menuju Masjid Istiqlal dengan transportasi umum yaitu dapat menggunakan KRL turun di Stasiun Juanda, jaraknya hanya 650 meteran menuju masjid.  Dapat juga menggunakan Transjakarta turun di Halte Juanda.

2. Masjid Ramlie Musofa

masjid-ramlie-musofa

Masjid bernuansa putih ini berdiri di tengah rumah-rumah mewah kawasan Sunter. Alamat lengkapnya yaitu Jalan Danau Sunter Raya Selatan, Sunter Agung, Jakarta Utara. Masjid ini mempunyai arsitektur yang indah, sekilas mirip dengan bentuk Taj Mahal di India. 

Berada di seberang masjid terdapat waduk sunter yang biasanya ramai oleh warga yang menghabiskan sore hari dengan memancing atau sekedar nongkrong di sekitar waduk. Biasanya ada abang-abang kopi starling yang mangkal di trotoar, tapi cukup jauh dari warung yang menjual makanan. Jadi butuh effort untuk cari takjil atau makanan buka puasa.

Cara menuju masjid Ramlie Musofa dengan transportasi umum yang paling memungkinkan adalah dengan TransJakarta. Ambil jurusan PGC-Tanjung Priok lalu turun di Halte Sunter Kelapa Gading. Setelah itu bisa nyambung dengan ojek online. Masjid ini cukup jauh dengan stasiun KRL, opsi terdekat yaitu Stasiun Kemayoran atau Pasar Senen.

3. Masjid Agung Sunda Kelapa

masjid-agung-sunda-kelapa

Kali ini saya mengajak kalian ke masjid Agung Sunda Kelapa di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Salah satu masjid yang selalu saya datangi minimal sekali dalam bulan Ramadhan. Alasannya karena letaknya yang tidak begitu jauh dari kos dan selalu rutin mengadakan sesi ceramah di malam Tarawih. Berada di depan pintu masjid terdapat banyak warung kaki lima yang menjual beragam makanan, jadi tidak perlu repot mencari jajanan buka puasa. 

Cara menuju masjid Agung Sunda Kelapa dengan transportasi umum yaitu bisa menggunakan Transjakarta lalu turun di Halte Halimun. Jika menggunakan KRL bisa menggunakan rute Manggarai-Jakarta Kota lalu turun di Stasiun Cikini.

4. Masjid KH Hasyim Asy'ari

masjid-hasyim-asyari

Masjid berarsitektur indah berikutnya adalah Masjid Hasyim Asy'ari yang berlokasi di Jakarta Barat. Saya pernah beruntung mendapatkan potret masjid ini dengan latar pemandangan langit sunset yang indah, selepas pulang dari kegiatan bookfair di JCC Senayan.

Terdapat lima tower yang menjulang serta fasad masjid yang bercorak betawi dan timur tengah terlihat mengagumkan. Selain area ibadah, terdapat juga area perkantoran yang masih menyatu dengan bangunan masjid.

Terdapat areal kolam dan amphiteater yang biasa digunakan warga untuk menghabiskan sore hari di sana. Untuk kegiatan di Bulan Ramadhan saya belum pernah mampir ke masjid ini, terlalu jauh. Sepertinya ada banyak kegiatan menarik di sana.

Cara menuju Masjid Hasyim Asy'ari dengan transportasi umum yaitu dapat menggunakan Transjakarta turun di Halte Rusun Pesakih. Jika menggunakan KRL dapat turun di Stasiun Rawa Buaya atau Kalideres, lalu dilanjutkan dengan naik grab/gojek.

5. Masjid Agung Al-Azhar

masjid-agung-al-azhar-indonesia

Beralih ke Selatan Jakarta, terdapat Masjid Al-Azhar yang megah dan indah. Halaman masjid cukup luas karena masih dalam satu area yang sama dengan Universitas Al Azhar Indonesia. Masjid ini mempunyai banyak kegiatan semarak ramadhan yang bisa kalian ikuti.  Cara menuju masjid ini dengan transportasi umum yaitu dengan MRT lalu turun di Stasiun ASEAN. 

6. Masjid Cut Meutia

masjid-cut-meutia

Masjid berikutnya adalah masjid Cut Meutia yang lokasinya paling dekat dengan transportasi umum dibandingkan dengan masjid-masjid yang saya ulas di daftar ini. Kalian dapat ke Masjid Cut Meutia dengan KRL lalu turun di Stasiun Gondangdia. Jaraknya paling hanya 120 meter saja, bisa jalan kaki dari stasiun. 

Bentuk masjid ini unik karena tidak seperti bentuk masjid pada umumnya yang mempunyai kubah. Wajar saja, dulunya masjid ini merupakan bekas perkantoran yang beralih fungsi menjadi masjid. Kalian pernah mendengar Ramadhan Jazz Festival? kegiatan bertema musik yang digelar di halaman masjid Cut Meutia ini telah berlangsung tahun ke tahun (kecuali tahun 2020-2021 karena pandemi). 

Selain festival musik, tentunya kegiatan semarak ramadhan bertema keagamaan juga digelar seperti iktikaf dan ceramah rutin.

7. Masjid Al-Alam Marunda

 masjid-al-alam-marunda

Masjid indah di Jakarta berikutnya versi saya adalah  Masjid Al-Alam Marunda. Bentuk masjidnya sederhana dan lokasinya berada di dekat bibir pantai. Saya pernah mengunjungi masjid Tua ini ketika hendak mencari spot sunset di dekat Pantai Marunda, lalu mampir sejenak untuk salat ashar. Transportasi umum ke sini cukup rumit, saya justru menyarankan naik kendaraan pribadi saja agar lebih fleksibel. 

--

Semoga list ini bermanfaat bagi kalian yang ingin berwisata ramadhan dengan jelajah masjid di Ibu Kota. Saya pernah membuat postingan secara khusus tentang beberapa masjid di atas seperti : Masjid Istiqlal setelah Renovasi, Sunset di Masjid Hasyim Asy'ari, Masjid Cut Meutia dengan bentuknya yang unik, dan Kemegahan Masjid Ramlie Musofa.

Kalian punya rekomendasi masjid lain? sepertinya masih banyak ya, silahkan sebutkan di kolom komentar ya :).

You May Also Like

1 komentar

  1. Ada juga Masjid Lautze dan masjid Babah alun yang bernuansa tiongkok

    BalasHapus